Siswa yang Rutin Main Game Online, Berpotensi Raih Nilai Sekolah Lebih Keren

“Bu guru denger kan…?”

Game online adalah sebuah fenomena. Selain itu, game ini juga lebih menyenangkan karena ada aspek sosial di dalamnya. Kamu bisa bermain bersama teman-teman atau orang-orang baru secara online. Hanya itu kelebihannya? Ternyata tidak.

Hasil penelitian menunjukkan, ada hubungan korelasi antara pemain game online dan nilai sekolah yang lebih baik! Perhatikan bahwa temuan ini adalah korelasi, bukan sebab-akibat. Ini berarti, bermain game online tidak menjamin kamu mendapat nilai baik di sekolah, namun hanya meningkatkan peluangmu.

game-online-1

Hasil penelitian

Penelitian yang dilakukan di Australia ini melibatkan 12.000 siswa SMA. Hasilnya, mereka yang aktif bermain game online mendapat nilai Matematika, membaca, dan tes ilmu pengetahuan yang lebih baik daripada teman-temannya yang sama sekali tidak memainkan game secara online.

Mengapa bisa demikian? Ketika bermain game online, kita harus memecahkan teka-teki untuk naik ke level yang lebih tinggi. Hal ini tentu saja melibatkan pengetahuan umum, keterampilan Matematika, membaca, dan ilmu pengetahuan yang sudah diajarkan di sekolah.

Game Online 2

Selain itu, siswa yang secara teratur menghabiskan waktu bermain game online secara tidak sadar sedang mengembangkan kemampuan analisis dan memecahkan masalah yang juga bisa membantu menyelesaikan masalah di pelajaran mereka.

Kadang, pemain game online harus memahami beberapa prinsip dari ilmu kimia, sehingga mau tidak mau mereka harus memahami ilmu pengetahuan secara detail. Beberapa psikolog bahkan ikut berpendapat bahwa sebagian besar game online bermanfaat bagi perkembangan kognitif.

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

One Comment

Leave a Reply
  1. Hacked By Yukinoshita 47

    “No Army Can Stop Idea”
    Greetz : _Tuan2Fay_ – Snooze – TM_404 – E7B_404 – XM404RS! – Mr.Spongebob – CyberGhost.17 – Lyonc – EvilClown – LuckNut – Sector V2 – MR.Blank007 – DarkTerrorizt
    And All Member of Garuda Security Hacker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *