6 Hal Penting yang Harus Kamu Tahu Sebelum Melamar Pasangan

Perhatikan baik-baik ya

Melamar pasangan adalah salah satu pengalaman yang paling menarik dalam hidup. Namun, itu hanya akan terjadi jika semuanya berjalan sesuai rencana. Dan idealnya kamu hanya diberi satu kesempatan bertunangan sekali seumur hidup, jadi kamu harus benar-benar siap untuk mengubah semuanya.

buzzpickers.com

Untuk itu, jadikan momen lamaran itu menjadi begitu bermakna. Tidak perlu grogi atau semacamnya, karena kamu hanya perlu menjawab enam pertanyaan berikut ini dengan bijaksana.

1. Apa tujuan hidup pasanganmu?

Jika kamu belum mengetahui tujuan hidup pasanganmu, itu hanya akan memperlambat dirimu sendiri untuk lebih memahaminya. Sangat mudah mengajak dia melewati momen-momen romantis berdua, namun akan menjadi sangat sulit ketika kamu terpaksa harus menyeretnya dalam berbagai masalah.

huffpost.com

Misalnya, ada beberapa istri yang belum menginginkan kehadiran anak di tahun-tahun pertama berkeluarga. Jika kamu ingin segera memiliki anak namun istrimu belum, kamu harus hati-hati. Kamu harus mencari cara berdiskusi tanpa menimbulkan benci atau penyesalan yang mendalam.

2. Apa pasanganmu sudah benar-benar ingin menikah?

Menikah itu tidak boleh dengan keterpaksaan, apapun alasannya. Meskipun sudah menjalin hubungan cukup lama, nyatanya ada beberapa orang yang benar-benar masih ragu (atau takut?) untuk membuka lembaran hidup yang baru.

feedster.com

Beberapa yang lain, ada yang sangat siap untuk hidup bersama pasangannya bahkan tanpa mempedulikan hukum menikah. Karena itu, pastikan pasanganmu sudah benar-benar siap menikah sebelum kamu membelikan cincin tunangan untuknya.

3. Kamu sudah belajar menyelesaikan masalah dengannya?

Ada beberapa pasangan yang mengaku tidak pernah mempunyai masalah selama bertahun-tahun berhubungan. Namun, tidak ada yang mengaku apakah mereka melewati semua itu dengan penuh kejujuran, atau melewati rentetan ‘keharmonisan’ itu dengan berbagai macam kebohongan.

alamy.com

Percayalah, kejujuran bisa menyebabkan pertengkaran. Meski begitu, setiap pertengkaran juga bisa dilakukan dengan cara sopan. Ini semua membutuhkan latihan. Jadi pastikan kamu sudah mampu menyelesaikan berbagai masalah dengan pasangan tanpa harus menambah masalah.

4. Cincin seperti apa yang paling dia suka?

Sepertinya, memilih cincin tunangan adalah hal yang sederhana. Namun akan menjadi cukup rumit ketika kamu juga memikirkan cincin seperti apa yang paling dia suka. Karena jika pasanganmu ternyata lebih menyukai batu ruby ketimbang berlian misalnya, maka itu akan menjadi masalah yang tidak akan terungkap selamanya.

huffpost.com

Untuk menghindari hal seperti itu, maka kamu harus melakukan beberapa cara. Salah satunya, adalah dengan menanyakan pada teman terdekatnya. Atau, kamu bisa bicara langsung dengan pasanganmu mengenai jenis dan bentuk cincin yang paling dia inginkan.

5. Lamaran seperti apa yang dia inginkan?

Akan terlihat seperti apa lamaranmu adalah sebuah pilihan. Namun, pikirkan juga setidaknya satu hal paling menarik yang bisa mewakili hubunganmu dengan pasangan.

youtube.com

Misalnya, jika kalian suka membaca, kamu bisa menyelipkan cincin tunangan ke dalam sebuah buku dan mengajak dia untuk membacanya di bawah sebuah pohon. Ini akan menghadirkan kesan romantis tersendiri, sekaligus menikmati hal yang selama ini kalian sering lakukan berdua.

6. Sudah ada biaya pernikahan?

Biaya pernikahan itu tidak sedikit, dan akan terus bertambah setiap tahunnya. Memang kamu bisa merencanakan pernikahan sedemikian rupa hingga mampu menekan biaya, namun mengantisipasi segala pembengkakan biaya juga tidak kalah pentingnya.

perfectshaadi.in

Jadi, jika kamu merasa sudah siap melamar pasanganmu namun belum siap soal biaya pernikahan, kamu harus memberi tahu masalah ini padanya untuk menghindari berbagai prasangka buruk yang bisa datang kapan saja. Ini penting untuk menjaga hubunganmu tetap di jalan yang seharusnya.

Melamar pasangan adalah salah satu keputusan terbesar yang akan kamu buat. Jadi sebelum kamu merencanakan dan mengatakannya, pastikan hubunganmu mempunyai kualifikasi terbaik untuk melanjutkan ke fase selanjutnya: menikah dan berumah tangga.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

4 Jenis teman yang wajib dimiliki

4 Jenis Teman yang Wajib Kamu Miliki Agar Hidupmu Lebih Bermakna

Cewek Wajib Tahu, 4 Cara Mengenali Kosmetik Palsu Biar Nggak Gampang Ketipu