4 Hal yang Bikin Ramadhan Tetap Istimewa, Bahkan untuk Kamu yang Bolong-Bolong Puasanya

Nomor 3 kok ngeselin ya…

Bagi umat Islam, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan keagungan. Ramadhan adalah puncak dari semua bulan dimana setiap amalan akan dilipatgandakan. Ramadhan, adalah sisi lain dari kehidupan yang begitu berkesan dan penuh keseruan, bahkan bagi kamu yang kurang suka dengan puasa di bulan Ramadhan.

Baca juga : Dari Pengajian Sampai Dangdutan, Inilah Ragam Acara Halalbihalal yang Hanya Ada di Indonesia

Selalu ada banyak hal yang membuat Ramadhan itu begitu istimewa. | ngadem.com

Maka tidak heran kalau Ramadhan selalu dirindukan setiap tahunnya. Mereka yang sudah berada di jalan yang benar tentu rindu dengan puasa dan segala amal ibadah lainnya. Namun bagi beberapa orang-orang, justru kangen Ramadhan karena empat hal istimewa ini. Apa kamu juga?

Main petasan

Ada yang bilang, Ramadhan itu sama artinya dengan musim petasan. Meski sudah dilarang dan bahkan diancam, yang namanya bermain petasan saat bulan Ramadhan itu sangat sulit untuk ditahan. Kalau tak membandel sendiri alias nyolong-nyolong main petasan, selalu saja ada orang dewasa, yang entah masa kecilnya kurang bahagia atau apa, yang justru mengajak main petasan bersama-sama.

Bermain petasan, salah satu tanda kalau kita sudah memasuki bulan Ramadhan. | loop.co.id

Dihukum marbot (penjaga masjid) galak

Jujur saja, dulu kamu pasti pernah jadi tumbal kegalakan marbot paling galak di kampung, kan? Sebenarnya bukan salah marbotnya, tapi kamu sendiri yang tidak bisa berhenti bercanda saat melaksanakan tarawih. Karena peraturan marbot itu sederhana, sedikit saja berisik saat shalat, siap-siap saja menerima tatapan galak hingga sentilan di telinga.

Di beberapa masjid, ada marbot yang sebegitu galaknya hingga ditakuti banyak jamaah shalat, khususnya anak-anak. | mushollaku.wordpress.com

Serangan fajar

Hal paling seru dari bulan Ramadhan adalah membangunkan orang-orang untuk sahur. Karena, kapan lagi bisa mengganggu orang yang sedang tidur pulas justru dihadiahi pahala? Dan untuk melakukannya, yang dibutuhkan hanyalah kentongan, jerigen, botol kaca, dan benda-benda pemicu berisik yang lain.

Malam-malam mengganggu orang tidur justru mendapat pahala? Hal aneh seperti itu hanya ada di bulan puasa. | bedjanews.blogspot.com

Bahkan dii beberapa daerah, membangunkan sahur sudah menjadi bagian dari tradisi. Ngarak Beduk misalnya, dilakukan masyarakat Betawi Joglo, Palmerah, Rawabelong, Condet, Buncit hingga ke daerah Tangerang dengan memukul beduk sambil keliling kampung.

Ada juga percalan di daerah Salatiga. Bedanya mereka membawa tetabuhan seperti kentongan bambu, besi bekas, hingga ember bekas. Ubrug-ubrug di Kuningan Jabar atau Dengo-dengo di Sulteng hingga Bagarakan Sahur di Kalsel. Juga, ngangklang di daerah Magelang dan Jogja.

Ngabuburit kalap

Satu tradisi lain yang hanya ada di saat bulan puasa adalah ngabuburit, yaitu waktu dimana menunggu bedug Maghrib merupakan waktu yang teramat istimewa. Saking istimewanya, bahkan dari siang sudah terbayang kira-kira menu apa saja yang akan dijadikan teman berbuka. Maka, ngabuburit pun menjadi pelampiasan kalap dengan membeli semua kelezatan yang sudah menggoda di pikiran.

Banyak orang yang memanfaatkan ngabuburit untuk memborong semua menu makanan yang selalu dipikirkan dari siang. | anaksemeru.blogspot.co.id

Maka, sangat mungkin sepulang ngabuburit, kamu mirip ibu-ibu pulang dari pasar, kanan kiri menenteng belanjaan. Mulai dari aneka jajanan sekelas martabak mini atau cilok, hingga es jeruk yang segar untuk melepas dahaga. Belum lagi, es krim yang dinginnya begitu menyegarkan tenggorokan.

Padahal pada kenyataannya, sebelum semua jajanan tadi masuk perut semua, kamu sudah dilanda kekenyangan karena terlalu banyak minum saat berbuka. Tapi yang namanya godaan puasa, kamu tetap akan melakukannya lagi besok, lusa, dan hari-hari seterusnya.

Dari keempatnya, kebiasaan mana yang sampai Ramadhan tahun ini masih kamu lakukan?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

6 Sikap Ini Akan Membuat Cewek Terlihat “Mengerikan” di Mata Cowok

Kepepet Butuh Uang? 4 Pekerjaan Ini Bisa Kamu Lakukan Meskipun Tanpa Modal