7 Istilah Bahasa Gaul Anak 90an yang Kini Mulai Terlupakan

Bernostalgia dengan bahasa gaul anak 90an yuk.

562
SHARES

Layaknya kebudayaan, bahasa juga mengalami perubahan dan perkembangan seiring berjalannya waktu. Mungkin sekarang kita sering mendengar bahasa kekinian yang lagi ngetrend dikalangan anak muda, begitu juga anak muda tahun 90an. Mereka memiliki bahasa gaul sendiri di eranya, bahkan bahsa gaul ini dulu sempat menjadi trend di kalangan anak muda.


Mau tahu istilah apa saja yang pernah ngetrend di kalangan anak muda tahun 90an, inilah beberapa diantaranya istilah gaul era 90an.

1. EGP ( Emang Gue Pikirin)

Istilah EGP atau singkatan dari emang gue pikirin sempat menjadi trend di era tahun 90an sampai awal tahun 2000an. Istilah ini juga ditenarkan di beberapa film dan siaran radio tahun 90an. Mungkin kalau kita sering nonton film Warkop DKI, kita sering dengar Indro mengucapkan kata-kata ini.

Salah satu yang berperanmempopulerkan kata EGP ialah Indro di film Warkop DKI (assets.hai-online.com)

Sampai awal tahun 2000an, kata EGP masih familiar dikalangan anak muda kala itu. Bahkan Duo Maia Sempat membuat single lagu menggunakan istilah ini pada tahun 2008 lalu. Kini EGP pun jarang kita gunakan dan kita pakai, mungkin karena dirasa sudah ketinggalan jaman.

2. Ember (Emang Bener)

Bagi anak 90an tentu masih ingat dengan istilah ini, bisa dibilang istilah Ember atau emang bener merupakan bahasa gaul anak muda kala itu. Kata Ember banyak digunakan anak muda khususnya mereka para gadis yang suka rumpi.

Kalau dulu Ember berarti emang bener, sekarang bermakna orang yang suka bocorin rahasia (diingklik.net)

Seiring berjalannya waktu, kata ember kini sepertinya berubah makna pada anak muda sekarang. Kalau dulu kata Ember digunakan untuk menyatakan kebenaran, sekarang kata ember lebih berkonotasi jelek. Yaitu orang yang suka ngebocorin rahasia. Jaman memang membuat semuanya berbeda, termasuk makna kata.

3. Curcol (Curhat Colongan)

Kalau sekarang kamu masih mendengar kata-kata curcol, berarti ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama kamu sedang menonton acara tahun 90an, atau kamu sedang mendengarkan oborlan orang-orang yang muda pada tahun 90an.

Curcol atau curhat colongan juga salah satu bahasa gaul terpopu,er era 90an loh (milesfilms.net)

Curcol merupakan salah satu istilah gaul anak muda 90an. Mereka bisanya menggunakan istilah ini saat ada temannya tiba-tiba tanpa disadari ternyata sedang curhat masalah pribadinya. Maka lahirlah istilah curcol atau curhat colongan.

4. Koit

Anak muda tahun 90an punya istilah sendiri buat menyatakan kematian, yaitu koit. Entah darimana istilah ini diambil, namun anak muda pada masa itu sepertinya sepakat jika koit digunakan untuk menunjukan makna kematian.

Koit digunakan anak 90an untuk menggantikan kata meninggal atau mati. Tidak hanya bagi nyawa melainkan juga game (berujung1.rssing.com)

Tidak hanya pada istilah kematian nyawa seseorang, koit juga digunakan untuk menunjukan kematian permainan, seperti catur atau game. Jadi untuk menggantikan skak mat atau game over, anak muda kala itu menyebutnya dengan koit. Unik yah 😀

5. Hebring

Buat para anak gadis yang suka rame sendiri, sebutan hebringlah disematkan. Hebring pada masa itu menjadi bahasa gaul yang populer untuk menunjukan sikap seseorang yang berlebihan, lebay, dan rame sendiri.

Hebring ialah sebutan untuk orang yang heboh sendiri (ilmanakbar.files.wordpress.com)

Mungkin hebring ini berasal dari suku kata heboh, kemudian dibelokkan menjadi hebring atau heboh sendiri. Hebring kini tidak lagi didengar dikalangan anak muda saat ini. Mungkin sidah digantikan sama alay dan lebay.

6. Gundah gulana

Bahasa gundah gulana sempat menjadi bahasa populer di eranya. Gundah gulana bermakna perasaan dimana rasa gelisah, bimbang, dan tidak menentu. Istilah ini bisanya banyak digunakan untuk mereka yang sedang jatuh cinta dan bingung harus berbuat apa.

Gundah gulana kini sudah digantikan dengan kata galau (wovgo.com)

Seiring berjalannya waktu istilah ini kini tidak lagi terdengar dikalangan anak muda. Mungkin saat ini gundah gulana digantikan dengan kata galau. Sebab merujuk pada maknanya kedua istilah ini sangatlah hampir sama.

7. Ngocol

“Sial tuh anak baru ngocol amat!” Itulah salah satu contoh penggunaan istilah ngocol yang populer di tahun 90an. Ngocol sendiri bermakna sombong atau belagu. Istilah ini juga dipopulerkan di novel Lupus karangan Hilman Hariwijaya, bahkan saat kisah Lupus di filmkan dan menjadi salah satu film remaja paling populer saat itu, kata ngocol menjadi salah satu kata yang banyak digunakan.

Istilah ngocol banyak digunakan anak muda 90an yang berarti sombong atau belaku (beritajogja.id)

Itulah tujuh istilah anak gaul tahun 90an. Selain ketujuh istilah ini, sebenarnya masih banyak istilah-istilah gaul lainnya. Namun penulis sengaja tidak menyebutkannya dan memberi kesempatan kalian anak gaul 90an untuk menambahkannya.

562
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,