Ini yang Akan Terjadi Jika Ibu Kota Jadi Pindah Ke Palangkaraya

Setuju gak kalo Ibu Kota Pindah?

355
SHARES

Isu perpindahan Ibu Kota Indonesia kembali mencuat di kalangan masyarakat kita. Adanya perpindahan Ibu Kota Indonesia ke luar pulau Jawa sebenarnya sudah lama diusulkan oleh beberapa pihak. Bahkan saat Presiden Soekarno masih menjabat menjadi presiden, wacana perpindahan Ibu Kota ke Palangkaraya sudah ada.

Wacana pindahnya Ibu Kota ke Palangkaraya sudah ada semenjak Presiden Soekarno masih menjabat (infobimo.blogspot.co.id)

Wacana pindahnya Ibu Kota tentu bertujuan untuk menicptakan kondisi Ibu Kota yang lebih baik. Namun adanya wacana terbut tidak lantas tanpa adanya nilai positif dan negatifnya. Inilah yang akan terjadi jika Ibu Kota pindah ke Palangkaraya.

1. Pembangunan di Palangkaraya akan maju pesat

Adanya wacana perpindahan Ibu Kota Indonesia ke palangkaraya langsung disambut positif oleh pemerintah daerah Palangkaraya, bahkan pemerintah daerah palangkaraya sudah menyiapkan 500.000 hektar lahan untuk fasilitas Ibu Kota baru.

Jika Palangkaraya menjadi Ibu Kota, maka pembangunan akan mengamai kemajuan yang sangat pesat (okezone.com)

Jika Ibu Kota Indonesia pindah ke Palangkaraya, tidak menutup kemungkinan pembangunan fisik di Kalimantan Tengah, khususnya Palangkaraya akan mengalami kemajuan secara drastis. Sebeb, sebagai Ibu Kota tentu Palangkaraya membutuhkan fasilitas umum yang mumpuni, seperti transportasi umum, jalan, gedung-gedung pencakar langit, dan fasilitas umum lainnya.

2. Jakarta tidak akan semacet sekarang

Parahnya kemacetan yang terjadi di Jakarta saat ini salah satu penyebabnya ialah kompleksitasnya Jakarta sebagai Ibu Kota. Saat ini, Jakarta sebagai Ibu Kota memiliki kompleksitas kegiatan yang tinggi seperti persoalan politik, bisnis, dan wisata. Inilah yang menjadikan Jakarta saat ini carut marut.

Kemacetan di Jakarta terjadi karena kompleksitas persoalan (letterview.com)

Ketika terjadi persoalan politik seperti demo besar, persoalan ekonomi bisnis negara pun terpengaruh. Nah dengan pindahnya Ibu Kota ke Palangkaraya, setidaknya konsentrasi persoalan politik tidak terfokus di Jakarta.Dampaknya tentu carut marut Jakarta seperti kemacetan pun berkurang.

3. Palangkaraya akan menjadi kota utama tujuan merantau

Ada gula ada semut, itulah konsep bisnis yang biasa kita anut. Artinya dimana ada keramian, disitu ada peluang untuk berbisnis. Seandainya Palangkaraya menjadi Ibu Kota, tentu kota ini akan mengalami peningkatan keramaian yang drastis.

Kota Palangkaraya akan menjadi kota tujuan merantau (ristiyono.files.wordpress.com)

Nah, sesuai dengan konsep bisnis diatas, tidak menutup kemungkinan Palangkaraya akan menjadi kota utama merantau bagi masyarakat Indonesia. Terlebih dengan stigma masyarakat kita yang masih menilai bekerja di Ibu Kota merupakan sebuah gengsi tersendiri.

4. Perekonomian Palangkaraya semakin menguat

Dengan laju pembangunan yang semakin pesat, mulai didatangi banyak orang, dan menjadi Ibu Kota negara Indonesia, hampir bisa dipastikan hal itu akan membuat perekonomian di Palangkaraya semakin menguat.

Sebagai Ibu Kota baru, Palangkaraya akan menagalai pertumbuhan ekonomi yang positif (ivoox.id)

Sebagai Ibu Kota yang masih memiliki banyak lahan luas, Palangkaraya tentu bakalan menarik hati para investor untuk membangun usaha di Ibu Kota baru tersebut. Hal inilah yang akan menjadikan perekonomian Palangkaraya menguat, dan tidak menutup kemungkinan hal ini juga berpengaruh dengan upah minimum daerah yang akan naik juga.

5. Tidak ada lagi istilah Jakartasentris

Istilah Jakartasentris memang sering kita dengar, terutama jika kita mengamati media massa kita. Hampir setiap hari berita yang disiarkan kebanyakan persoalan Jakarta, baik itu ekonomi, sosial, politik, maupun trend yang berkembang.

Jakartasentris akan tidak ada jika Ibu Kota pindah (konsumenreview.com)

Dengan pindahnya Ibu Kota ke palangkaraya, tentu media sebagai penggiring opini masyarakat tidak akan lagi terfokus dengan persoalan Jakarta, persoalan-persoalan Ibu Kota Palangkaraya akan lebih banyak diekspose.

Itulah lima hal yang  bisa terjadi seandainya Ibu Kota Indonesia di[indah ke Palangkaraya, menurut kalian perlu gak sih Ibu Kota dipindah dari Jakarta? Jawab pendapatmu di komentar ya gaes.

 

355
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,