Di Era Serba Teknologi Seperti Sekarang, Haruskah Melarang Anak Menggunakan Gadget?

Masih tetap dilarang?

Setiap hal yang ada di bumi ini memiliki sisi positif dan juga negatif. Tidak ada yang seluruhnya positif ataupun hanya memiliki sisi negatif, termasuk gadget. Di masa sekarang, gadget memang membawa perubahan besar secara positif dalam kehidupan manusia. Namun juga tak bisa dipungkiri sudah banyak efek negatif yang terbukti berasal dari gadget. Tak ada masalah jika gadget digunakan oleh orang dewasa yang bijak, namun bagaimana jika anak-anak yang menggunakannya? Haruskah dilarang?

Baca juga : Dari Wajah Sampai Karakter, Inilah Perbedaan Seseorang Saat di Dunia Maya dan Dunia Nyata

Anak menggunakan gadget, boleh? (parade.com)

Sebelum kamu menyematkan stigma negatif, ada baiknya kalau kamu juga meninjau sisi positif penggunaan gadget oleh anak-anak. Karena memang anak sekarang hidup di generasi yang sudah ‘ketergantungan’ gadget hingga nasibnya tak bisa disamakan dengan anak jaman 90an. Daripada kamu mati-matian melarang anak menggunakah gadget, kamu justru bisa membuat gadget menjadi hal positif bagi mereka. Ini dia caranya.

Tetap awasi anak saat menggunakan gadget

Inilah peran orang tua sesungguhnya yaitu mengawasi anak dalam hal apapun. Pengawasan ini dimaksudkan agar anak tidak membuka situs-situs yang tak seharusnya serta tetap berada di ‘jalur aman’. Orang tua juga seharusnya memahami konten apa saja yang bisa dan tidak boleh dikonsumsi oleh anak agar bisa lebih mudah menyingkirkannya dari gadget.

Tetap awasi anak saat menggunakan gadget (multiscreensite.com)

Tapi kalaupun melarang jangan asal larang. Kamu harus memberikan penjelasan yang masuk akal kenapa si anak tak boleh membuka situs tersebut. Cek juga history browser anak agar kamu tau apa minatnya.

Mengajarkan cara penggunaan gadget dan internet secara aman

Peran yang tak kalah pentingnya dari sekedar mengawasi adalah mengajari bagaimana menggunakan internet dengan baik dan benar. Menyadari bahwa internet akan selalu ada dan semakin berkembang, melarangnya menggunakan internet adalah hal sia-sia.

Mengajarkan cara penggunaan gadget dan internet secara aman (stayathomemum.com.au)

Ajarkan bagaimana cara menggunakan kolom komentar dengan bijak. Anak bisa tetap mengutarakan pendapat dan berekspresi dengan komentar namun tetap bisa bertanggungjawab dengan apa yang dia unggah. Beritahu juga bahwa segala macam informasi pribadi tidak boleh disebar sembarangan.

Gadget pribadi untuk anak, bolehkah?

Ini tergantung dari pribadi si anak dan cara orang tua mengajarkan tentang internet dan fungsi gadget. Namun akan lebih baik jika memberikan gadget jika si anak sudah mampu memahami bagaimana cara menggunakannya dengan bijak. Menggunakan usia sebagai patokan juga bisa dicoba.

Gadget pribadi unyuk anak, bolehkah? (gmaids.com)

Ada ide bagus, sebagai tahap awal kamu bisa meminjamkan dulu gadget milikmu ke anak sebelum akhirnya membelikan gadget pribadi untuknya. Dengan meminjam gadget milikmu, kamu akan lebih mudah mengawasi dan mengetahui apakah si anak sudah mampu menggunakannya dengan bijak atau belum.

Isi gadget dengan konten bagus dan beri batasan waktu

Kalau misalnya anak suka main game, isi saja gadget dengan game-game berkualitas yang bisa sekalian untuk belajar. Atau kalau dia suka nonton video, atur saja kontennya sesuai dengan batasan usia anak.

Isi gadget dengan konten bagus dan beri batasan waktu (planetawesomekid.com)

Selain itu, kamu tetap harus membatasi waktu penggunaannya. Jangan sampai si anak terlalu asik dengan gadget hingga dia melupakan kewajibannya untuk belajar dan bersosialisasi dengan lingkungan. Misalnya penggunaan gadget hanya 2-3 jam sehari, atau boleh sedikit lebih panjang ketika hari libur tapi dengan syarat belajar harus tetap jalan.

Dengan beberapa cara di atas, gadget bisa menjadi hal positif bagi anak. Hingga kamu tak perlu khawatir jika ingin memberikannya secara pribadi, asal tetap dalam pengawasan dan pendampingan orang tua. Melarangnya menggunakan gadget di era seperti sekarang agaknya menjadi hal yang sia-sia.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Nonton Sinetron Atau FTV Sekarang Juga

Catat Baik-Baik!Ini 8 Alasan Mengapa Kamu Masih Saja Miskin di Usia 30