Tidak Perlu Sedih, Inilah 5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Disalip Adikmu Menikah

Dibawa santai aja, kalo sudah waktunya nanti juga menikah kok.

382
SHARES

Soal nikah memang selalu menaik untuk dibahas, diobrolkan, sampai ke level direncanakan. Mungkin karena pernikahan merupakan salah satu moment paling membahagiakan bagi kehidupan seseorang, maka membicarakannya saja jantung sudah berdebar-debar rasanya tidak sabar ingin segera menikmati moment bahagia itu.

Karena pernikahan merupakan moment paling bahagia, membicarakannya juga bisa bikin kita bahagia (pexels.com)

Namun apakah benar kalau pernikahan selalu menggoreskan kisah indah dan bahagia? Bagaimana kalau ternyata justru pernikahan merupakan moment yang paling menyedihkan bagi beberapa orang? Misalkan istri yang harus merelakan suaminya menikah lagi, atau seorang kakak yang harus merelakan didahului adiknya menuju ke kursi pelaminan? Bukankah itu menyedihkan?

Yah meskipun untuk kasus kakak yang disalip adiknya menuju ke kursi pelaminan tidaklah harus dirundung kesedihan. Walaupun itu berat bagi kamu, dengan adanya tekanan psikis maupun sosial, namun kamu seharusnya ikut bahagia dengan menikahnya adikmu. Nah buat kamu yang didahului nikah sama adik, inilah beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

1. Mengizinkan adikmu menikah duluan merupakan sikap kedewasaan yang patut diacungi jempol

Di beberapa kebiasaan masyarakat Indonesia, apabila seorang adik akan mendahului kakaknya dalam urusan pernikahan, maka ia akan meminta izin terlebuh dahulu kepada kakaknya tersebut. Nah, sebagai seorang kakak yang memiliki kedewasaan yang lebih, tentu juga harus mencerminkan sikap kebijaksanaan.

Kakak yang baik tidak akan menghalangi niat baik adiknya. Termasuk dalam soal pernikahan (boombastis.com)

Mengizinkan adikmu untuk menikah terlebih dahulu merupakan perwujudan kematangan sikap dewasa yang kamu miliki. Kamu bukanlah seorang kakak yang egois dan otoritet, kamu bisa membebaskan kehendak sang adik dengan syarat apa yang dilakukan adik itu baik dan penuh tanggung jawab.

Sebagai seorang kakak tentu kamu sadar, pernikahan merupakan perwujudan dari hubungan yang baik dan penuh tanggung jawab. Tentu kamu juga tidak mau daripada adikmu terjerumus dalam lembah zina, alangkah lebih baiknya ia disegerakan menikah.

2. Ikut mendoakan kebahagiaan keluarga baru adikmu

 

Sebagai seorang kakak yang lebih dewasa, jadikan moment pernikahan adikmu tersebut untuk mematangkan kedewasaanmu. Doakanlah keluarga baru adikmu semoga bisa menjadi keluarga yang bahagia, tentu kamu juga akan senang kalau melihat keluarga adikmu berjalan penuh dengan kebahagiaan bukan?

Mendoakan kebahagiaan keluarga baru adikmu akan membuat kamu lebih bahagia (hipwee.com)

Mendoakan kebahagiaan keluarga baru adikmu juga akan membuat kamu merasa lebih bahagia. Sebab dalam sebuah doa ada kekuatan yang sangat luar biasa. Kamu pantas mendapatkan gelar kakak terbaik jika melakukan hal ini.

3. Karena kebahagiaan adikmu adalah kebahagiaanmu, maka kamu patut ikut berbahagia atas pernikahannya

Tidak ada seorang kakak yang tidak menyayangi adiknya. Jikalau kamu masih suka bertengkar dengan adikmu, tentu itu hanya sementara dan rasa sayang bersifat selamanya. Jika kamu merasakan sayang terhadap seseorang, tentu kamu akan ikut merasa bahagia jika orang yang kamu sayang merasakan bahagia.

Kebahgaan adikmu merupakan kebahagiaanmu, jadi pernikahannya juga bagian dari kebagiaanmu sebagai kakak (rumahnikah.com)

Pun dalam persoalan pernikahan adikmu, hari itu merupakan hari yang sangat bahabia untuknya. Melihat orangyang kamu sayang bahagia, tentu sepatutnya hari itu juga menjadi hari yang bahagia buat kamu bukan? Meskipun itu berat, setidaknya jangan kamu rusak hari kebahagiaan adikmu dengan sikapmu yang terlihat sedih.

4. Singkirkan gunjingan dan mitos, fokuslah dengan apa yang kamu tuju

Bagi sebagian besar masyarakat kita masih sangat percaya dengan adanya mitos dan takhayul yang kadang belum tentu kebenarannya. Tidak terkecuali dalam persoalan seorang kakak yang didahului nikah sama adiknya. Mitos pun akan gentayangan menjadi buah bibir masyarakat. Mulai dari nanti sulit jodoh sampai telat nikah, mungkin akan selalu terngiang-ngiang ditelinga kita.

Meskipun kamu akan mendapatkan gunjingan, Cuek saja lah (zettamedia.co)

Nah buat kamu yang memilih untuk tidak menikah dulu dan masih mengejar target hidupmu, enyahkan segala gunjingan dan mitos dalam fikiranmu. Kamu tentu harus fokus dengan apa yang selama ini kamu tuju. Soal jodoh tenanglah, ia akan datang tepat waktu.

5. Jadikan itu sebuah motivasi kamu agar segera menikah

Jika kamu selama ini memilih menunda untuk segera menikah dengan alasan belum siap, mungkin adanya pernikahan yang dilakukan adikmu menjadi motivasi tersendiri buat kamu agar bisa lebih siap untuk menikah.

Jadikan pernikahan adikmu sebagai motivasi dalam hidupmu. Segeralah menyusulnya (hipwee.com)

bayangkan, adikmu saja berani untuk membangun rumah tangga, masa kamu kakaknya masih suka bermain-main dalam urusan cinta. Segera temui dia yang kamu cinta dan rencanakan kapan mendaftar ke KUA. Jadikan pernikahan adikmu sebagai motivasi dalam hidupmu.

Itulah beberapa hal yang seharusnya kamu lakukan saat adikmu mendahului kamu untuk menikah. Ingat, jodoh tidak perlu cepat tetapi yang terpenting ialah tepat. Tepat dengan siapa kamu menikah dan kapan kamu seharusnya menikah.

382
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,