Cewek yang Sering Pulang Malam, Wajib Lakukan 4 Hal ini Demi Menjaga Keselamatan di Jalan!

Kamu sering pulang larut malam? Wajib banget baca ini demi keselamatan diri.

Semakin hari, tingkat kejahatan semakin tinggi. Terutama terjadi ketika malam dan mengincar mereka yang sedang lengah, apalagi wanita. Iya, cewek selalu menjadi sasaran empuk tindak kejahatan mulai dari pencopetan, rampok hingga pelecehan seksual. Oleh karena itu ada baiknya cewek mulai waspada, apalagi kamu yang sering pulang malam karena pendidikan maupun tuntutan pekerjaan.

Pulang malam (Blibli.com)

Pulang malam memang penuh dengan resiko, namun bukan berarti kita tidak bisa mencegah. Ada beberapa tips keamanan yang bisa kamu coba untuk menyelamatkan diri sendiri dan pencegahan tindak kejahatan. Cewek yang pulang malam wajib tau nih!

Jangan gunakan perhiasan yang mencolok

Jangan pakai perhiasan mencolok (Odyssey)

Sudah menjadi hal yang wajar kalau wanita memakai perhiasan seperti anting, gelang, kalung, hingga cincin. Namun sebisa mungkin copot semuanya jika hendak pulang ketika larut malam. Atau setidaknya, pakai perhiasan yang wajar saja dan jangan berlebihan apalagi kalau pulang sendirian. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya kejahatan, karena dikhawatirkan menjadi pemicu perampokan.

Siapkan “senjata” sederhana

Siapkan “senjata” sederhana (Ayoti)

Setiap wanita setidaknya harus membekali diri dengan barang-barang yang bisa digunakan sebagai “senjata” ketika terdesak. Misalnya saja semprotan cabai yang bisa membuat mata pelaku perih, peluit untuk menarik perhatian orang-orang sekitar agar membantu, atau payung untuk memukul jika diperlukan. Sekarang sudah banyak toko yang menyediakan peralatan keselamatan yang mudah dibawa kemana saja.

Belajar bela diri

Belajar bela diri (Blibli.com)

Jangan malu belajar bela diri, jaman sekarang justru kemampuan seperti ini sangat diperlukan. Sudah sangat banyak wanita yang belajar untuk menyelamatkan diri sendiri ketika terdesak. Kamu bisa memilih gerakan sederhana saja sebagai dasar. Entah itu silat, tae kwon do, hingga judo, apapun itu akan sangat berguna untuk pertahanan ketika pulang malam.

Lewat jalan ramai dan gunakan pakaian tertutup

Lewat jalan ramai dan gunakan pakaian tertutup (VideoBlocks)

Jika memang harus pulang malam sendirian, usahakan lewat jalan yang cukup ramai dilalui kendaraan. Namun kalau area rumahmu memang sepi, jangan jalan kaki sendiri. Lebih aman gunakan transportasi online yang sekarang sudah ada dimana-mana. Oh iya, gunakan juga pakaian yang tertutup. Setidaknya untuk mencegah terjadinya kejahatan seksual yang sekarang marak terjadi.

Itulah beberapa trik sederhana yang bisa kamu terapkan untuk keselamatan diri sendiri. Akan jauh lebih baik jika ada kerabat yang mau mengantar pulang. Apalagi lebih aman kalau pacar yang anter kan, eh…

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *