Guys, Jangan Sembarangan Pakai Lukisan di Mangkuk Ayam Jago Kalau Nggak Mau Kena Masalah

Meski terkesan sepele, lukisan ayam jago dilindungi oleh hukum loh!

Siapa sih, yang nggak kenal mangkuk legendaris bergambar lukisan ayam jago? Mangkuk tersebut biasanya digunakan oleh para pedagang bakso, soto, atau mi ayam. Bahkan, mangkuk legendaris tersebut ternyata juga populer di beberapa negara Asia lainnya loh! Terbukti, mangkuk ini juga pernah nongol di salah satu film Stephen Chow yang berjudul Kungfu Hustle. Wuih..

Baca juga : Ternyata, Bukan Sekedar Hiasan. Inilah Makna Gambar Ayam Jago di Mangkok yang Melegenda!

Saking ikoniknya lukisan ayam di mangkuk tersebut, banyak orang-orang kreatif yang akhirnya menggunakan lukisan ayam di mangkuk tersebut pada media lain, mulai dari kaos, mug, hingga tas. Mereka yang menggunakannya pun merasa bangga, karena lukisan itu punya makna yang bagus: sebagai perlambang kemakmuran dan dilapangkannya rejeki.

Lukisan tersebut ada pemiliknya

Karena jarang ada orang yang mengetahui siapa pemilik hak cipta lukisan tersebut, tak heran kalau banyak yang menduplikasinya begitu saja tanpa izin. Belakangan, hal tersebut membuat gerah pemilik hak cipta lukisan itu yang sesungguhnya.

Magkok ayam jago yang legendaris itu (i.ytimg.com)

Melalui harian Kompas edisi Senin, 4 September 2017, muncul sebuah pengumuman dari PT Lucky Indah Keramik yang merupakan produsen keramik untuk pelatan makan. Ternyata, merekalah yang menjadi pemegang merek Lukisan Ayam Jago berdasarkan Sertifikat Perdaftaran Merek nomor IDM00366635 dalam kelas 21 yang meliputi barang-barang piring, mangkuk, basi, tatakan cangkir, tea set, dinner set, poci, cangkir, gelas, tutup cangkir, dan vase bunga.

Banyak produk tidak resmi yang menggunakan lukisan ayam jago ini pada produknya (nusakini.com)

Ini berarti, hanya PT Lucky Indah Keramik yang mempunyai hak untuk memproduksi, mempergunakan dan memperdagangkan merek Lukisan Ayam Jago dalam produk mangkuk, piring dan sejenisnya yang termasuk dalam kelas barang 21, di seluruh Indonesia. 

Jangan menduplikasinya kalau tak ingin bermasalah dengan hukum

Dalam pengumumannya, PT Lucky Indah Keramik memberi peringatan keras pada produsen, importir, distributor, agen ataupun pengecer untuk tidak membeli, mengimpor, menyimpan apalagi memperdagangkan barang-barang seperti yang disebutkan di atas dengan memakai Lukisan Cap Ayam Jago, baik itu sama pada keseluruhan maupun memiliki kesamaan pada pokoknya.

Pengumuman dari PT. Lucky Indah Keramik (kumparan.com)

Kalau ada yang nekat melanggarnya, berhati-hatilah karena kamu akan dikenai sanksi denda atau pidana sesuai dengan Pasal 100 ayat 1 UU Nomor 20/2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis. Berikut ini isi peringatan yang diumumkan oleh PT Lucky Indah Keramik:

1. Setiap orang yang dengan tanpa hak menggunakan Merek yang sama pada keseluruhannya dengan Merek terdaftar milik pihak lain untuk barang dan/atau jasa sejenis yang diproduksi dan/atau diperdagangkan, dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah).
2. Setiap orang yang dengan tanpa hak menggunakan Merek yang mempunya persamaan pada pokoknya dengan Merek terdaftar milik pihak lain untuk barang dan/atau jasa sejenis yang diproduksi dan/atau diperdagangkan dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah).

Sudah ada perusahaan yang tercyduk karena memproduksi tanpa izin

Menurut PT Lucky Indah Keramik, pihaknya hanya menunjuk PT Kencana Makmur Mitra Abadi sebagai distributor tunggal. Oleh karenanya mereka keberatan jika ada perusahaan lain atau bahkan perseorangan yang memproduksinya. Padahal, ada dua perusahaan yang diketahui pernah memproduksi barang dengan menggunakan gambar Lukisan Ayam Jago.

Banyak sekali produk tidak resmi yang menggunakan lukisan ayam jago (hai.grid.id)
Kedua perusahaan itu adalah PT Sri Intan Toki Industri dan PT Semesta Keramika Raya. Dua perusahaan ini akhirnya membuat surat pernyataan tidak akan memproduksi, menjual, mengimpor, barang-barang piring, mangkuk, basi, tatakan cangkir, tea set, dinner set, poci, cangkir, gelas, tutup cangkir, vase bunga dengan menggunakan merek yang sama pada keseluruhannya atau yang mempunyai persamaan pada pokoknya dengan merek Lukisan Ayam Jago milik PT. Lucky Indah Keramik.
So, kalau kamu adalah salah seorang yang memanfaatkan lukisan ayam jago tersebut untuk keperluanmu baik komersial maupun pribadi, sebaiknya mulai berhenti menggunakan lukisan tersebut daripada tercyduk dan berurusan dengan hukum.
Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Catat Baik-Baik!Ini 8 Alasan Mengapa Kamu Masih Saja Miskin di Usia 30

Yuk Membahas Perbedaan PDKT Jaman Orang Tua vs Jaman Kekinian, Beda Banget!