“Info Twitwor”, Akun Twitter yang Mendedikasikan Diri Untuk Membela Netizen dari Selebtwit Sombong

Akun ini mengusung jargon “Netizen bersatu tak bisa dikalahkan”

Twitter mungkin adalah salah satu platform media sosial yang mengalami pasang surut di Indonesia. Sempat booming di tahun 2009-an, Twitter lantas meredup karena banyak penggunanya beralih ke Path atau Instagram (ingat, dulu Instagram hanya bisa dinikmati secara eksklusif oleh pengguna iPhone).

Baca juga : Inspiratif! Guru Ini Ajarkan Bahaya Bullying pada Muridnya Melalui Dua Buah Apel

Padahal, Twitter sebagai media sosial berjenis micro blogging menawarkan banyak hal menarik yang jarang dijumpai di berbagai jenis media sosial lainnya. Kini, setelah cukup lama ditinggalkan para penggunanya di Indonesia, Twitter kembali ramai. Salah satunya berkat peran akun anonim bernama @InfoTwitwor.

Apa itu Info Twitwor?

Bagi kamu yang aktif menggunakan Instagram, keberadaan akun-akun gosip macam Lambe Turah mungkin adalah hiburan yang menarik. Melalui akun tersebut, kita disuguhi drama kehidupan para selebritis maupun hal-hal lainnya yang menurut admin Lambe Turah menarik untuk di share kepada followers-nya. Tapi itu semua rasanya kian membosankan, meskipun kita mungkin masih bisa mengambil hiburan dari ngerinya netizen berkomentar di tiap postingan Lambe Turah dan akun-akun sejenis.

Tweet War konyol macam inilah yang membuat Info Twitwor menjadi alternatif hiburan netizen – Twitter

Di sela-sela kejenuhan itulah netizen mendapat hiburan baru dari dunia Twitter. Info Twitwor (pelesetan dari Tweet War, semacam adu argumen di Twitter) muncul dengan misi awal mendokumentasikan Tweet War antar Selebtwit (selebritas Twitter) yang dulu sering terjadi. Kalau kamu masih ingat, salah satu Tweet War legendaris di Indonesia adalah Arman Dhani VS Zarry Hendrik yang sempat membuat Zary memutuskan tutup akun sementara waktu (walaupun modelnya adalah berbalas tulisan panjang, ini bisa dikategorikan Tweet War). Info Twitwor hadir untuk mengakomodasi itu semua. Jadi netizen yang penasaran akan Tweet War yang dilakukan oleh selebtwit atau orang ternama lainnya, bisa langsung mengikuti detilnya secara kronologis.

Salah satu percakapan twit netizen yang diabadikan oleh Info Twitwor

Perlahan, cakupan Tweet War yang masuk dalam radar Info Twitwor kian meluas. Akun yang sampai detik ini masih tak diketahui siapa pengelolanya itu bahkan mulai membeberkan Tweet War tentang apa saja, mulai dari sesama netizen, netizen dengan admin operator telepon seluler, hingga netizen dengan Selebtwit. Hal ini dikarenakan followers Info Twitwor kian bertambah dan banyak yang mengusulkan agar akun ini juga mem-posting aneka Tweet War, baik yang berbobot atau tidak. Tujuannya jelas, untuk memberi hiburan murah meriah yang merakyat, karena terkadang kita akan menemukan Tweet War yang isinya tak berfaedah dan kurang berbobot, namun luar biasa menghibur sekaligus menunjukkan betapa tingkah laku netizen bisa sedemikian absurdnya.

Misi membela netizen dari Selebtwit sombong

Belakangan, Info Twitwor kian moncer namanya karena membela netizen dari para Selebtwit sombong. Menurut sang admin, Selebtwit toh sama-sama manusia biasa. Jadi para netizen tak perlu memujanya setinggi langit. Bukan tanpa sebab jika Info Twitwor mengatakan hal tersebut. Pasalnya, ternyata cukup banyak netizen yang akhirnya dimanfaatkan oleh so called Selebtwit untuk kepentingannya masing-masing. Ada juga yang lambat laun ketahuan bahwa persona aslinya tidak seramah yang selama ini dicitrakan di media sosial.

Salah satu curhatan netizen pada Info Twitwor tentang salah seorang selebtwit – twitter

Salah satu pembelaan Info Twitwor yang paling ramai jadi perbincangan adalah saat akun ini menyerang balik Ika Natassa (penulis novel Critical Eleven), Jenny Jusuf (penulis skenario Filosofi Kopi) dan Alexander Thian (penulis buku The Not So Amazing Life of Amrazing) gara-gara masalah pembajakan.

Ika Natassa curhat pada Bekraf soal kurangnya kesadaran masyarakat akan hak cipta, namun dulu ia pernah mencuit bahwa dirinya mendownload drama Korea melalui Torrent yang tentunya ilegal – twitter

Alkisah, Ika Natassa bersama Jenny Jusuf pernah beberapa kali ketahuan ‘menyerang’ followers mereka yang ingin menonton film Critical Eleven melalui media ilegal, entah DVD bajakan atau tayangan di YouTube dan website penyedia streaming film ilegal. Sebenarnya wajar kalau kedua orang ini berapi-api menyerang mereka yang menikmati Critical Eleven melalui jalur ilegal, karena film tersebut melibatkan keduanya (Ika Natassa menulis novelnya sekaligus turut mengerjakan naskah filmnya bersama Jenny Jusuf beserta Monty Tiwa dan Robert Ronny). Logisnya, siapa sih yang mau karyanya dibajak orang? Apalagi jika karya tersebut dibuat dengan curahan pikiran, tenaga dan dana tak sedikit.

Jenny Jusuf dan Alexander Thian saat mencuit soal DVD bajakan – twitter

Info Twitwor dengan segera mempublikasikan screenshot cuitan keduanya (plus Alexander Thian) di masa lalu yang berisi ‘pengakuan’ bahwa mereka juga merupakan penikmat konten ilegal, mulai dari mendownload film serial hingga belajar bahasa Inggris melalui DVD bajakan. Netizen pun lantas ramai memperbincangkan hal ini karena menilai Ika Natassa and co. memiliki standar ganda. Galak pada pembajak dan penikmat bajakan, tapi sendirinya juga menikmati produk bajakan.

Netizen bersatu tak bisa dikalahkan

Semenjak itulah Info Twitwor lantas menjadi jujugan para netizen yang merasa diperlakukan semena-mena oleh Selebtwit. Beberapa waktu terakhir, Info Twitwor bahkan mempublikasikan curhatan beberapa orang netizen yang mengaku dimanfaatkan oleh oknum Selebtwit. Atas ‘hobi’ Info Twitwor membela netizen inilah akhirnya banyak Selebtwit yang memilih untuk mem-block akun tersebut.

Cuitan admin Info Twitwor untuk menyemangati para netizen dari Selebtwit – Twitter

Meski sering dicibir oleh para Selebtwit, akun ini mendapat banyak dukungan dari netizen karena dianggap mewakili suara mereka. Tak hanya itu, akun dengan jumlah followers mencapai 37,7 ribu orang ini juga menjadi tempat mencari hiburan karena kerap menampilkan sisi lain netizen Indonesia yang gemar berdebat mengenai hal-hal sepele dengan cara-cara yang memancing gelak tawa. Tak heran kalau banyak followers akun ini yang beranggapan bahwa Info Twitwor jauh lebih menarik dari Lambe Turah.

Nggak percaya? Buktikan saja sendiri!

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Waduh! Menurut Penelitian, Kaum Millenial Lebih Miskin Daripada Generasi Pendahulunya

Ngajak Tunangan Ceweknya, Cowok Ini Malah Diputusin Secara Kejam!