Viral, Beredar Video Seorang Guru di Keroyok dan di Bully Oleh Siswanya Sendiri

Duh, Kok Jadi Kayak Gini yah generasi bangsa kita?

Tentu kita tidak asing dengan ungkapan jika guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Yah, ungkapan yang tertuang juga dalam lirik Himne Guru,  “Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru…terima kasihku tuk pengabdianmu. Engkau sebagai pelita dalam kegelapan. Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan. Engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa”.

Tidak berlebihan sepertinya, kita menjunjung tinggi status guru sebagai pahlawan kecerdasan generasi bangsa. Namun sayangnya, belum usai kita merayakan euforia Hari Pahlawan Nasional 2018, lini masa media sosial diramaikan dengan beredarnya video pengeroyokan dan pembully-an sekelompok siswa kepada gurunya.

Ingat, kita sepakat jika guru adalah pahlawan bangsa. Hari pahlawan seharusnya menjadi momen untuk menunjung tinggi hormat kita kepada para guru-guru kita. Apapun alasannya, menjadikan guru bahan candaan ataupun bully-an adalah tindakan yang tidak dibenarkan.

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat seorang guru di “keroyok” ramai-ramai dan di bully oleh sekelompok siswanya. Terlihat juga sang guru mencoba membalas tendangan dari sang murid.

Klarifikasi pihak sekolah

Tidak lama setelah video tersebut viral di media sosial, pihak sekolah yang diketahui ternyata terjadi di SMK NU 03 Kaliwungu, Kenda, pun angkat bicara.

Melalui Kepala Sekolahnya, Muhaidin, ia mengatakan jika apa yang beredar di masyarakat hanyalah gurauan atau candaan antara murid dan guru saja. Tidak benar jika hal tersebut merupakan pengeroyokan.

Pernyataan Kepala Sekolah juga dituangkan dalam sebuah surat pernyataan yang menceritakan kronologi kejadian tersebut. Menurut pihak sekolah, guru dan murid yang ada di dalam video tersebut memang dikenal suka bercanda.

Catatannya, apakah tidak ada batasan bercanda antara seorang siswa kepada gurunya? Mungkin ini yang masih menjadi PR bagi bangsa ini. Dimana sekolah bukan untuk mengejar angka nilai, namun lebih dari itu mampu melahirkan generasi yang berbudi luhur dan tetap menunjung tinggi adab sopan santun.

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *