5 Alasan Mengapa Independence Day: Resurgence Gagal Total

Tanpa Will Smith, sekuel film sci-fi dua dekade yang lalu ini sama sekali tak mempunyai kekuatan bintang

Target penghasilan pemutaran perdana Independence Day: Resurgence di Amerika sudah ditetapkan rendah, $ 50.000.000. Namun nyatanya, pemasukan yang diperoleh tak lebih dari $ 41.600.000. Perbandingannya, Independence Day yang dirilis pada tahun 1996 berhasil memperoleh $ 50.200.000 di Amerika dan $ 102.000.000 di seluruh dunia dan membawanya memuncaki daftar film Hollywood. Secara keseluruhan, film dua dekade yang lalu itu mengumpulkan $ 817.400.000 di seluruh dunia.

(Via youtube.com)

Perbandingan lain, biaya produksi keseluruhan Independence Day adalah $ 75.000.000, sedangkan Fox membutuhkan sekitar $ 165.000.000 (belum termasuk biaya pemasaran) untuk membangun Independence Day: Resurgence.

Mengapa film invansi alien versi 2016 ini dicap gagal oleh banyak kalangan? 5 alasan berikut ini akan membuatmu paham.

1. Will Smith tidak lagi menjadi bagian dari pahlwan Bumi

Seorang pemimpin di perang 1996 dan tidak kembali untuk sekuel dua dekade kemudian adalah sebuah kekurangan. Fox dikabarkan sudah mencoba bertahun-tahun membujuk Smith untuk bermain di Independence Day: Resurgence, namun tidak berhasil. Smith menolak tawaran itu karena disaat yang bersamaan dia harus menyelesaikan syuting film produksi Warner Bros, Suicide Squad. Tanpa karakter terbesar di film pertama, ‘Resurgence’ benar-benar menderita.

(Via eonline.com)
(Via eonline.com)

2. Liam Hemsworth tidak berhasil membangun film

Yang termuda dari Hemsorth bersaudara, Liam, telah memperoleh banyak keberhasilan di seri Hunger Games saat memerankan tokoh Gale Hawthorne. Namun di Independence Day: Resurgence, aktor Australia ini belum bisa memegang tanggung jawab sebagai pemimpin tim dengan baik.

(Via foxmovies.com)
(Via foxmovies.com)

3. Aktor-aktor yang kembali dari film pertama bukanlah para bintang

Kesan sebuah film resurgence (bangkit kembali) mungkin akan menambah daya tarik penonton seperti ketika seri Die Hard dibuat dengan Bruce Willis-nya. Namun sulit mengatakan bahwa Jeff Goldblum, Vivica A. Fox, dan Bill Pullman adalah bintang box office, bahkan 20 tahun yang lalu.

(Via movpins.com0
(Via movpins.com0

4. Memperoleh review yang buruk

Skor Rotten Tomatoes untuk Independence Day: Resurgence tidak beranjak dari 33% karena banyaknya kritikus yang menyorot efek visual yang tidak mengesankan, alur cerita membosankan, dan banyaknya hal klise seperti “We’re gonna kick some alien ass.” Sebagai pengingat, Independence Day memperoleh skor 62% di Tomatometer, tidak besar, namun tidak seburuk sekuel-nya saat ini.

Via inovasee.com)
(Via inovasee.com)

5. 20 tahun adalah jarak yang terlalu lama

Saat ini, setiap film terlaris dalam kategori apapun akan mendapatkan sekuel. Film Frozen (2013) dari Disney adalah salah satu contoh. Film yang menjadi film animasi terbaik sepanjang masa itu langsung mendapat hadiah berupa sekuel, Frozen Fever, dua tahun kemudian. Dalam kasus Independence Day: Resurgence, film ini terlambat 20 tahun untuk menyusul pendahulunya.

(Via screenrant.com)
(Via screenrant.com)

Baca juga: 5 Pertanyaan yang Harus Dijawab Independence Day: Resurgence

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *