Info Cegatan Jogja, Grup Facebook yang Lebih Cepat dari Polisi

Berawal dari razia lalu-lintas hingga ke info-info tak terduga lainnya

206
SHARES

Bagi kamu yang tinggal di Yogyakarta dan sekitarnya pasti familiar dengan grup Facebook bernama Info Cegatan Jogja (ICJ), kan? Grup yang terbilang unik ini boleh jadi merupakan salah satu grup paling fenomenal di Kota Gudeg. Buktinya, hingga artikel ini ditulis, ICJ telah memiliki 576.972 ‘anggota’ yang terdaftar di grup Facebook-nya dan tak pernah sepi dengan update informasi seputar lalu-lintas dan hal-hal unik lainnya.


ICJ pertama kali berdiri pada bulan September 2013 dan digagas oleh pria bernama Antok yang kini biasa disebut presiden oleh para anggota komunitas ICJ itu sendiri. ICJ semula memang ditujukan untuk berbagi informasi mengenai adanya razia lalu-lintas (cegatan) dengan tujuan mengingatkan anggotanya agar tak lupa dengan surat-surat serta kelengkapan yang diperlukan dalam berkendara. Kian hari, grup ini kian besar dan tak lagi hanya fokus pada info cegatan, namun juga kecelakaan lalu-lintas dan tindak kriminal seperti pencurian dan info kehilangan barang.

Lebih cepat dari polisi

Kekuatan media sosial memang tak bisa diremehkan. Hal ini terasa sekali di ICJ, karena banyak informasi seputar lalu-lintas dan tindak kriminal yang justru lebih dahulu diketahui grup ini, bahkan sebelum polisi menginjakkan kaki di TKP (Tempat Kejadian Perkara). Tak heran, member ICJ tersebar luas di seluruh daerah di Yogyakarta dan dengan senang hati langsung memberikan update nformasi di Facebook untuk segera diketahui oleh seluruh membernya. Itulah sebabnya saat ini telah banyak anggota kepolisian di Yogyakarta yang turut bergabung menjadi member ICJ di Facebook agar bisa segera mengetahui info terkini yang memerlukan penanganan pihak kepolisian. Luar biasa!

Tak jarang, info-info semacam ini juga muncul di ICJ – Facebook ICJ

Kecepatan arus informasi di dunia maya ini pula yang membuat ICJ berkembang tak lagi berkutat seputar razia lalu-lintas, namun juga apa saja yang membutuhkan penanganan. Maka tak heran jika di ICJ pun kita bisa mengumumkan informasi kehilangan, informasi jalan berlubang yang perlu diperbaiki, informasi arah jalan, hingga pertanyaan di luar konteks ICJ seperti pertanyaan mengenai obat dari suatu penyakit! Selain itu, bagi oknum pelaku kriminal semisal pencuri yang wajahnya sempat teridentifikasi juga harus bersiap tak tenang hidupnya jika ada member ICJ yang mengunggahnya di grup, karena itu berarti cepat atau lambat ia akan tertangkap polisi dan barang hasil kejahatannya akan segera kembali pada pemiliknya.

Mengutamakan solidaritas

Sebagai sebuah komunitas yang mempunyai anggota hingga ratusan ribu, ICJ dikenal mempunyai rasa solidaritas tinggi. Tak hanya memberikan informasi-informasi penting yang bermanfaat bagi pengguna jalan, para member ICJ juga gemar memberi bantuan bagi mereka yang membutuhkan pertolongan seperti mencarikan bensin karena mogok kehabisan bensin, mendorong motor atau mobil yang mogok, menambal ban motor yang bocor, hingga membantu anggota keluarga member ICJ lain yang sakit.

Tak hanya pada masyarakat Yogyakarta, ICJ juga menunjukkan solidaritasnya pada daerah lain – faster86.com

Tidak hanya aktif di dunia maya, para member ICJ juga kerap berkumpul di beberapa titik di Yogyakarta untuk menghadiri acara Kopdar ICJ atau Kopi Darat ICJ. Melalui forum rutin tersebut, biasanya dilakukan pembahasan mengenai berbagai permasalahan yang sedang hangat di Yogyakarta, termasuk bergotong royong iuran untuk membantu warga yang benar-benar membutuhkan bantuan.

Wah, benar-benar grup yang penuh manfaat ya!

206
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~