Sebenarnya, Makan Cilok dan Jajanan Berbahan Tepung Tapioka Lainnya Itu Menyehatkan Nggak Sih?

Nggak cuma enak dan bikin nagih, jajanan berbahan tepung tapioka sesehat apa sih buat tubuh?

Rasanya, hampir nggak ada yang nggak kenal dengan jajanan bernama cilok, cimol, dan sejenisnya yang berbahan tepung tapioka (aci/kanji) itu. Sensasi kenyal dan rasanya yang memang enak membuat jajanan tersebut mempunyai banyak penggemar.

Tapi pernah nggak kalian bertanya-tanya, sebenarnya jajanan berbahan baku tepung tapioka itu sehat nggak sih? Jangan sampai kita cuma mementingkan kenikmatan yang dirasakan tanpa peduli dengan kandungan gizinya. Apalagi, banyak anak-anak yang juga menggemarinya dan bisa membelinya dengan mudah karena murah.

Tepung tapioka dibuat dari singkong – jamieoliver.com

Secara luas, tepung tapioka mempunyai banyak kebaikan bagi tubuh. Jadi, selama pengolahan tepung tapioka untuk cilok, cimol dan ci – ci lainnya dilakukan dengan bersih, benar dan tepat, maka kita bisa mendapat sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh. Mau tahu apa saja menfaatnya? Yuk baca artikel ini sampai selesai!

1. Baik untuk pencernaan

Kandungan dalam tepung tapioka bisa membantu mengatasi masalah pencernaan – hellosehat.com

Tepung tapioka diketahui mempunyai kandungan mineral dan vitamin yang cukup lengkap, mulai dari selenium, tembaga, kalsium, mangan, besi, vitamin B6, folat, asam pantotenat, dan serat. Itulah sebabnya penganan berbahan tepung tapioka baik untuk kesehatan pencernaan dan mampu mencegah kanker usus besar.

2. Membantu mendapatkan berat badan ideal

Selain bagus buat pencernaan, makanan berbahan tepung tapioka juga cocok untuk kamu yang ingin memperoleh berat badan ideal. Apalagi, tepung tapioka nggak mengandung lemak jenuh dan bebas kolesterol. Jadi kamu yang punya masalah dengan kolesterol dan lemak jenuh tentu aman mengkonsumsinya.

3. Mengurangi stres pembuluh darah

Nggak cuma manusia yang bisa mengalami stres, tapi pembuluh darah juga loh. Nah, dengan mengonsumsi makanan berbahan tepung tapioka, kita bisa mengurangi stres di pembuluh darah dan arteri. Hal ini dikarenakan tapioka memiliki kandungan kalium yang bermanfaat mengatasi hal tersebut. Kamu jadi nggak gampang bermasalah dengan tekanan darah deh.

4. Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang ada pada tepung tapioka bisa membantu mengatasi anemia – interactive-biology.com

Seperti yang sudah saya singgung di poin pertama, tapioka memiliki kandungan mineral yang cukup lengkap, salah satunya adalah zat besi. Dengan begitu, memakan makanan berbahan tepung tapioka cukup membantu untuk mencegah anemia atau kurang darah.

5. Bermanfaat untuk tulang

Osteoporosis dan penyakit tulang lainnya bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan berbahan tepung tapioka loh – epainassist.com

Berkat lengkapnya kandungan mineral dalam tepung tapioka, tulang pun memperoleh manfaatnya saat kita mengonsumsi makanan berbahan tapioka. Penyakit tulang macam osteoporosis dan osteoarthritis jadi bisa dihindari deh.

Meskipun mengonsumsi makanan berbahan tapioka baik bagi tubuh, tetap pastikan untuk mengonsumsinya dalam batas wajar ya, karena segala sesuatu yang berlebihan tiu tidak baik~

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Perihal Balikan dengan Mantan dan 4 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan

Diam-diam Suaminya Berpoligami, Curhatan Ibu Muda Ini Benar-benar Menyayat Hati