Ijasah 5 Jurusan Kuliah yang Sebentar Lagi Nggak Laku karena Teknologi

Karena banyak diminati, nomor 1, 2, dan 4 bener-bener bikin nyesek banyak orang!

Pasti kamu pernah nonton film yang mengisahan bahwa di masa depan, superioritas manusia telah digantikan oleh robot dan teknologi. Saya kira, cerita dalam film-film itu tidak seluruhnya fiktif. Karena sekarang, kita sudah mulai merasakan diskriminasi dimana manusia seakan sudah tidak berguna lagi.

Baca juga : Remaja “Jaman Now” Nggak Bakal Tahu Gregetnya Gaya Pacaran Ala Generasi 90an

Sadarlah, kita sudah berada di masa depan. | sickchirpse.com

Sebentar lagi, kemajuan teknologi dan kedigdayaan robot siap mengambil alih banyak pekerjaan yang dulu lumrah dilakukan oleh manusia. Lantas, apa solusinya? Tentu saja, kita harus terus bertahan dengan berusaha sekuat mungkin agar bisa bersaing dengan kekuatan teknologi di masa depan.

Salah satu caranya adalah dengan cerdas memilih pendidikan yang akan kita ambil. Gelar sarjana apa yang sebaiknya kita miliki? Sebagai gambaran agar kamu tidak menyesal di kemudian hari, hindari memilih gelar-gelar sarjana di bawah ini, yang akan segera hilang karena teknologi.

1. Gelar akuntansi

Sejak dulu peran seorang akuntan memang sangat vital di setiap perusahaan. Tapi sekarang, sudah semakin banyak perusahaan yang menggunakan jasa akuntan online. Karena itu, sebaiknya kamu hindari akuntan pajak dan lebih memprioritaskan bagian keuangan yang lebih dinamis dalam karir.

Saat ini, sudah banyak sistem akuntansi online yang mampu menggantikan peran manusia dengan baik. | finance.aopa.org

2. Gelar perhotelan dan pariwisata

Semakin berkembangnya mesin-mesin check-in, jelas membuat posisi agen perjalanan dan agen perhotelan sangat tidak aman. Jadi, tidak perlu mengambil jurusan ini kalau kamu ingin bekerja di hotel atau pariwisata, sebab sekarang, industri menggiurkan ini sudah banyak digantikan oleh teknologi.

Pemandangan seperti ini akan semakin jarang karena sudah bertebaran mesin-mesin check-in di banyak perhotelan. | papasemar.com

3. Gelar paralegal

Paralegal adalah pekerjaan yang tugasnya membantu pengacara. Meskipun pekerjaan ini dipakai di banyak negara, tapi tetap saja, paralegal bukanlah pengacara atau pun petugas pengadilan. Dan kini, sebagian besar tugas paralegal bisa dengan mudah dilakukan oleh komputer, bahkan secara online.

Paralegal bukanlah pengacara atau pun petugas pengadilan, jadi posisinya benar-benar mengkhawatirkan. | wisegeek.com

4. Gelar broadcasting

Satu fakta yang harus kamu tahu adalah, dunia broadcasting akan selalu berubah-ubah. Alasannya, perkembangan teknologi yang semakin massive tidak bisa lagi menjamin bahwa televisi adalah satu-satunya saluran berita di masa depan. Karena itu, jangan pernah tergiur dengan manisnya gelar ini.

Dunia broadcasting selalu berubah, tidak mungkin hanya terpaku pada industri televisi saja. | umn.ac.id

5. Gelar farmasi

Tahukah kamu kalau sekarang sudah banyak sekali toko obat yang beralih dari sistem konvensional ke sistem cerdas nan efektif seperti pick up atau drop off? Memang, peracikan masih dilakukan langsung oleh manusia, tapi semakin ke sini, dunia farmasi semakin sempit dan tidak menjanjikan masa depan.

Solusi terbaik, silahkan langsung pilih gelar dokter saja karena pekerjaan ini tidak akan pernah tergantikan.

Sistem pick up atau drop off yang diterapkan di dunia farmasi akan semakin memojokkan peran manusia. | job-like.com

Apa yang saya tulis ini mungkin sedikit membuatmu kesal. Tapi percayalah, tidak ada yang lebih membuat kesal dari ketidakbergunaan keahlian yang kita miliki, di masa depan.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: “Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal.”

Girls, Jika Cowokmu Masih Mempertanyakan Berat Badanmu, Kamu Patut Mempertanyakan Keseriusan Cintanya Juga!

Ada Penjelasan Ilmiah Kenapa Orang yang Berjodoh Itu Cenderung Mirip