Jangan Pernah Korbankan 8 Hal Penting Ini Hanya Demi Sebuah Hubungan Cinta

Apapun alasannya, jangan pernah lakukan!

Kata orang, cinta membutuhkan pengorbanan. Demi memberikan yang terbaik pada seseorang yang dicintai terkadang kamu harus rela melepaskan atau meninggalkan sesuatu dalam diri. Itulah pengorbanan. Dan jika kedua belah pihak mau melakukannya, hubungan bisa sangat indah dan menyenangkan.

Baca juga : Nasihat Baik Untuk Para Lelaki: Jangan Terlalu Berkorban Demi Wanita

Jangan korbankan hal ini demi cinta (hearstapps.com)

Namun yang harus kamu ketahui, tidak semua hal bisa kamu korbankan hanya demi hubungan cinta. Terkadang ada hal-hal yang justru harus kamu pertahankan demi menghargai diri sendiri. Apa saja hal-hal tersebut?

Kepercayaan dan keimanan kepada Sang Pencipta

Apapun alasannya, urusan iman harus selalu kamu nomor satukan. Jangan sampai kamu mengorbankan iman dan kepercayaan hanya demi hubungan cinta. Meski perasaanmu sangat dalam, cintamu sangat besar kepada pasangan, jangan sampai kamu melupakan kewajiban sebagai umat-Nya.

Kepercayaan dan keimanan kepada Sang Pencipta (aboutislam.net)

Sifat mandiri yang telah kamu bangun sejak dini

Banyak orang yang setelah mendapat pasangan kemudian bergantung sepenuhnya pada pasangannya itu. Melakukan apa saja berdua hingga kemana-mana bersama. Kamu memang bisa dan boleh mengandalkan pasangan di beberapa kesempatan. Namun jangan sampai hal itu merobohkan sifat mandiri yang telah kamu bangun selama ini. Berusahalah untuk melakukannya sendiri terlebih dahulu.

Kemandirian (picjumbo.com)

Cita-cita dan impian

Setiap orang punya cita-cita dan keinginan yang ingin diwujudkan, dan Inovasee percaya kamu pun begitu. Pilihlah pasangan yang bisa memahami dan mendukung cita-cita kamu. Bahkan kalau bisa yang setia memberi suntikan semangat bagimu untuk segera mewujudkannya. Jangan malah menyerah hanya karena hubungan cinta.

Cita-cita hidup (2020lifevision.com)

Kepribadian dan jati diri

Inilah alasan kenapa kamu harus hati-hati memilih pasangan. Jangan biarkan kepribadian dan jati dirimu hilang karena menuruti keegoisannya. Kamu memang boleh berubah menjadi lebih baik, tapi jangan sampai kamu jadi seperti orang lain. Jika memang dia mencintaimu, dia harus menerima kamu apa adanya dirimu. Termasuk kepribadian dan jati diri yang telah melekat padamu bahkan sebelum kamu mengenalnya.

Kepribadian dan jati diri (medibank.com.au)

Hobi yang kamu sukai

Memang terdengar sepele, namun ternyata hobi bisa menjadi penyeimbang diri. Melalui hobi, kamu bisa menemukan kebahagiaan diri dikala orang lain (atau bahkan pasangan) sibuk dengan dunia masing-masing. Jangan memaksa meninggalkan hobi demi hubungan. Jika akhirnya dirimu tak seimbang, hubungan kalian juga yang akan terkena imbas buruknya.

Hobi yang kamu sukai (static.domain.com.au)

Persahabatan yang telah terjalin erat

Terkadang ada cinta atau pasangan yang memaksa kamu untuk meninggalkan teman dan sahabat hanya karena alasan cemburu atau dia tidak menyukai sahabat kamu itu. Namun, jangan sampai kamu benar-benar meninggalkan sahabat hanya untuk menuruti sifat egoisnya. Pasangan yang baik, tidak akan membuat kamu mengorbankan persahabatan hanya untuk menjalin hubungan dengannya.

Persahabatan yang telah terjalin erat (usnews.com)

Privasi

Meski sudah menjadi pasangan, bukan berarti privasi tidak ada diantara kalian. Ibaratkan saja privasi dalam hubungan seperti sebuah ruangan pribadi dalam rumah. Ruangan itu milikmu dan berisi semua tentang kamu secara pribadi. Meski ruangan tersebut sengaja tidak kamu kunci dan dibiarkan terbuka lebar, pasangan yang baik tidak akan masuk tanpa ijin darimu.

Privasi (greatist.com)

Waktu bersama keluarga

Sebelum kamu bertemu dengannya dan menjalin hubungan, kamu telah terlebih dulu menghabiskan banyak waktu bersama keluarga tercinta bahkan sejak kamu dilahirkan di dunia. Jangan sampai hanya karena kehadirannya, kamu melupakan waktu untuk keluarga. Alih-alih membuat kamu jauh dari keluarga, sebisa mungkin justru tarik dia agar bisa membaur dan menjadi bagian keluargamu.

Waktu bersama keluarga (visitlaie.com)

Sekali lagi, cinta memang membutuhkan pengorbanan. Namun tidak semua hal bisa kamu korbankan sesuka hati. Demi diri sendiri dan orang-orang sekitar yang kamu sayangi, jangan pernah korbankan hal-hal penting tersebut ya.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Kalau Tak Mampu, Maka Katakan Saja Karena Tak Semua Kemauan Orang Tua Harus Kita Turuti

Pacaran Tanpa Menggangu Pelajaran Atau Pekerjaan? Bisa Kok, Begini Caranya