Jangan Bangga Sudah di Wisuda Kalau Setelahnya Cuma Jadi Pengangguran

Bukalah peluang bahkan sejak kamu belum resmi dinyatakan lulus

Harus diakui, wisuda adalah sesuatu yang amat dinantikan oleh mereka yang telah berjuang menempuh pendidikan tinggi sekian tahun lamanya. Momentum tersebut bahkan juga terasa berharga bagi para orang tua, karena mereka bisa menyaksikan putra-putrinya resmi menyandang gelar sarjana.

Namun terkadang kita lupa, bahwa masih ada jalan panjang yang menanti kita di depan sana. Jangan sampai kebahagiaan meraih gelar sarjana membuat lupa diri dan bingung akan melanjutkan kehidupan dengan cara apa.

So, biar kamu nggak hilang arah dan nggak kelamaan menyandang status pengangguran setelah wisuda, ada beberapa hal yang sebaiknya sudah kamu persiapkan jauh-jauh hari, bahkan sebelum kamu mengenakan toga.

Buka jaringan seluas-luasnya menjelang kelulusan

Perluas jaringanmu agar punya banyak peluang pekerjaan – dyad.com

Memang benar kata pepatah lama, banyak kawan banyak rezeki. Begitu pula yang seharusnya kamu lakukan menjelang kelulusan, yakni membuka jaringan seluas-luasnya. Gali informasi dari manapun mengenai peluang-peluang mendapat pekerjaan setelah lulus. Kami bisa menghubungi teman-teman yang sudah lebih dulu lulus, ataupun relasi orang tuamu untuk mendapat informasi tersebut. Kadang, orang yang bisa menolong kita akan datang dari arah yang tak disangka-sangka!

Mulai mencari info tentang perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan sejak dini

Mencari info pekerjaan bisa dimulai mendekati hari kelulusan, atau bahkan jauh sebelumnya – clotureclub.com

Kebanyakan mahasiswa yang sudah lulus akan mengincar perusahaan bonafide sebagai tempat kerja. Kalau kamu juga punya ketertarikan yang sama, segera bersiap mencari informasi sedini mungkin. Cari tahulah apa kelebihan dan kekuranganmu, persyaratan apa yang dibutuhkan, serta job description apa yang akan kamu emban jika diterima. Saat ijazah sudah berada padamu, maka kamu sudah selangkah mendapatkan gambaran akan pekerjaan apa yang akan kamu lakukan di masa depan.

 

Nggak mau kerja sama orang lain? Nggak masalah! Wirausaha oke juga

Wirausaha juga bisa jadi pilihan bagi kamu yang emoh bekerja di bawah kendali orang lain – guraru.org

Nggak semua orang tertarik bekerja di bawah kendali orang lain. Ada pula orang-orang yang tidak terbiasa dengan budaya formal di lingkungan perkantoran. Oleh karenanya, wirausaha adalah pilihan menarik dan tepat bagi orang-orang seperti itu. Jika kamu memang betul-betul tertarik dengan dunia wirausaha, cari tahu betul bidang yang kamu minati, dan rencanakan dengan matang usaha yang akan kamu jalankan itu. Pokoknya, jangan sampai kamu berpangku tangan lama-lama setelah lulus. Rugi!

Katakan tidak pada gengsi

Hilangkan jauh-jauh gengsi dari pikiranmu – provoke-online.com

Saat kamu sudah mantap memutuskan terjun ke dunia kerja, tanamkan dalam pikiran bahwa gengsi adalah salah satu hal yang wajib kamu hindari, apapun pekerjaanmu. Ingat, tak ada orang sukses dalam semalam. Semua butuh usaha dari bawah dan kerja keras yang simultan. Begitu pula kalau kamu memilih berwirausaha. Yakinlah bahwa penghasilan yang sedikit masih jauh lebih baik daripada kamu memilih gengsi dan berakhir nganggur lama.

Nggak ada salahnya berlatih mengisi pundi-pundi sejak kuliah

Tidak ada salahnya membiasakan diri memulai usaha sejak masih kuliah – uangonline.com

Di zaman seperti ini, nggak ada lagi istilah kalau pelajar tugasnya hanya belajar. Kalau kamu memegang teguh ajaran itu, wah, kamu bisa ketinggalan dengan teman-temanmu yang sudah melesat jauh belajar mengisi pundi-pundi keuangannya! Lagipula, banyak jenis usaha sambilan yang bisa dikerjakan mahasiswa tanpa mengganggu kegiatan belajarnya, kok. Dengan membiasakan diri berlatih mencukupi sendiri kebutuhan keuanganmu sejak dini, kamu tidak akan kaget saat menapakkan kaki di dunia kerja yang sesungguhnya.

Kalau kamu menjalankan langkah-langkah di atas, seharusnya kamu sudah tidak perlu lagi khawatir karena menganggur lama setelah wisuda. Semoga bermanfaat!

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Jangan Buru-buru Minta Putus, Coba Perbaiki Hubunganmu yang Rusak Dengan Cara Ampuh Ini

Berani Pacaran Tapi Masih Ragu Menikah? Logikamu Aneh dan Terbalik-balik!