Viral Hoax Pembuluh Darah Mata Pecah Karena Main Gadget, Ini Fakta Sebenarnya

Duh.. kebohongan semacam ini selalu berhasil meresahkan masyarakat

Media sosial kembali menjadi sarana terbaik untuk menyebarkan berita bohong. Sebuah pesan berantai yang memuat foto seseorang dengan mata merah menyebar luas disertai peringatan bahwa kondisi tersebut terjadi akibat terlalu sering bermain ponsel sambil tiduran.

Tidak main-main, pesan itu bahkan menyebutkan kalau mata yang memerah tadi merupakan pertanda ada pembuluh darah pada mata yang pecah. Sontak, para penerima pesan berantai itu langsung membagikannya berulang-ulang hingga info palsu tadi menjadi viral. Bagaimanakah fakta sebenarnya?

Gambar yang ramai beredar di berbagai media sosial dan WhatsApp Group (twitter.com/@ferdiriva)

Dokter Spesialis Mata, dr Ferdiriva Hamzah, Sp.M, pun membantah kebenaran informasi tersebut. Dalam cuitannya di Twitter via akun @ferdiriva, Senin (9/7/2018), ia mengatakan bahwa berita tadi tidaklah benar.

Ia menjelaskan bahwa kondisi selaput mata yang memerah seperti dalam gambar yang beredar itu disebut sebagai subconjunctival bleeding. Kondisi ini tidaklah berbahaya sama sekali karena dalam waktu dua minggu, darah akan terserap sendiri.

dr. Feri mengklarifikasi kekhawatiran masyarakat tentang hoax yang beredar (twitter.com/@ferdiriva)

Sedangkan penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari menggosok mata dengan sangat kencang, punya kelainan darah, mengonsumsi pengencer darah, hingga bersin atau batuk yang terlalu kencang. Akibatnya, pembuluh darah yang ada di balik selaput mata pecah dan mata menjadi merah.

Lebih lanjut, Ferdi menganalisis foto yang beredar tadi dan menduga bahwa orang tersebut kemungkinan baru saja mengalami kecelakaan atau ada penyakit lain, jadi bukan karena terlalu sering bermain ponsel sambil tiduran.

Menurut dr. Ferdi, pasien dalam foto kemungkinan habis kecelakaan atau punya penyakit lain (twitter.com/@ferdiriva)

Meski begitu, Ferdi membenarkan bahwa aktivitas bermain ponsel memang bisa menyebabkan gangguan pada mata seperti mata lelah, kering, bahkan menambah ukuran minus mata pada anak-anak, namun tidak sampai mengakibatkan tumor mata, mata berdarah, maupun hal-hal sejenisnya seperti yang ramai diperbincangkan karena info hoax tadi.

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *