Tidak Hanya Saat Berumah Tangga, Berpacaran Juga Ada Hak dan Kewajibannya loh

Sudahkah kamu mendapatkan hak dan melaksanakan kewajiban dalam pacaran?

Bagi sebagian orang, fase berpacaran merupakan fase terpenting dalam menentukan pasangan. Apakah dia cocok menjadi pasangan seumur hidupnya atau tidak, biasanya hal tersebut ditentukan pada masa-masa pacaran.

Baca juga : Tak Perlu Lagi Pelet. Karena Sekarang, Jodoh Begitu Mudah Ditemukan di Internet

Pacaran dijadikan fase perkenalan sebelum menikah (businessinsider.com)

Pacaran memang bukanlah hubungan resmi yang terikat dengan sebuah perjanjian. Bisa dikatakan pacaran hanya fase pengenalan terhadap calon pasangan. Namun meskipun demikian, ada beberapa hak dan kewajiban yang harus disepakati dan dijalani pasangan. Apa sajakah hak dan kewajiban dalam pacaran? Nah dalam pacaran setidaknya minimal kamu harus melakukan kewajiban-kewajiban berikut ini.

Kewajiban menjaga hati dan perasaan pasangan

Kewajiban pertama bagi mereka yang memiliki pacar ialah menjaga hati dan perasaan pasangannya. Hal ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh kamu yang memiliki pacar. Menjaga perasaan pacar agar jauh dari kata sedih, cemburu, atau gundah gulana merupakan kewajibanmu.

kewajiban menjaga perasaan dan hatinya (stylishwife.com)

Jagalah hatinya agar selalu merasa bahagia saat bersamamu, sebab kebahagiaannya merupakan tanggung jawabmu. Jika kamu berhasil menunaikan kewajiban yang satu ini, kamu termasuk pacar pilihan yang pantas mendapatkan pendamping hidup terbaik.

Kewajiban menjaga kesetiaan dalam menjalani hubungan

kamu wajib menjaga kesetiaan | bustle.com

Kewajiban selanjutnya dalam pacaran ialah menjaga kesetiaan dalam menjalin hubungan. Kewajiban ini bisa terbilang cukup berat, namun hal ini harus kamu penuhi. Bahkan kewajiban ini tidak hanya dilakukan saat masa pacaran, namun juga sampai ke jenjang pernikahan dan juga untuk selamanya.

Kewajiban saling memperjuangkan hubungan

Wajib sama-sama saling memperjuangkan (timesknowledge.wwmindia.com)

Memperjuangkan hubungan juga menjadi kewajiban setiap orang yang memiliki pasangan. Tentu tidak baik kan jika sebuah hubungan hanya diperjuangkan oleh satu orang, oleh karena itu memperjuangkan hubungan merupakan kewajiban setiap orang yang memiliki pasangan.

Adapun hak yang didapatkan dalam hubungan pacaran, setidaknya kamu bisa mendapatkan beberapa hak berikut ini.

Hak mendapatkan perhatian dari pasangan

Kamu berhak mendapatkan perhatian dari pasangan (melliandshayne.com)

Buat kamu yang memiliki pacar, kamu berhak loh mendapatkan perhatian dari pasanganmu. Itu artinya jika kamu tidak mendapatkan atau merasa kurang diperhatikan pasangan, kamu boleh protes terhadap pasanganmu. Sebab konsekuensi dari berpacaran ialah memberikan perhatian kepada pasangan.

Hak dicintai dan mencintai dalam pacaran

Kamu berhak mencintai dan dicintai | businessinsider.com

Kalau yang satu ini sih sudah jelas yah, pacaran harus mendapatkan cinta dan memberikan cinta. Namun ada juga loh orang pacaran yang sama sekali tidak merasakan cinta di dalamnya, atau cintanya sudah hilang. Nah buat kamu yang sedang menjalani pacaran, kamu berhak mencintai dan mendapatkan cinta dari pasanganmu.

Hak mengutarakan isi hati kepada pasangan

Layaknya dalam bernegara, hak yang didapatkan dalam pacaran juga meliputi hak mengutarakan isi hati. Atau kalau dalam negara demokrasi hak mengeluarkan aspirasi. Mengutarakan isi hati merupakan hak yang kamu miliki dalam hubunganmu.

Kamu berhak mengatakan isi hatimu kepada pasangan (learnvest.com)

Artinya jika kamu merasa kurang nyaman dengan sikap pasanganmu, atau ingin mengutarakan pendapat terkait sebuah keputusan dalam hubungan, kamu memiliki hak untuk mengatakannya.

Itulah beberapa hak dan kewajiban dalam hubungan pacaran. Hak dan kewajiban ini akan bertambah jika hubunganmu melangkah ke jenjang pernikahan. Seperti menafkahi, menjaga kehormatan suami, dan mendidik anak-anakmu nanti.

 

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Inilah Penyebab Kenapa Wanita Makin Susah Bahagia di Usia 20an

Meski Cuma Punya Satu Kaki, Pemuda Ini Jago Breakdance. Kisahnya Menyentuh Hati!