Alih-alih Awet, Kamu Justru Nggak Boleh Menyimpan 6 Makanan Ini Dalam Kulkas!

Ibu-ibu dan calon ibu wajib tau nih

Mungkin selama ini kamu menganggap kulkas merupakan tempat paling aman untuk menyimpan makanan. Sehingga segala jenis makanan kamu masukan di kulkas agar bia awet dan tahan dalam waktu yang lama. Namun rupanya, tidak semua jenis makanan bisa ditaruh di dalam kulkas. Alih-alih awet, kulkas justru bisa ‘merusak’ makanan ini.

Menyimpan makanan dalam kulkas (skim.gs)

Mungkin jika disimpan satu atau dua jam saja tak akan jadi masalah. Namun jika sudah berhari-hari, kulkas bisa merubah tekstur, warna hingga mengurangi kandungan nutrisi. Untuk itu jangan simpan beberapa makanan ini di dalam kulkas ya.

Tomat

Tomat menjadi salah satu makanan yang paling sering ditaruh dalam kulkas. Padahal ketika disimpan di dalam kulkas, tomat akan mengalami perubahan tekstur dan warnanya bisa menjadi kusam. Akan jauh lebih baik jika tomat ditaruh di wadah terbuka dan letakkan di dekat jendela agar kelembaban suhu tomat tetap terjaga.

Tomat (wonderhowto.com)

Kentang

Alih-alih awet dan tahan lama, menyimpan kentang di kulkas justru bisa mempercepat proses pembusukan. Selain itu hawa dingin kulkas juga bisa memecah kandungan pati di dalam kentang. Kesegaran kentang juga akan berkurang. Lebih baik simpan kentang dalam wadah terbuka dengan suhu ruang normal.

Kentang (cbsistatic.com)

Bawang merah dan bawang putih

Sebenarnya menyimpang bawang di kulkas bukanlah hal yang dilarang. Hanya saja ada beberapa aturan yang harus kamu taati. Diantaranya menyimpang bawang harus di laci kulkas khusus sayur dan juga jangan lupa membungkusnya dengan plastik kedap udara agar bentuknya tetap utuh.

Aneka bawang (purch.com)

Sama dengan bawang merah, bawang putih sebaiknya jangan langsung disimpan di dalam kulkas. lebih baik taruh di wadah terbuka dengan suhu ruang biasa agar bawang tidak cepat membusuk.

Apel

Buah-buahan memang terasa lebih segar dan enak ketika dimakan dalam kondisi dingin. Inilah mengapa banyak orang yang kemudian menyimpan buah di dalam kulkas. Namun ternyata tidak semua buah bisa disimpan dalam kulkas, apel misalnya.

Apel (freeimageslive.co.uk)

Pendingin justru akan emngurangi nutrisi yang terkandung dalam apel. Selain itu teksturnya akan menjadi lebih kering sehingga kurang renyah ketika dimakan. Jika ingin menyimpan apel dalam kulkas, usahakan jangan terlalu lama ya.

Roti

Banyak yang beranggapan bahwa menyimpan roti di kulkas bisa menghambat pertumbuhan jamur. namun ini salah, meskipun ditaruh kulkas jamur tetap bisa tumbuh seperti biasanya. Lagipula roti yang disimpan dalam kulkas justru akan kehilangan tekstur kenyalnya dan roti menjadi lebih kering. tentu ini juga berpengaruh terhadap rasanya.

Roti (Growing Team Conrad – blogger)

Kopi

Kamu yang pecinta kopi wajib tau kalau kopi tidak seharusnya disimpan di dalam kulkas. membiarkan kopi di dalam kulkas dalam waktu yang lama hanya akan merusak tekstur dan merubah rasanya. Lebih baik biarkan kopimu etrsimpan di dalam suhu ruang.

Kopi (berwirausaha)

Nah itulah beberapa makanan yang tidak seharusnya kamu simpan dalam kulkas. Biar nutrisinya tetap terjaga, yuk mulai perhatikan cara menyimpan makanan dengan baik dan benar.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *