Menurut Data, Inilah yang Selalu Diakses Orang Indonesia Hingga Betah Internetan 8 Jam Per Hari

Berkat internet, jaman sekarang nggak ada lagi yang namanya mati gaya nggak tau mau ngapain

Dengan segala kemudahan teknologi komunikasi, keberadaan internet terasa mempermudah banyak hal. Nggak cuma sebagai sarana berinteraksi sosial, internet juga memberi kemudahan dalam melakukan transaksi jual-beli, hiburan, edukasi, dan lain sebagainya. Nggak heran kalau saat ini banyak orang yang nggak bisa hidup tanpa internet. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh WeAreSocial, pengguna internet aktif di Indonesia mencapai 132,7 juta orang, atau meningkat 45 juta pengguna dari tahun sebelumnya.

Baca juga : Sering Banget Disebut, Sebenarnya Generasi Milenial Itu Generasi yang Bagaimana?

Meski rata-rata pengguna internet aktif tersebut memilih untuk menggunakan perangkat mobile ketimbang PC atau tablet, namun terdapat perbedaan yang signifikan mengenai lama penggunaan internet. Jika perangkat mobile membuat orang betah berselancar di dunia maya sekitar 3 jam 55 menit, maka pengguna PC atau tablet bisa lebih lama lagi, yakni hingga 8 jam 44 menit! Intensitas penggunaannya pun nggak kalah mengejutkan, yakni 77 persen pengguna diketahui mengakses internet setiap hari, sementara 12 persen hanya mengakses seminggu sekali. Cuma 7 persen pengguna saja yang sekurang-kurangnya mengakses internet sebulan sekali

Dengan durasi selama itu, sebenarnya apa saja sih yang diakses oleh para pengguna internet di Indonesia?

Media sosial

media sosial menjadi hal yang paling menyita perhatian pengguna internet – nmtmarketing.com

Menurut data semiocast.com, penduduk Indonesia berada di urutan ke-5 sebagai negara paling cerewet di dunia berdasarkan tingkat keaktifannya di media sosial. Nggak heran kalau media sosial adalah yang paling menyedot waktu pengguna internet di Indonesia. Maklum, pengguna media sosial di Tanah Air mencapai 106 juta orang, atau sekitar 40 persen dari populasi Indonesia. Wow!

Surat elektronik

e-mail menjadi salah satu sarana berkomunikasi yang lebih cepat daripada surat konvensional – marketingland.com

Surat elektronik atau e-mail menjadi hal yang paling sering diakses berikutnya. Setidaknya ada 14 persen pengguna e-mail yang aktif mengaksesnya via smartphone dalam seminggu dan 7 persen melalui PC. Aktifnya orang mengakses e-mail tentu dikarenakan faktor kemudahan dalam komunikasi jarak jauh yang lebih praktis daripada berkirim surat konvensional, terutama digunakan bagi mereka para pekerja kantoran.

Mesin pencari

ilustrasi search engine – www.talonx.com

Kemudahan mencari informasi apa saja di dunia maya membuat banyak orang gemar mengakses situs mesin pencari macam Google dan lain sebagainya. Dalam seminggu, setidaknya ada 32 persen pengguna smartphone dan 12 persen pengguna PC yang mengakses mesin pencari untuk menemukan informasi yang diinginkannya.

Referensi atau ulasan produk

kebanyakan orang yang akan berbelanja online akan mencari referensi terlebih dahulu – technofaq.org

Dengan berkembangnya dunia teknologi informasi, siapapun kini bisa berdagang melalui internet atau istilah kerennya, online shop. Nggak heran kalau akhirnya banyak juga pengguna internet yang senang mencari referensi atau ulasan produk yang diminatinya. Tercatat, ada 9 persen pengguna smartphone dari total populasi pengguna internet yang memanfaatkan internet untuk mencari referensi produk, dan 3 persen lainnya melalui PC.

Mendengarkan musik dan menonton video

mendengarkan musik atau menonton video secara streaming jadi pilihan – thesweetsetup.com

Harus diakui, dengan adanya kemudahan mendengarkan musik atau menonton video secara streaming membuat penjualan musik dan video secara fisik (CD, kaset, vinyl, VCD, DVD, Blu-Ray) menurun drastis. Cara ini dianggap lebih praktis ketimbang harus membeli sebuah produk musik fisik yang belum tentu kita akan menyenangi keseluruhan isinya, maupun menonton film atau video yang sekali tonton langsung bosan. Setidaknya ada 6 persen dari populasi yang memanfaatkan internet via smartphone untuk mendengarkan musik atau menonton film dan video lainnya, dan melalui PC sebanyak 2 persen.

Kalau kamu, apa yang paling sering kamu akses di internet?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Yuk Membahas Tentang Naturis, Kaum yang Menjadikan Telanjang Sebagai Pilihan Hidup

Keren, Naik Level Lagu Dangdut Kini Dinyanyikan Paduan Suara Saat Acara Wisuda