Inilah Gambaran Kondisi Bumi Jika Umat Manusia Punah

Dan yang terakhir tersisa tenyata hal yang bagi kita sepele.

Melihat bumi yang semakin “kumuh” dengan segala pembangunan yang dilakukan manusia, sepertinya membuat kita ingin merasakan kembali dimana bumi yang kita huni kembali asri. Namun menginginkan hal itu mungkin terdengar sangat sulit, sebab mau tidak mau pembangunan harus terus berjalan guna mengikuti perkembangan zaman.

Baca juga : Meski Kesuksesanmu Berkat Kerja Kerasmu, Kamu Tetap Dilarang Menyombongkannya. Inilah Alasannya!

Pembangunan yang pesat merubah wajah bumi yang asri (nisaalenta.blogspot.co.id)

Mungkin bumi bisa kembali asri, dengan tumbuhan liar kembai menyelimuti jika peradaban manusia telah punah. Inilah gambaran jika bumi ditinggalkan oleh manusia yang pernah dipubikasikan oleh BBC Earth.

Kondisi bumi setelah beberapa jam ditinggalkan manusia

Sebenarnya tidak butuh waktu lama untuk bisa melihat perubahan bumi saat umat manusia sudah punah. Hanya waktu beberapa jam saja maka perubahan sudah terlihat di bumi ini. Perubahan paling mencolok ialah kondisi udara yang mulai bersih, seiring berhentinya kegiatan polusi udara yang dilakukan manusia.

Beberapa jam setelah ditinggalkan amnusia, bumi akan sunyi dan gelap gulita (wowmenariknya.com)

Pada saat malam hari, keadaan di muka bumi ini berubah menjadi gelap gulita. Tidak ada cahaya apapun kecuali pencahayaan dari alam, seperti bulan, dan bintang-bintang. Pada saat tersebut, kondisi langit pun jauh lebih cerah pada malam hari, jadi pemandangan bintang akan lebih terang dan indah.

Kondisi bumi setelah beberapa hari ditinggalkan manusia

Beberapa hari setelah ditinggalkan manusia, kondisi bumi akan begitu sunyi. Tidak ada suara apapun kecuali dari suara alam dan hewan.

Hewan mulai berkeliaran di pemukiman warga (wowmenariknya.com)

Pada saat ini, hewan peliharaan juga mulai berkeliaran ditengah-tengah perkotaan. Selain itu banyak hewan di kebun binatang yang akan lepas dari kandang atau mati kelaparan karena tidak ada sang pawang. Bumi sedikit demi sedikit mulai “dikuasai” hewan liar.

Beberapa minggu setelah bumi ditinggalkan manusia

Hewan mulai menguasai perkotaan (wowmenariknya.com)

Pada saat tersebut, hewan semakin banyak berkeliaran di tengah kota. Tanpa manusia dengan segala aktifitasnya, membuat hewan leluasa mencari makanan bekas peninggalan manusia. Kondisi kota dan perumahan mulai tidak karuan.

Beberapa bulan setelah bumi ditinggalkan manusia

Beberapa bulan setelah bumi ditinggalkan manusia, beberapa energi nuklir dan pembangkit listrik peninggalan manusia akan mengalami ledakan karena penguapan. Hal ini menjadikan kebakaran terjadi dimana-mana, radiasi nuklir juga akan menyelimuti atmosfer bumi sehingga membunuh sebagian hewan-hewan di bumi.

Terjadi kebakaran dan ledakan akibat pembangkirt nuklir yang menguap (idrus.co)

Zat-zat kimia peninggalan manusia akan mulai menimbulkan dampak kepada lingkungan. Akibatnya pencemaran lingkungan tidak terkendali, sumber mata air banyak yang tercemari, ikan-ikan pun banyak yang mati. Kini bumi hampir menyerupai kota mati yang sangat sunyi. Pada masa ini populasi hewan akan menurun drastis.

Beberapa tahun setelah bumi ditinggalkan manusia

Setelah mengalami kehancuran akibat bahan kimia peninggalan manusia, sedikit demi sedikit radiasi nuklir dan dampak bahan kimia di terhadap lingkungan mulai berkurang. Bumi kembali membangun keasriannya tanpa campur tangan manusia.

Tumbuhan akan kembali tumbuh dimana-mana (dafunda.com)

Beberapa tumbuhan yang sebelumnya mengalami kerusakan akan mulai tumbuh alami, beberapa rumah akan banyak dipenuhi tumbuhan baik di dalam maupun di luar ruangan. Beberapa sumber mata air pun kembali murni dan sangat bening.

Puluhan tahun setelah bumi ditinggalkan manusia

Kondisi bumi saat puluhan tahun ditinggalkan manusia akan kembali menampilkan wajah aslinya. Kota-kota besar di tengah padang pasir, seperti Dubai akan kembali terkubur padang pasir. Tumbuhan akan semakin liar tumbuh dimana-mana, saat itu kota sudah seperti ditengah hutan dimana tumbuhan dan semak-semak belukar tumbuh di tengah kota.

Beberapa kota besar akan tenggelam dan tertutup tumbuhan (youtube.com)

Pada masa ini pun populasi hewan mulai tumbuh kembali, setelah sebelumnya musnah juga akibat ledakan nuklir dan pencemaran kimia peninggalan manusia. Beberapa populasi hewan naik tajam, sehingga menimbulkan habitat baru di bumi.

Ratusan tahun setelah ditinggal manusia

Ratusan tahun setelah ditinggal manusia, sedikit demi sedikit bangunan peninggalan manusia mulai hancur. Bangunan tinggi seperti Monas, Menara Eiffel, dan gedung-gedung tinggi lainnya akan runtuh akibat korosi.

Beberapa bangunan akan runtuh akibat korosi (djlantang09.blogspot.co.id)

Hewan-hewan mulai menguasai bumi, perkembangannya pun begitu cepat. Termasuk hewan laut seperti ikan. Tanpa adanya pemburuan dari manusia, populasi ikan di lautan akan berlipat ganda.

Ribuan tahun kondisi bumi setelah ditinggal manusia

Hanya bangunan-bangunan besar yang kokoh yang tersisa (oldtimejava.blogspot.co.id)

Pada kondisi tersebut bumi benar-benar mengalami perubahan yang sangat jauh berbeda dengan bumu sekarang. Bangunan-bangunan akan mulai tidak lagi terlihat, kecuali bangunan besar yang kokoh seperti Piramida di Mesir, Tembok Besar di China, dan Borobudur di Indonesia. Bangunan kokoh ini mungkin bisa bertahan meski kondisinya tidak karuan.

Puluhan juta tahun kondisi bumi setelah ditinggalkan manusia

Puluhan juta tahun setelah ditinggalkan manusia, kondisi bumi benar-benar hampir tidak ada lagi jejak peradaban manusia. Beberapa bangunan hancur akibat korosi dan yang lainnya tenggelam oleh perubahan alam.

Setelah puluhan juta tahun, sisa peradaban manusia yang masih bertahan ialah sampah plastik (wowmenariknya.com)

Jika ada material yang masih bertahan dari kehancuran, satu-satunya peninggalan peradaban manusia ialah sampah plastik. Sebab beberapa jenis sampah plastik seperti botol plastik bisa bertahan hingga jutaan tahun.

 

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

7 Film 90an Ini Dijamin Memiliki Kenangan Tersendiri Buat Kalian Generasi 90an