Berbeda dengan Rindu yang Jika Ditahan Semakin Syahdu, 5 Hal Ini Sangat Berbahaya Jika Ditahan-tahan

Klau sudah gak tahan, jangan ditahan-tahan yah.

443
SHARES

Rindu memang menyebalkan, tidak pernah diminta datang, namun selalu menghampiri. Terlebih bagi mereka yang sedang dilanda cinta, sehari tak bertemu bagai setahun rasanya rindu ini. Namun uniknya rindu jika semakin ditahan akan terasa semakin syahdu. Kalau kata Bang Haji Rhoma Irama ” Semakin lama kita berpisah, semakin mesra saat berjumpa”. Secara tidak langsung kan jika semakin rindu, maka semakin syahdu saat bertemu.


Saat rindu ditahan, rasanya semakin syahdu (Pinterest)

Namun untuk beberapa hal ini, kamu jangan coba-coba untuk menahannya yah. Sebab alih-alih semakin syahdu, dengan menahan ini kamu malah sakit kencing batu. Lalu hal-hal apa sajakah yang jangan berbahaya kalau keseringan ditahan?

1. Menahan kencing

Mungkin soal rindu kita sepakat bisa ditahan, namun soal buang air kecil jangan hobi menahan-nahan. Sebab bahaya yang bisa ditimbulkan cukup serius untuk kesehatan tubuh kamu. Keseringan menahan kencing dalam waktu lama akan meinmbulkan berbagai macam penyakit. Dari mulai infeksi saluran kencing, infeksi kandung kemih, sampai mengakibatkan penyakit ginjal.

Menahan kencing bisa mengakibatkan infeksi di organ vital (okezone.com)

Buat kamu yang masih suka menahan buang air kecil, mendingan mulai sekarang jangan ditahan-tahan lagi deh. Kalau lagi kebelet diusahakan untuk langsung mencari toilet atau tempat yang bisa melakukan rutinitas biologis tersebut. Tapi ingat! Jangan kencing sembarangan yah.

2. Menahan bersin

Bersin merupakan aktifitas tubuh untuk menahan diri dari serangan virus yang coba masuk melalui pernafasan. Namun sayangnya banyak orang yang merasa risih jika bersin di tempat umum, mereka lebih memilih bersin malu-malu atau bahkan menahannya sehingga keinginan untuk bersin hilang.

Bahaya menahan bersin bisa menimbulkan mimisan, dan kerusakan pendengaran (hellosehat.com)

Padahal bahaya yang diakibatkan menahan bersin tidak sepele loh. Bersin yang memiliki kecepatan 161 km/jam bisa berbahaya bagi tubuh kita jika kita menahannya. Menurut Dr Michael Roizen, kepala Wellness Officer Clevelend Clinics, ada beberapa resiko yang ditimbulkan jika kita keseringan menahan bersin. Mulai dari yang teringan sampai yang terberat.

Resiko yang ditimbulkan akibat menahan bersin antara lain dapat menyebabkan patah tulang pada tulang rawan hidung, mimisan, pecah gendang telinga, gangguan pendengaran, vertigo, sampai retina terlepas atau mengalami emfisema, yaitu berhentinya pasokan oksigen ke organ tubuh bagian atas. Hal tersebut sangat berbahaya sebab bisa mengakibatkan cidera di otak.

3. Menahan BAB

tidak kalah berbahaya, menahan BAB juga bisa menimbulkan berbagai penyakit yang cukup serius. Menahan BAB terlalu lama mengakibatkan feses semakin mengeras dan mengakibatkan berbagai bakteri tumbuh di dalam usus kamu. Saat itulah berbagai jenis ineksi akan mengincarmu, dari mulai infeksi usus , peradangan, sampai memicu tumbuhnya sel kanker usus.

Jangan suka menahan BAB jika perutmu tidak mau dipenuhi bakteri (hellosehat.com)

Buang air besar merupakan kegiatan alamiah makhluk hidup yang tidak bisa dialpakan. Selain sebagai proses pembuangan zat sisa, buang air besar juga bisa membuang toksin sisa yang ada di dalam tubuh.

4. Menahan kentut

Membuang kentut sembarangan memang merupakan tindakan yang sangat tidak sopan. Namun menahannya juga hal yang sangat membahayakan. Bahaya yang ditimbulkan dari menahan kentut ialah mulai dari perut kembung, begah, dan masuk angin.

Kentutlah saat ingin kentut, tapi jangan ketut disembarang tempat yah (hellosehat.com)

Namun, dampak yang lebih fatal bisa terjadi jika terlalu sering menahan kentut. Jika kita menahan kentut, gas yang seharusnya keluar namun tidak bisa keluar akan memenuhi ruangan-ruangan sempit di dalam usus, hal tersebut kemudian mengakibatkan adanya kantung udara di lapisan mukosa usus.

Fenomena tersebut dalam medis dikenal sebagai penyakit diverticula. Saat usus kita terjangkit diverticula, maka tubuh akan mengalami gangguan pencernaan, dan akan menimbulkan sakit perut yang luar biasa, demam, mual, dan BAB yang tidak teratur.

5. Menahan tangis

Buat kamu yang suka galau, gundah gulana, sedih, rasanya ingin menjerit menangis sekencang-kencangnya, lakukanlah. Tumpahkanlah semua air matamu, luapkanlah semua amarahmu, sebab jika ditahan-tahan tangismu, itu tidak baik.

Mungkin kamu pernah merasakan lega saat setelah menangis, itu karena hormon stres berhasil dilepaskan oleh tangis. Namun jika tangismu ditahan, hormon stres seperti adrenalin dan kortisol akan menumpuk dalam tubuh kamu. Hal ini mengakibatkan semakin kencangnya denyut jantung dan naiknya tekanan darah, yang membuat dada sesak dan napas berat.

Menangis bisa menghilangkan stres dan mnyehatkan. Menangislah dipundaku (meetdoctor.com)

Ketika kamu benar-benar memaksakan diri untuk tidak menangis, hormon yang tertahan ini  juga akan menimbulkan efek rusaknya nafsu makan dan terganggunya kadar gula darah dalam tubuh kamu.

Itulah lima hal yang tidak boleh kamu tahan-tahan. Meskipun kelihatannya sepele, namun dampak yang ditimbulkan dari menahan lima hal tersebut sangatlah fatal. Mulai sekarang kentutlah jika memang diperlukan 😀

443
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,