Hati-hati, Marak Tawaran Pinjaman Online dengan Jaminan Foto dan Video Bugil Incar Millenial

Hati-hati, jangan mudah tergiur syarat mudah, pinjaman online hanya sebagai modus~

Perkembangan bisnis finansial teknologi (fintek) memang sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berbagai pinjaman online kini hadir menawarkan jasanya dengan iming-iming kelebihan di setiap aplikasinya.

Namun sayangnya, perkembangan finansial teknologi ini banyak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Mulai dari investasi bodong, pinjaman dengan bunga cukup besar, sampai pinjaman online dengan jaminan foto atau video bugil.

Fenomena terakhir inilah yang sekarang sedang marak menjadi perbincangan pengguna media sosial. Dimana kini ada aplikasi pinjaman online dengan syarat nasabah harus mengirimkan foto atau video bugil sebagai syarat dan jaminan peminjaman.

Pinjaman online dengan jaminan foto bugil marak di China

Fenomena pinjaman online dengan syarat jaminan foto atau video bugil sebenarnya sudah diulas di berbagai media di China semenjak tahun 2016 yang lalu. Namun, karena tidak adanya laporan dari masyarakat, pemerintah China terkesan “cuek” dengan pemberitaan tersebut.

Hati-hati terhadap pinjaman online (mediakonsumen.com)

Kasus ini mulai mencuat kembali setelah kantor berita Southern Metropolis Daily melakukan investigasi terkait hal ini. Dalam laporannya, Southern Metropolis Daily menyebutkan jika kebanyakan peminjam (korban) merupakan usia pelajar dan mahasiswa.

Yang tidak kalah keji, suku bunga yang dipatok rentenir online ini sangatlah tinggi. Yakni mencapai 30% perminggu. Padahal, pemerintah China mematok angka maksimal suku bunga pinjaman ialah 24% perbulan.

waspada pinjaman online jaminan foto bugil (tribunnews.com)

Atas laporan tersebut, Otoritas keamanan umum di Shenzhen, China, bergerak cepat menyelidiki dan membongkar sindikat yang sudah memiliki 300 peminjam atau korban.

Gaya hidup kaum millenial menjadi peluang bagi para rentenir online

Hasil pembongkaran sindikat pinjaman online dengan jaminan foto atau video bugil yang dilakukan oleh otoritas kemanan umum Shenzhen pun cukup mengejutkan. Dimana kebanyakan peminjam merupakan usia pelajar bukan pekerja produktif.

gaya hidup millenial (pixel.nymag.com)

Mirisnya, mereka meminjam untuk hal-hal yang tidak begitu mendesak, seperti untuk beli make up, gadget, liburan, bahkan judi. Adapun besaran peminjaman mereka rata-rata  sebesar USD 1.000-2.00.

Gaya hidup kaum millenial yang ingin tampil mewah namun kendala keuangan yang belum mapan memang menjadi peluang bagi para lintah darat, atau rentenir. Dengan iming-iming pinjaman dengan syarat mudah, mereka berhasil dikelabui meminjam beberapa uang hanya dengan modal foto bugil.

Foto sensual di dunia maya (ekoran.co.id)

Bahkan, sejak tahun 2016, sudah tersebar 161 foto bugil wanita muda China yang tersebar di dunia maya akibat peminjaman online ini.

Meskipun fenomena ini masih ngetrend di China, tidak menutup kemungkinan juga akan tumbuh di Indonesia loh. Jadi, tetap waspada yah!

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *