Sering Banget Disebut, Sebenarnya Generasi Milenial Itu Generasi yang Bagaimana?

Pahami, sebelum generasi ini digantikan oleh generasi Z

Saat ini, kita pasti akrab dan sering mendengar istilah generasi milenial. Walau mungkin kita nggak terlalu paham apa artinya, namun rasanya kita sepakat bahwa sebutan generasi milenial disandang oleh mereka yang kini berada pada rentang usia 18-35 tahun.

Generasi milenial sebenarnya merupakan sebutan lain untuk generasi Y. Secara definisi, generasi Y adalah mereka yang lahir di atas tahun 1980-an hingga 1995. Berhubung kisaran usia di rentang tahun tersebut merupakan satu-satunya generasi yang pernah melewati milenium kedua (tahun 2000), nggak heran kalau lantas generasi Y jadi kerap juga disebut sebagai generasi milenial.

Bermacam generasi

Menurut para sosiolog, sejak kemunculan Teori Masalah Generasi yang diperkenalkan oleh Karl Mannheim pada 1923, manusia dapat dibagi dalam beberapa generasi: Generasi Era Depresi, Generasi Perang Dunia II, Generasi Pasca-Perang Dunia II, Generasi Baby Boomer, Generasi Baby Boomer II, Generasi X, Generasi Y alias Milenial (kita yang berusia 18-35 tahun saat ini), lalu Generasi Z (generasi yang lahir pada pertengahan 90-an hingga medio 2000-an).

Pembagian generasi berdasarkan rentang usia – lembutambun.blogspot.com

Dengan melihat pembagian di atas, bisa disimpulkan bahwa saat ini generasi milenial akan segera tergantikan oleh generasi Z. Jika berdasarkan rentang tahun kelahiran, maka boleh dibilang bahwa usia generasi Z tertua saat ini berusia 21 tahun. Namun kita nggak akan membahas generasi Z, karena generasi milenial masih mendominasi generasi saat ini.

Lantas, generasi milenial itu generasi yang bagaimana sih?

Lahir dan tumbuh di era kemudahan teknologi

Sejak pertengahan 90-an, teknologi mengalami kemajuan pesat. Oleh karenanya, generasi milenial adalah generasi yang secara nggak langsung hidup dengan bergantung pada teknologi, selalu terkoneksi dan memiliki kemampuan multitasking yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Generasi ini sangat sosial sehingga aktif menjadi bagian dari sebuah komunitas yang didalamnya terdapat kegiatan berkomunikasi, berkolaborasi, berbagi dan bersosialisasi setiap saat.

Generasi Y atau generasi milenial dekat dengan kemudahan teknologi- tribun solo

Berkat besarnya pengaruh teknologi, generasi milenial menjadi generasi yang senang menjajal hal-hal baru untuk menggantikan hal-hal bersifat tradisional. Misalnya saja, generasi milenial tak lagi menganggap televisi sebagai rujukan untuk menonton hiburan, melainkan bisa via YouTube atau memilih untuk menonton film secara streaming daripada melalui DVD dan Blu-Ray.

Aset saat ini

Dengan usia yang terbilang produktif, generasi milenial merupakan aset bagi suatu negara di masa mendatang. Generasi inilah yang disebut-sebut akan mendominasi populasi penduduk usia produktif 5-10 tahun mendatang. Nggak heran kalau banyak kalangan mulai memperhatikan generasi milenial, termasuk dengan presiden Joko Widodo yang mencoba merangkul generasi milenial melalui media sosial.

Generasi milenial adalah aset saat ini – gogirlmagz.com

Meskipun kita tahu generasi Z akan segera menggantikan posisi generasi milenial di masa mendatang, setidaknya saat ini generasi milenial adalah tumpuan harapan untuk dunia yang lebih baik. So, daripada kita hanya memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk hal-hal nggak bermanfaat seperti menyebar hoax, meributkan bumi datar atau bulat, dan lain sebagainya, alangkah lebih baik jika kita memanfaatkannya untuk terus menciptakan hal-hal baik bagi kemanusiaan.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Karena Kekurangan Penduduk, Sekian Negara Ini Berharap Warganya Sering Berhubungan Seksual dan Mendapat Anak

Perihal Balikan dengan Mantan dan 4 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan