Google Home, Speaker Cerdas yang Bikin Kita Merasa Punya Jarvis Seperti di Film Iron Man

Tanya resep masakan? Menyalakan lampu? Menceritakan lelucon? Semua bisa!

Setiap menonton film Iron Man, harus diakui bahwa kita tak sekedar takjub dengan kehebatan sang superhero dalam membasmi kejahatan, namun juga dengan aneka kecanggihan yang mendukungnya. Tony Stark, sosok dibalik kostum Iron Man adalah seorang miliuner yang menggandrungi teknologi. Tak heran jika nyaris semua kebutuhannya berkaitan dengan teknologi.

Baca juga : 7 Teknologi Canggih di Tahun 2017 yang Akan Lebih “Memanjakan” Manusia

Bicara soal teknologi di film Iron Man, maka kita tidak bisa lepas dari keberadaan Jarvis, virtual assistant yang seakan menjadi sekretaris pribadi Stark dan mampu mengoperasikan teknologi apapun yang sesuai kebutuhan Stark atau Iron Man. Meski terlihat bombastis, pelan tapi pasti keberadaan virtual assistant macam Jarvis mulai terwujud. Google Home adalah salah satunya.

Speaker cerdas

Sejalan dengan konsep Jarvis, Google Home juga bisa menjadi asisten pribadimu yang bisa memutarkan lagu yang kamu minta, mencatat jadwal kegiatanmu selama sebulan, mengajakmu bermain permainan tebak kata, menceritakan lelucon saat kamu bosan, dan masih banyak lagi kehebatan lainnya. Bentuknya pun sederhana, karena Google Home boleh dibilang sebagai sebuah speaker cerdas dengan bentuk tabung.

Perangkat cerdas ini ditenagai virtual assistant yang mampu berpikir dengan kecerdasan buatan dan didukung oleh milyaran database yang terhubung pada Google Search, Google Maps, Google Calendar, bahkan Smart TV, Phillips Hue dan Chromecast. Itulah sebabnya Google Home bisa dengan mudahnya menjawab pertanyaan apapun yang kamu tanyakan, mulai dari ramalan cuaca hingga resep kue kering. Ia juga bisa memberi tahu kamu jalan mana saja yang sedang macet di rute andalanmu untuk berangkat kerja. Malas mematikan lampu? Perintahkan saja Google Home untuk mematikan lampu! Tentunya kamu harus memiliki perangkat lampu yang bisa terkoneksi dengan Google Home macam Phillips Hue.

Perkembangannya di masa depan

Meski canggih, Google Home bukanlah satu-satunya perangkat cerdas yang berfungsi seperti Jarvis, karena ada Amazon dan Sonos yang ikut serta bermain di teknologi ini. Bahkan kabarnya Apple juga akan menyusul dengan produk Apple HomePod yang akan diluncurkan Desember tahun ini. Melihat perkembangan ini, boleh dibilang jika kehidupan kita akan kian termudahkan dengan peran teknologi seperti yang sering kita jumpai di film science fiction.

Amazon Echo disebut masih lebih baik daripada Google Home untuk saat ini – turner.com

Google sendiri menyatakan bakal mengembangkan lebih jauh kemampuan Google Home untuk mengontrol hal-hal di luar rumah seperti pemesanan makanan, mobil, hingga mengirim bunga untuk seseorang. Wah, Google Home bisa jadi malah menggantikan pekerjaan para pengemudi ojek online yang serba bisa itu ya?

 

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Melawan Hukum Islam, Masjid Ini Menjadi yang Paling Kontroversial di Dunia

Jidate Ahmad, YouTuber Bocah Ahli Pomade yang Tetap Pede Meski Sering Dibully