Inilah Dampak Bahaya Jika Anak Kecanduan Gadget, Orang tua Mesti Waspada!

Dari hal sepele ada bahaya yang tidak terduga. Orang tua harus lebih waspada….

Saat ini keberadaan teknologi tidak bisa terlepaskan dari kehidupan manusia. Mungkin kamu juga bisa merasakan, bagaimana siapapun, dan dimanapun orang-orang tidak bisa terlepas dari teknologi, termasuk teknologi gadget.

Baca juga : Viral #RadioGueMati, Begini Rasanya Jika Radio Menghilang dari Kehidupan Kita

teknologi kini tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia (komputer.co.id)

Namun kehadiran teknologi ternyata tidak selalu membawa hal baik bagi manusia, adanya teknologi yang cukup berkembang saat ini juga memiliki dampak buruk bagi penggunanya. Salah satu dampak yang berbahaya dari penggunaan teknologi ialah dampak yang ditimbulkan pada anak yang kecanduan gadget. Apa saja dampak yang berbahaya tersebut?

Anak akan mengalami kekurangan kemampuan bersosialisasi dengan teman-temannya

Masa anak-anak adalah masa pengenalan terhadap lingkungan dan sosialnya, dimana saat usia ini anak akan mulai bersosialisasi dengan teman dan alam. Pada masa ini, anak-anak seharusnya memiliki hubungan sosial yang baik. Sebab ini akan mempengaruhi jiwa sosialnya saat dewasa.

Anak akan susah bersosialisasi di dunia nyata (apparelmagazine.co.nz)

Memang dengan adanya aplikasi dunia, maya kita dapat berinteraksi dengan orang lain. Namun hal itu tidak cukup untuk melatih kemampuan bersosialisasi anak. Sebab saat masa anak-anak, mereka tidak hanya butuh belajar berinteraksi dengan orang lain, namun juga membutuhkan kepekaan emosi dalam hubungan, yang itu hanya didapatkan jika melakukan interaksi tatap muka.

Anak akan mengalami susah konsentrasi dan pelupa

Dampak lain yang diakibatkan jika anak kecanduan gadget ialah, terjadinya ganggudan konsetrasi pada anak. Biasanya, anak akan memainkan video atau game pada gadget, pada layar tampilan tersebut anak akan menyaksikan perubahan gambar pada video dan informasi yang sangat cepat, akhirnya anak akan cepat pula dalam mengelola innformasi, dampaknya anak akan mengalami gangguan pada konsentrasinya.

Kebanyakan main gadget membuat otak anak susah berkembang (blog.tribunjualbeli.com)

Konsentrasi anak justru akan lebih baik jika waktu senggang anak diisi dengan sebuah cerita dongeng daripada cerita visual seperti video. Sebab, saat kita memberikan cerita dongeng pada anak, maka anak tersebut akan membentuk imajinasinya sendiri dari dongeng yang kita ceritakan. Hal itulah yang akan melatih daya imajinasi, daya seni, dan meningkatkan konsentrasi anak.

Anak bisa mengalami gangguan mental dan berperilaku agresif

Banyak yang berpendapat jika anak-anak tidak mungkin mengalami gangguan kejiwaan. Namun hal itu terbantahkan seiring banyaknya aduan dan penelitian jika menggunakan teknologi berlebihan pada anak akan mempengaruhi karakter dan mental sang anak.

anak mudah marah dan agresif (mediasehatku.com)

Mungkin kamu pernah menyaksikan, dimana ada anak kecil yang seharian main gadget namun saat gadgetnya diminta ia ngamuk tidak terkendali. Menurut para ahli, penggunaan teknologi berlebihan pada anak, bisa mengakibatkan gangguan kejiwaan seperti  kurang konsentrasi, kecemasan, autisme, bipolar, serta perilaku bermasalah lainnya.

Kecanduan gadget pada anak juga bisa mengakibatkan depresi dan bipolar (infonyabagus.com)

Selain itu, game-game yang banyak ditemukan di teknologi hampir selalu mengandung unsur kekerasan. Baik itu game perang, petualangan, terlebih game perkelahian. Inilah yang akan ditiru anak-anak sehingga ia akan berperilaku agresif. Belum lagi dengan konten pornografi yang bertebaran di dunia maya, tentu sedikit banyak akan mempengaruhi fikirannya.

Terkena radiasi dan gangguan pada mata

Dampak bahaya kecanduan gadget pada anak selanjutnya ialah tentang bahaya radiasi. Sebagaimana diketahui, radiasi yang dihasilkan oleh gadget cukup berbahaya bagi tubuh manusia. Bahkan salah satu dampak kanker otak diakibatkan dari radiasi ini.

Bahaya radiasi gadget bagi otak manusia (hipwee.com)

Tidak hanya bahaya radiasi, sinar biru atau blue light yang dipancarkan layar gadget juga sangat berbahaya bagi mata. Sinar biru yang dihasilkan layar gadget disinyalir dapat merusak retina mata bahkan bisa mengakibatkan hal terburuk, yaitu kebutaan.

Itulah bahaya yang diakibatkan jika anak mulai kecanduan gadget secara berlebihan. Sebagai orang tua dan yang dewasa, kita patut mengawasi anak-anak dan adik-adik kita agar bisa bijak menggunakan teknologi.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Sebelum Kamu Minder dengan Pekerjaan Mapan Orang Lain, Ingatlah 5 Hal Ini

Daripada Dijadikan Kelemahan, Akan Lebih Bijak Jadikan Mantan Sebagai Motivasi Menuju Kebahagiaan