Jika Hubungan Ternoda Perselingkuhan, Menurut Kamu Lebih Baik Hentikan atau Lanjutkan?

Sekali lagi, diselingkuhi itu menyakitkan!

1.3k
SHARES

Bagi sebuah hubungan cinta, perselingkuhan menjadi permasalahan yang cukup fatal. Bahkan sangat fatal untuk menghancurkan hubungan yang sudah terjalin lama sekalipun. Untuk merasakan kesenangan sementara ini, ada harga mahal yang harus dibayarkan. Perjuanganmu dan dia yang penuh haru-biru, kepercayaan yang kalian bangun dan dirawat sejak awal, dan hubungan yang telah kalian bina menjadi ‘tumbal’ hanya untuk kesenangan sementara, perselingkuhan.

Namun tidak semua pasangan memilih berpisah paska perselingkuhan. Ada juga pasangan yang mau memaafkan dan memilih mempertahankan hubungan yang sudah terjalin dengan susah payah. Memang sulit, bahkan sangat sulit untuk bisa tetap berjalan setelah jatuh karena orang ketiga, apalagi jika kamu sebagai “korban”.

Hubungan yang ternoda perselingkuhan (rd.com)

Saat kamu dikecewakan dan kepercayaanmu dirusak, tinggalkan menjadi pilihan. Apalagi jika cinta sudah tidak ada lagi dalam hubungan kalian. Namun ada juga yang mengatakan bahwa cinta bisa merubah seseorang menjadi lebih baik. Dan perubahan itu bisa kamu lihat ketika kamu memberikan kesempatan kedua padanya. Sungguh pilihan yang sulit kan? Untuk kamu yang sedang dalam posisi ini, mungkin beberapa poin berikut bisa membantumu mengambil keputusan.

Atur jarak darinya dan lihatlah masalah ini dari berbagai sudut pandang

Tak ada gunanya terus-menerus menyalahkan diri sendiri, dia maupun keadaan. Semuanya telah terjadi, ada orang ketiga dalam hubungan kalian. Daripada terus-menerus terpuruk akan lebih bijak kamu ambil jarak untuk sementara waktu. Ambil jarak darinya dan dari semua tentang kalian.

Atur jarak dengannya (verilymag.com)

Gunakan waktu sepuasmu untuk menenangkan diri, menjernihkan kembali pikiran, berpikir, merenung dan kemudian ambil keputusan. Pikirkan dengan baik kemana kamu akan melangkah setelah masalah ini. Cari berbagai jawaban dan kemungkinan dari banyak sudut pandang. Pertimbangkan semua baik dan buruknya.

Sudah cukup berpikir? Sekarang atur pertemuan dengannya

Setelah puas merenung kini saatnya kamu ungkapkan semua perasaan dan unek-unekmu padanya. Sepakati beberapa aturan saat kalian bertemu, salah satunya untuk mengesampingkan emosi. Kamu harus siap dengan apapun keputusannya nanti.

Sudah cukup berpikir? Sekarang atur pertemuan dengannya (greatist.com)

Tapi yang paling penting, gunakan waktu sebaik mungkin untuk mengungkapkan unek-unek yang kamu rasakan. Sampaikan dengan senyaman mungkin. Betapapun menyakitkan, jangan sampai menimbulkan emosi berlebih. Lewat percakapan ini diharapkan ada kesimpulan yang akhirnya kalian sepakati bersama.

Jawab semua pertanyaan saat dihadapannya

Kamu pasti punya banyak pertanyaan untuknya. Kapan dia mulai selingkuh, kenapa dia selingkuh, dengan siapa dia selingkuh hingga pandangan kalian setelah masalah ini terbuka. Tanyakan semua dan temukan jawabannya. Jangan sampai ada yang tertinggal dalam hati yang akhirnya hanya akan membuatmu merasa tak nyaman.

Temukan jawaban (boundless.org)

Jika memang kamu menemukan nada penyesalan dalam setiap jawabannya, tak ada salahnya memberikan kesempatan kedua padanya. Apalagi jika keinginan kembali juga masih ada dalam dirimu. Namun jika tidak, berpisah mungkin menjadi jalan terbaik.

Melanjutkan hubungan? Ajukan persyaratan yang dirasa perlu

Tentunya kesempatan kedua harus lebih baik dari yang pertama kan? Jika memang kamu sepakat untuk melanjutkan hubungan, ada beberapa “syarat” yang harus dipenuhi. Syarat ini yang akan menjamin bahwa hubungan kalian akan lebih baik kedepannya. Suka tidak suka, ada konsekuensi yang harus kalian hadapi bersama.

Syarat melanjutkan hubungan (rajdarshanjyotish.com)

Misalnya saja untuk mengembalikan kepercayaan yang telah rusak bukanlah hal mudah. Butuh usaha dan perjuangan yang tak biasa. Oleh karena itu kalian butuh usaha yang berlipat ganda ketika hendak membangun kembali hubungan yang telah hancur.

Namun jika hasilnya sebuah perpisahan, tak apa-apa

Jika dalam pembicaraan tersebut kalian menyepakati untuk berpisah, tak apa-apa. Yakinlah apapun hasilnya itu yang terbaik untuk kalian berdua. Karena memang perselingkuhan meninggalkan trauma mendalam yang tak bisa di atasi oleh semua orang. Tak semua orang mau menghabiskan energi dan perasaan lebih banyak lagi pada hubungan yang sudah ternoda perselingkuhan. Oleh karena itu perpisahan menjadi jawaban.

Sebuah perpisahan (empowher.com)

Karena yang paling penting adalah bagaimana caranya kamu bisa kembali merasa nyaman dan bahagia dengan dirimu sendiri setelah masalah berlalu. Dan juga, bagaimana caramu untuk mempercayai orang baru.

Memilih berhenti atau melanjutkan, tidak ada pilihan yang lebih mudah. Semua punya konsekuensinya masing-masing. Jika hubunganmu ternoda perselingkuhan, kamu memilih hentikan atau lanjutkan?

1.3k
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Author Erinda

"You can if you think you can"