Wow! di Indonesia Nggak Laku, Harga Buah Ciplukan di Jepang Bikin Geleng Kepala

Hanya punya kebun ciplukan kamu bisa tajir di Jepang gaes.

Tentu kamu tidak asing dengan buah yang satu ini, buah yang biasanya tumbuh di rerumputan liar, pekarangan rumah, dan semak-semak yang tidak terurus. Bagi sebagian besar masyarakat kita pun tidak begitu menganggap penting hadirnya buah ini. Bahkan tidak jarang ada yang membabatnya sampai habis karena dianggap tumbuhan yang tidak bermanfaat.

tanaman langka buah ciplukan (Physalis angulata) YouTube. (youtube.com)

Yah, begitulah nasib buah ciplukan. Buah yang memiliki rasa asam manis ini memang dipandang sebelah mata di Indonesia. Jangankan untuk membelinya, dikasih pun kadang kita menolaknya. Sebab memang rasanya kurang begitu enak bagi lidah masyarakat kita.

Harga buah ciplukan di Jepang selangit

Harga buah ciplukan (pedomanbengkulu.com)

Meskipun di Indonesia buah ciplukan masih identik dengan tanaman liar yang banyak ditemukan di pekarangan, namun di Jepang buah tersebut memiliki harga yang cukup tinggi. Di beberapa pasar, seperti pasar Ishikawa, harga buah ciplukan perbiji sebesar Rp. 5000. Bayangkan jika satu tanaman ada ratusan biji.

Prospek bisnis menjanjikan

Tingginya harga buah ciplukan di Jepang dan tidak dianggapnya buah ciplukan di Indonesia tentu menjadi peluang sendiri bagi pelaku bisnis. Kini banyak orang yang mulai membudidaya ciplukan untuk kemudian di eksport ke Jepang.

Harga buah ciplukan. (dnadzifah.com)

Salah satu pelaku bisnis ini ialah Agus Rahadi, pria asal Wonogiri. Sebagaimana dilansir dari radarsolo.jawapos.com, Agus mulai mulai membudidaya ciplukan setelah mengetahui di Jepang harganya selangit.

Ia pun menjual ciplukan seharga Rp 100.000/kilo. Tentu harga tersebut sangat mahal mengingat tanaman ini di Indonesia tidak laku dijual.

Kandungan dan manfaat buah ciplukan

Mungkin kamu bertanya, kenapa sih buah ciplukan di Jepang harganya mahal dan laku keras? Jawabannya ialah khasiat yang terkandung dalam buah ciplukan. Buah yang bernama latin Physalis angulata ini ternyata mengandung berbagai zat herbal yang mampu mengobati berbagai penyakit kronis.

buah ciplukan (lassernewstoday.com)

Penyakit-penyakit mematikan seperti kanker, serangan jantung, darah tinggi, hingga diabetes mampu diobati dengan tumbuhan yang satu ini. Wajar saja jika di Jepang harganya sangat mahal. Sebab, sudah menjadi rahasia umum Jepang merupakan pengagum obat-obatan herbal.

Nah, buat kamu yang memiliki lahan luas, bisa tuh mulai membudidaya buah ciplukan untuk di ekspor ke Jepang. Bisnis yang menjanjikan bukan?

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *