Jangan Hanya “Ikut Arus”, Kamu Harus Tahu Apa yang Ingin Dilakukan Dalam Hidupmu

Setidaknya kamu harus berenang dan jangan sampai tenggelam!

Melewati usia demi usia dalam hidup belum tentu bisa membuat kamu dewasa. Usia hanya persoalan angka, sementara kedewasaan lain lagi ceritanya. Mengalami jatuh bangun serta krisis dalam hidup menjadi persoalan yang biasa, tak usah drama. Kamu hanya harus kuat dan bertahan agar bisa sampai kepada fase kehidupan yang jauh lebih baik dari sekarang.

Tau apa yang harus dilakukan (amazonaws.com)

Mungkin di satu titik kamu akan berhenti sejenak dan menanyakan kepada diri sendiri, apa yang telah kamu perbuat selama ini? Apa kau sudah melakukan apa yang kamu inginkan, atau hanya hanyut mengikuti arus seperti ikan? Bahkan beberapa ikan justru berenang melawan kuatnya arus air.

Ada banyak keputusan yang harus kamu buat dalam hidupmu. Karena kedewasaan juga tentang bagaimana kamu mengambil sikap, tau kemana harus melangkah dan keputusan apa yang harus kamu ambil. Mulai dari persoalan pendidikan, karir, hingga percintaan. Kamu harus tau apa yang hendak kamu lakukan dalam hidup. Jangan seperti daun jatuh yang hanya pasrah mengikuti kemana arus membawa.

Kenali diri agar tau apa yang kamu ingini

Tidak semua orang tau apa yang diinginkan dalam hidup. Kebanyakan hanya pasrah mengikuti sekitar. Memang benar terkadang mengikuti takdir adalah yang terbaik, namun tidak terus-terusan. Berusaha dan berjuang menuju keinginan juga harus dilakukan.

Kenali diri agar tau apa yang kamu ingini (huffpost.com)

Agar bisa tau apa yang diinginkan, kamu harus mengenali diri sendiri. Kamu harus paham bagaimana dirimu, mengerti apa yang telah kamu lakukan selama ini, dan belajar menilai segala tindakan yang kamu lakukan, baik atau buruk.

Dengan mengenal diri sendiri, kamu bisa melakukan kontrol yang baik dalam segala hal. Kamu bisa tau mana yang baik dan mana yang buruk untuk dirimu sendiri. Dengan begitu kamu bisa mengambil langkah-langkah tepat untuk hidup yang lebih baik.

Taklukkan rasa takut

Butuh keberanian besar untuk mengambil keputusan dan berenang melawan derasnya arus. Sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan keberanian macam itu. Banyak yang cenderung pasrah hanya karena ketakutan membatasi langkahnya. Untuk itu kamu harus berusaha untuk menaklukkan ketakutan yang ada dalam diri.

Taklukkan rasa takut (goalcast.com)

Kamu tak akan mendapatkan apa-apa jika terus memelihara rasa takut. Karena setiap keputusan yang kamu ambil mengandung risiko yang harus kamu hadapi. Selama kamu merasa takut, kamu akan terus kehilangan kesempatan dan tidak mendapatkan apa yang diinginkan.

Jangan biarkan hidupmu berakhir dengan kesia-siaan. Hidup yang terus-menerus mengikuti arus pada akhirnya akan membuat kamu hanyut. Bahkan kamu bisa tenggelam jika tak memiliki pegangan. Bahkan ketika kamu mengikuti takdir Tuhan, kamu harus tetap berusaha untuk berenang. Bukan hanya diam.

Kenali apa yang hendak kamu lakukan. Lalu berusaha untuk melakukan apa yang kamu inginkan. Selama itu baik untuk dirimu dan tidak merugikan orang lain, maka lakukan saja. Demi kehidupan yang lebih baik, kenapa tidak kamu coba?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *