Kocak, Iklan Es Krim Ala Sinetron Kolosal Ini Viral Hingga Mancanegara

Lengkap dengan adegan silat dan terbang menunggangi elang

389
SHARES

Dalam memasarkan sebuah produk ke masyarakat, produsen kerap menawarkan produknya melalui iklan komersial. Entah melalui media cetak, maupun media audiovisual. Hal ini perlu dilakukan, apalagi bagi sebuah produk yang namanya masih belum terlalu familiar di masyarakat.


Meski begitu, membuat materi iklan tak bisa sembarangan karena ada citra produk yang menjadi taruhannya. Kalau iklannya mampu lekat di ingatan masyarakat, bukan tak mungkin jika produknya kemudian laris manis tanjung kimpul. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat sebuah iklan yang mudah diingat, dan salah satu produsen es krim ini terbilang cerdas dalam membuat konten iklan yang viral dan melekat di ingatan.

Ala sinetron kolosal

Sudah sejak tahun 80-an masyarakat Indonesia familiar dengan film ataupun sinetron bergenre kolosal macam Saur Sepuh, Misteri Gunung Merapi dan lain sebagainya. Genre ini biasanya mengambil bahan dari cerita rakyat maupun legenda yang berkembang luas. Hal inilah yang kemudian menginspirasi Indoeskrim dalam membuat tayangan berjudul “Kisah Legenda Nusantara” yang sekaligus merupakan konten iklan bagi produk es krimnya.

Sang Raja nampaknya lupa mengaktifkan Flight Mode di ponselnya. Eh, ini naik elang sih ya, bukan pesawat – YouTube

Layaknya sebuah sinetron kolosal, Kisah Legenda Nusantara menampilkan tokoh-tokoh dengan pakaian jaman dahulu, dibumbui dengan adegan-adegan silat, dialog yang di dubbing, manusia dengan tunggangan elang raksasa dan yang paling mencengangkan adalah kemunculan telepon seluler dengan bingkai emas yang juga bisa mengoperasikan aplikasi peta digital. Luar biasaaaaa!

Jalan cerita

Iklan esk krim berlatar zaman kerajaan itu dibuka dengan konflik dua orang bersaudara yang bertengkar karena si kakak mengambil makanan adiknya. Punggawa kerajaan yang melihat perseteruan kakak-beradik itu lantas melaporkannya pada Sang Ratu menggunakan walkie talkie. Iya, walkie talkie! Sang Ratu pun datang dan bermaksud menghentikan pertengkaran tersebut.

Selain menggunakan ponsel ber-OS Android, casing handphone Sang Ratu pun terlihat mewah dengan ukiran-ukiran – YouTube

Tak dinyana, kedua bersaudara justru berontak dan melukai ibunya. Merasa gagal, Sang Ratu pun menelepon Sang Raja lewat ponsel. Sang Raja yang tengah asik mengendarai elang raksasa pun meluncur menuju lokasi perkelahian. Agar tak tersesat, aplikasi peta digital pun digunakan untuk memberikan bantuan navigasi.

Saya kira, orang di jaman dulu menyimpan persedian air minum di kendi tanah liat. Ternyata saya salah, karena dispenser sudah ada di jaman itu – YouTube

Pertikaian pun bisa diselesaikan dengan campur tangan Sang Raja berkat bantuan es krim aneka rasa dari Indoeskrim. Kejutan belum usai. Meskipun kita sudah kadung gegar jaman karena melihat aplikasi peta digital di jaman kerajaan, nyatanya di dalam istana juga tampak banyak peralatan modern macam dispenser air, microwave dan alat penanak nasi. Agar terkesan klasik, semua peralatan modern tadi dibalut dengan bungkus ala nusantara.

Viral hingga mancanegara

Iklan kocak berdurasi 3 menit itu sontak menjadi viral dan mendapat banyak respon dari warganet Indonesia. Mulai dari pujian karena kreatif memadukan cerita kolosal dengan kehidupan modern hingga cibiran sebab terkesan kurang elegan. Meski begitu, iklan dengan guyonan terselubung itu bahkan kini menduduki peringkat kelima untuk trending YouTube Indonesia dengan jumlah penonton mencapai 817 ribu orang.

9GAG memposting video ini ke akunnya dan langsung mendapat jutaan views – Instagram

Tak hanya itu, tayangan iklan ini tak hanya viral di dalam negeri saja, karena warganet mancanegara pun telah menonton video tersebut setelah diposting ulang melalui akun Instagram 9GAG, sebuah portal komedi yang mahsyur namanya di kalangan warganet milenial. Hingga artikel ini dituliskan, video tersebut telah disaksikan oleh 9,5 juta orang dan mendapat lebih dari 800 ribu like dari seluruh belahan dunia.

Kalau sudah begini, bisa dipastikan iklan dari Indoeskrim itu akan lekat di ingatan masyakarat Indonesia hingga bertahun-tahun mendatang.

389
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~