Selain Dosa, Ini lho Alasan Kenapa Jangan Kelamaan Pacaran

Sudah, menikah saja…

Ngomongin soal hubungan asmara, tentu tidak bisa terlepas dari status yang satu ini, pacaran. Meskipun status pacaran bukanlah hubungan yang ‘legal,’ namun hampir semua anak muda pernah menjalaninya. Bahkan, untuk saat ini seseorang yang tidak memiliki pacar (jomblo), bisa dijadikan bahan ejekan oleh teman-temannya.

Idealnya berapa lama hubungan pacaran?. (hellosehat.com)

Hal tersebut mengindikasikan jika pacaran sudah menjadi hubungan yang lumrah bagi anak muda. Lalu seberapa lama sebaiknya menjalin hubungan pacaran sebelum menginjak ke jenjang pernikahan?

Tidak ada aturan baku kapan idealnya hubungan pra nikah tersebut terjalin, namun alangkah lebih baiknya tidak terlalu lama untuk berada di ikatan ini. Jika memang sudah sama-sama saling menyayangi, bukankah menikah jauh lebih indah? Jadi, inilah alasan kenapa kamu sebaiknya tidak terlalu lama berada di hubungan pacaran.

1. Kamu tidak akan menemukan ketenangan hubungan jika statusmu masih pacaran

Menikahlah agar mendapatkan ketenangan hubungan. (miignon.com)

Seindah apapun masa pacaran, kamu tidak akan menemukan rasa tenang sebagaimana yang didapatkan dari pernikahan. Semakin lama kamu menjalani pacaran, rasa was-was, khawatir, dan tidak ada kepastian akan membayangi hari-harimu. So, segeralah menikah untuk merasakan ketenangan dalam hubungan yang sah.

2. Jangan sampai kamu didahului oleh orang yang lebih serius

Berlama-lama pacaran juga bisa menjadi indikasi keseriusan kamu dalam menuju ke jenjang yang lebih matang. Jangan sampai keputusanmu untuk berlama-lama pacaran menjadi celah bagi orang lain untuk masuk ke hubunganmu. Ibarat kamu sedang berburu kijang, kamu baru saja membidiknya, hal tersebut memungkinkan ada orang lain yang lebih dahulu menembaknya dan mendapatkannya.

Kamu nggak mau kan ada orang lain mendahuluimu?. (idntimes.com)

Inilah yang banyak terjadi akhir-akhir ini, dimana sudah bertahun-tahun pacaran ternyata menikahnya dengan orang lain. Jika kamu tidak menginginkan hal itu terjadi, maka segerakanlah menikah.

3. Semakin lama pacaran maka semakin rawan perselingkuhan.

Ada yang mengatakan jika semakin lama pacaran maka semakin setia dalam menjalani hubungan. Yakin seperti itu? Pacaran merupakan hubungan tidak resmi yang tidak terikat oleh apapun. Artinya, selama masih pacaran, seseorang masih leluasa untuk main lirik kanan-kiri. Inilah kenapa saat pacaran lebih rawan perselingkuhan dibandingkan sesudah pernikahan.

Pacaran rawan perselingkuhan. (kitamuda.id)

Saat sudah menikah, seseorang telah mengucapkan janji suci dihadapan para saksi. Artinya saat itu juga ia tidak bisa seenaknya main mata kepada orang lain. Kalau kamu beranggapan, ah toh masih ada orang yang sudah menikah tapi selingkuh! Benar, tapi tidak sebanyak mereka yang masih pacaran, sebab dengan pernikahan minimal mengurangi resiko perselingkuhan.

4. Lebih pemborosan untuk hal yang tidak perlu diperlukan

Tidak dipungkiri untuk menjalankan hubungan pacaran butuh modal yang tidak sedikit. Terlebih jika pasanganmu terbilang matre, tentu kamu harus mengeluarkan anggaran yang lebih banyak dari biasanya. Sayangnya, uang tersebut digunakan untuk hal-hal yang tidak begitu penting.

Pacaran lama bikin pemborosan. (moneysmart.id)

Bandingkan jika kamu sudah menikah, tentu uang tersebut akan dialokasikan untuk hal-hal yang lebih positif. Seperti ditabung untuk masa depan anak, atau untuk membayar cicilan mobil.

5. Kamu bakalan dianggap tidak serius oleh keluarga pasanganmu

Salah satu bukti keseriusan hubungan ialah dengan menyegerakan pernikahan. Jika kamu terus menunda-nunda pernikahan padahal secara finansial sudah mampu, tentu hal ini akan membuat keluarga pasanganmu ragu dengan keseriusanmu.

Kalau serius buruan nikahi, Tonk! (kitamuda.id)

Itulah 5 alasan kenapa kamu tidak perlu lama-lama menjalani hubungan pacaran. Tentunya, selain kelima alasan tersebut, ada hal lain yang perlu kamu ingat, yakni persoalan dosa. Jadi, kapan nih mau ajak si doi ke pelaminan?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *