Jorok Banget! Nih 5 Penyakit yang Mengintai Saat Kamu Jarang Ganti Celana Dalam

Hiii…udah berapa hari nggak ganti?

Siapapun sepertinya tau kalau organ intim merupakan bagian tubuh yang vital dan lembab sehingga membutuhkan perhatian khusus. Baik itu bagi wanita maupun pria, merawat organ intim harus dilakukan dengan cara yang benar dan tak boleh sembarangan. Karena jika salah dalam merawatnya, bukan tidak mungkin organ intim justru menjadi sumber penyakit.

Dengan kondisi yang lembab, organ intim menjadi tempat yang tepat untuk tumbuh kembang bakteri, virus dan juga mikroba. Jika sudah begitu, jangan heran jika kemudian banyak penyakit yang datang, apalagi jika kamu malas ganti celana dalam. Entah dengan alasan belum kotor maupun kehabisan stok, celana dalam wajib banget diganti setiap hari. Jika tidak, 5 penyakit ini siap mengintaimu!

fakta.co.id

1. Gatal-gatal

Ada banyak penyebab kenapa organ intim menjadi tempat yang paling lembab diantara bagian tubuh yang lainnya. Salah satunya adalah keringat yang dilepaskan melalui kulit disekitar organ. Keringat ini biasanya menimbulkan sensasi gatal sehingga mendorongmu untuk menggaruknya.

Nah sekarang bayangkan saja jika kamu jarang mengganti celana dalam. Semua kotoran dan keringat yang menempel akhirnya akan menjadi sarang bakteri dan juga jamur penyebab rasa gatal. Apalagi jika sering kamu garuk, bukan tak mungkin jika akhirnya infeksi.

sensitips.com

2. Ruam

Ruam merupakan inflamasi dan perubahan warna yang terjadi pada kulit manusia. Salah satu reaksi kulit jika terkena ruam adalah munculnya gatal-gatal, benjol, mengelupas maupun bersisik. Ruam ini juga merupakan tanda bahwa kulit sudah lelah dengan jamur dan bakteri yang menempel pada permukaan kulit. Salah satu penyebab munculnya bakteri dan jamur ini karena kamu malas mengganti celana dalam selama berhari-hari.

Mengatasi Biang Keringat

3. Kutu rambut

Tidak hanya organnya saja yang terkena dampak buruk jika kamu jarang ganti celana dalam, rambut yang tumbuh disekitar kemaluan juga akan terkena dampaknya. Kutu rambut yang hinggap bisa menimbulkan rasa gatal. Kutu ini berbentuk seperti kepiting dan hinggap di tubuh manusia dengan merangkak diantara rambut di tubuh manusia. Tak hanya hinggap dan menyebabkan gatal, kutu ini juga bisa menyebabkan infeksi di sekitar rambut kemaluan.

hellosehat.com

4. Bau tak sedap

Memang sih kemaluan letaknya sangat tersembunyi dan baunya juga tak akan hinggap di hidung orang-orang di sekitar. Mungkin bau ini tak akan jadi masalah untuk kamu yang lajang, tapi kamu yang sudah punya pasangan, ini menjadi masalah krusial.

Organ intim memang punya ‘parfum’ alami yang membuat baunya menjadi wangi alami, tapi wangi ini juga akan hilang kalau kebiasaan burukmu tak kunjung ditinggalkan. Iya, kebiasaan buruk jarang mengganti celana dalam. Bisa-bisa pasangan ‘menyerah’ dengan kamu.

harapanrakyat.com

5. Infeksi

Kelembaban memang menjadi tempat terbaik bagi mikroba baik jamur maupun bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak. Tentu saja, mikroba ini bisa menjadi awal penyakit seperti infeksi saluran kemih yang akan mengganggu buang air kecil dan juga banyak masalah kesehatan yang lainnya. Apalagi jika kelembaban didukung dengan celana kotor yang tak kunjung diganti selama berhari-hari.

kelascinta.com

Nah itulah 5 masalah kesehatan yang harus kamu waspadai. Apapun alasannya, mengganti celana dalam wajib kamu lakukan minimal 2 kali sehari. Jadi, jangan jorok ya!

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *