Kebangetan! Masih Saja Ada Orang yang Tega Menyebar Hoax dari Gempa di Banten Kemarin

Jangan ikut-ikut share informasi tanpa melakukan kroscek ulang sebelumnya

Hari Selasa (23/1) kemarin, terjadi gempa bumi yang melanda kawasan Banten dan Jakarta. Gempa berkekuatan 6,4 SR ini terjadi pada pukul 13:35 WIB dengan pusat gempa berasal dari Lebak, Banten. Kepanikan langsung melanda warga yang berada di lokasi gempa sehingga mereka berhamburan keluar dari gedung atau rumah untuk menyelamatkan diri.

Gempa tersebut langsung jadi pembicaraan di mana-mana, baik media konvensional maupun media sosial. Seperti yang sudah kerap terjadi, info-info pun bertebaran mengabarkan kondisi aktual wilayah gema tersebut. Sayangnya, masih saja ada orang yang tega membagikan info palsu di tengah kekhawatiran warga. Contohnya saja, viral beredar foto serta video yang disebut terjadi di beberapa wilayah gempa. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata foto dan video tersebut adalah hoax . Ini beberapa di antaranya:

1. Video truk yang berguncang hebat

Melalui grup-grup WhatsApp, beredar sebuah video yang memperlihatkan dua buah truk berguncang hebat seolah terkena getaran gempa yang amat dahsyat. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata video tersebut direkam di atas kapal penyeberangan Gilimanuk. Guncangan yang terjadi pun akhirnya diketahui akibat hantaman badai yang melanda di selat Bali.

2. Aspal retak

Jangan langsung share foto yang beredar tanpa melakukan kroscek sebelumnya!
(infogunungkidul.com)

Sebuah foto yang memperlihatkan jalan aspal retak ini santer beredar di media sosial. Banyak orang yang tanpa pikir panjang langsung mempercayainya dan membagikan foto tersebut dengan keterangan bahwa itu adalah akibat gempa di Banten. Padahal, foto tersebut merupakan kondisi jalan retak di daerah Jogja-Wonosari yang tak ada hubungannya dengan gempa bumi.

3. Masjid roboh

Foto masjid roboh ini terjadi di Sukabumi (Instagram)

Sebuah foto masjid yang roboh menjadi perhatian banyak warganet. Pasalnya, sebuah akun Instagram mengatakan bahwa foto masjid roboh tersebut sebagai akibat gempa dan terjadi di Banten. Banyak warganet yang mengetahui kejadian sebenarnya langsung memberikan komentarnya bahwa masjid roboh tersebut ada di Sukabumi.

Banyaknya hoax yang beredar setiap kali terjadi musibah membuat kita harus lebih jeli untuk membagikan informasi. Pastikan untuk melakukan kroscek terlebih dahulu agar tidak menjadi agen yang ikut membuat keresahan di masyarakat.

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *