6 Kebiasaan yang Nggak Boleh Kamu Lakukan di Depan Orang Puasa, Biar Nggak Kena Dosa

Yuk hargai dan tunjukkan empatimu

Puasa di bulan Ramadhan menjadi ibadah wajib yang harus dilakukan umat muslim dimanapun berada. Tak hanya ujian menahan haus dan lapar, puasa juga menguji seberapa kuat imanmu menahan semua godaan hawa nafsu. Bisa dibilang susah-susah gampang. Akan lebih susah apabila ada orang yang sengaja menggoda kamu yang sedang puasa.

Baca juga : Pada Akhirnya, Menghiraukan Kesedihan Hanya Akan Membuatmu Lebih Merana

Yang tak boleh kamu lakukan di depan orang puasa (benarnews.org)

Kamu yang sedang tidak berpuasa, ada baiknya untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat membangkitkan hawa nafsu orang yang sedang puasa. Meskipun nggak ada larangan tertulis, ada baiknya kamu mengetahui apa saja yang tak boleh dilakukan di depan orang-orang yang sedang puasa. Biar menjauhkan diri dari dosa.

1. Makan dan minum di depan orang puasa

Untuk kamu yang tidak puasa memang tidak ada larangan untuk makan dan minum di siang hari. Tapi sebaiknya jangan gunakan kesempatan ini untuk menggoda mereka yang sedang puasa. Apalagi dengan sengaja makan dan minum di depan orang puasa dengan tujuan agar mereka membatalkan puasanya. Jangan ya!

Makan dan minum (cdninstagram.com)

2. Menimbulkan nafsu syahwat

Meskipun bukan di depan orang yang puasa, hal ini mestinya juga tidak boleh dilakukan. Menonton video porno di hari biasa saja sudah termasuk dosa karena zina mata. Apalagi jika dilakukan di depan orang puasa saat bulan Ramadhan supaya dia membatalkan puasanya. Percaya deh, ini termasuk dosa besar!

Menimbulkan nafsu syahwat (huffpost.com)

3. Dengan sengaja “menyusahkan” orang puasa

Orang yang sedang puasa tentu memiliki keterbatasan dalam energi. Oleh karena itu disarankan untuk melakukan kegiatan-kegiatan ringan saja. Nah kamu yang nggak puasa mestinya bantu meringankan, jangan malah tambah menyusahkan. Misalnya saja dengan sengaja meminta orang yang puasa untuk mengangkat beban berat atau menemanimu jalan-jalan mengelilingi pusat perbelanjaan. Tolonglah, jangan lakukan ini.

Menyusahkan orang puasa (nibinfo.nl)

4. Berisik saat tengah malam

Orang-orang yang puasa memiliki kewajiban untuk bangun sahur. Kegiatan sahur ini tentu memotong jam istirahat apalagi harus pergi kerja paginya. Nah kamu yang nggak ada kewajiban untuk sahur akan lebih baik untuk tidak mengganggu istirahat mereka. Apalagi dengan sengaja menyetel musik keras-keras tengah malam.

Berisik tengah malam (pickywallpapers.com)

5. Mengolok-olok kegiatan orang puasa

Hal-hal yang sudah terkait dengan agama pasti sangat sensitif ketika dibahas. Jangan sampai deh kamu menghina ataupun sekedar menjadikan topik-topik agama sebagai bahan bercanda. Kamu bisa berhadapan dengan hukum maupun sanksi dari masyarakat. Mengolok-olok kegiatan orang yang sedang puasa menjadi salah satu contohnya.

Mengolok-olok orang puasa (ijugaad.com)

6. Membohongi orang yang sedang puasa

Berbohong, apapun alasannya tetap tidak dibenarkan. Apalagi membohongi orang puasa hanya untuk kesenangan semata. Misalnya kamu berbohong bahwa adzan maghrib sudah berkumandang padahal nyatanya belum, sehingga orang yang puasa buru-buru berbuka dan membatalkan puasanya.

Membohongi orang puasa (daysoftheyear.com)

Biar kamu nggak kena dosa, akan lebih baik jangan lakukan 6 hal di atas di depan orang yang sedang puasa. Hargai dan tunjukkan rasa empatimu ya.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

5 Luka Terdalam yang Hanya Dirasakan Oleh Kamu yang Jatuh Cinta Diam-Diam

Ingin Mengunjungi Aceh? Inilah Peraturan yang Harus Kamu Tahu Agar Tidak Terkena Hukuman