Inilah Rahasianya Kenapa Guru Menggunakan Tanda Ini Saat Jawaban Kita Benar

Oh ternyata ini makna dibalik paraf para guru itu…

Saat masih sekolah dulu, guru kita sering menggunakan coretan dan centang untuk menunjukan jika jawaban kita benar atau salah. Namun dari tanda tersebut, tentu kamu tidak asing dengan tanda benar atau paraf yang unik ini. Sebagian besar guru di sekolah bahkan memilih menggunakan paraf ini dibandingkan dengan tanda ceklis.

Misteri paraf guru yang belum terpecahkan (plukme.com)

Lalu apa sih makna dibalik paraf tanda benar yang sering kita temui dulu? Sebuah akun facebook bernama Kinan memberikan jawabannya yang selama ini membuat banyak siswa penasaran. Kinan membuat sebuah postingan dalam grup facebook Cocoklogi Science untuk menguak misteri tanda benar dari guru-guru kita dulu.

Kinan pun membeberkan jika menurut gurunya, tanda benar yang selama ini kita lihat itu merupakan berasal dari huru (r) kecil dalam angka latin. huruf (r) tersebut sendiri bermakna Right atau benar.

Jadi awalnya, bentuk paraf yang sering kita lihat sekarang ini ialah angka latin bertuliskan huruf (r). Namun karena guru biasanya harus menilai banyak tugas siswa dengan harus cepat, guna menghemat waktu tanda huruf (r) dalam latin pun berubah menjadi tanda paraf yang sering kita lihat seperti sekarang ini.

asal usul paraf guru berasal dari huruf (r) latin (facebook.com/nani.prastya.9)

Meskipun penjelasan misteri paraf bukan berasal dari seorang ilmuan atau pofesor kebahasaan. Namun penjelasan Kinan yang sederhana dan masuk akal ini banyak dianggap benar oleh netizen. Bahkan tidak sedikit yang merasa lega setelah mengetahui makna dibalik paraf guru yang satu ini.

Namun ada juga netizen yang meragukan penjelasan Kinan, seperti pertanyaan netizen yang mempertanyakan jika benar disimbolkan dengan huruf (r), kenapa saat salah menggunakan silang, bukan simbol juga seperti (w) untuk Wrong atau (f) untuk False.

Terlepas dari perdebatan tersebut, penjelasan Kinan memang memberikan pemahaman baru bagi kita terhadap paraf yang selama ini belum banyak diketahui asal-usulnya. Adapun penjelasan itu benar atau tidak, setidaknya ini bisa menjadi jawaban sementara sembari menunggu ahli bahasa atau orang yang ahli di bidang ini memberikan jawaban yang benar seperti apa.

Tulis Komentarmu
Amin Aulawi (Aw)

Written by Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

4 Cara Mudah Menghemat Uang Makan, Biar Nggak Bokek di Akhir Bulan

5 Ponsel Jadul Ini Laku Dijual dengan Harga Mahal, Ada yang Masih Punya?