Ingin Berlibur ke Luar Negeri Namun Terkendala Soal Dana? Begini Cara Hematnya

Buat kamu yang ingin berlibur ke luar negeri tapi budget minim, sila praktekan tips ini.

Berlibur ke luar negeri bisa jadi menjadi sebuah impian setiap orang, namun sayangnya tidak semua orang bisa mewujudkan impiannya tersebut. Kendala utama yang paling banyak ditemui ialah karena persoalan anggaran.

Siapa nih yang mau berlibur ke luar negeri? (simomot.com)

Budget yang harus kamu keluarkan untuk bisa berlibur ke luar negeri memang tidak bisa terbilang murah. Untuk ukuran anak sekolah, mahasiswa, dan anak muda yang penghasilannya masih pas-pasan, kamu perlu menabung beberapa bulan untuk bisa berlibur ke luar negeri.

Namun sebenarnya ada alternatif untuk jalan-jalan ke luar negeri dengan budget yang lebih bersahabat untuk anak muda. Bagaimana caranya?

Jangan malu untuk berburu promo

Buat yang ingin berlibur ke luar negeri dengan anggaran hemat, maka salah satu yang harus kamu lakukan ialah dengan berburu promo liburan. Promo disini bisa meliputi promo tiket pesawat, promo penginapan, sampai promo agen travel perjalanan di negara yang kamu tuju.

Berburu promo agar lebih murah (bukalapak.com)

Biasanya, saat sedang ada promo tiket pesawat atau penginapan, kita bisa menghemat anggaran dari 10 sampai 30%. Lumayan kan bisa lebih hemat. Khusus untuk tiket pesawat, agar kamu bisa mendapatkan harga lebih murah, kamu bisa memesannya dahulu jauh-jauh hari.

Berlibur saat low season

Sebelum memutuskan untuk berlibur ke luar negeri, kamu perlu mencari tahu dulu karakteristik waktu liburan di negara yang akan kamu tuju. Soal waktu liburan, biasanya ada tiga istilah yang populer di kalangan pelancong, yakni low season, high season, dan peak season.

Low season tempat wisata lebih sepi (justgola.com)

Lalu apa yang dimaksud dengan  ketiga waktu liburan tersebut? Untuk low season ialah waktu dimana negara yang kamu tuju sedang bukan musim liburan. Saat seperti ini, biasanya segala biaya di tempat wisata yang kamu tujuh akan jauh lebih murah. Keuntungan liburan saat low season ialah selain biaya jauh lebih murah, tempat wisata juga lebih sepi dan nyaman.

Adapun untuk high season, ialah waktu dimana negara yang kamu tuju memang sedang musim liburan. Saat musim ini, biaya wisata biasanya naik 30-50%. Saat seperti ini biasanya bertepatan dengan liburan sekolah.

Biaya saat low season juga lebih muarh (ciricara.com)

Sedangkan untuk peak season, ialah musim puncak liburan yang biasanya musim liburan di berbagai negara bersamaan. Seperti liburan natal sampai tahun baru. Jika kamu ingin wisata hemat, hindari liburan di musim ini. Sebab biasanya beberapa harga yang berkaitan dengan liburan akan melejit tinggi. Bahkan menurut laman agen wisata, kenaikan hotel bisa mencapai 100-250% loh.

Wisata ala backpaker

Pernah menonton acara “Ransel Vs Koper” di sebuah stasiun televisi? Acar tersebut menggambarkan bagaimana perbandingan berlibur antara backpaker dengan wisatawan berduit. Jika kita lihat perbandingan pengeluaran keduanya, selisihnya bisa mencapai 60%. Artinya, semisal kamu pergi berwisata ke Singapur seharusnya mengeluarkan uang Rp, 10 juta, namun saat backpakeran kamu cukup mengeluarkan Rp, 4 juta.

Backpaker lebih hemat tentunya (googleapis.com)

Kenapa selisihnya sangat jauh? Karena backpaker biasanya tidak begitu pilih-pilih fasilitas, ia lebih menyukai fasilitas low budget yang penting bisa berlibur. Seperti contoh, ia tidak menginap di hotel melainkan hanya penginapan biasa yang biayanya jauh lebih murah. Pun dalam memilih transportasi maupun makan, mereka memilih yang lebih murah meskipun fasilitasnya ala kadarnya.

Backpaker juga tidak mementingkan oleh-oleh untuk orang di rumah, sebab yang menjadi prioritasnya ialah bagaimana dia bisa berlibur dengan uang pas-pasan dan tidak menyusahkan orang lain.

Backpaker perlu keberanian dan kesiapan matang (ohayo.co.id)

Namun jika kamu pemula dalam backaperan ke luar negeri, alangkah lebih baiknya kamu bergabung dengan komunitas backpaker Indonesia. Sebab biasanya mereka mengadakan backpakeran ke luar negeri dengan beberapa orang.

Itulah beberapa tips agar kamu bisa berwisata ke luar negeri dengan jauh lebih hemat. Selain hal di atas, yang kamu perhatikan agar lebih hemat ialah nilai tukar rupiah. Sebab jika kamu ingin berlibur ke Eropa atau Amerika, kurs nilai tukar rupiah akan sangat terasa berpengaruh dengan besaran pengeluaranmu.

 

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *