Kamu yang Gemar Drama Korea, Pasti Heran dengan Gaya Hidup Korea Selatan yang Sebenarnya

Karena yang kamu lihat di drama Korea, itu belum semuanya

Mimpi apa yang ingin segera kamu realisasikan sebagai penggemar drama Korea? Tentu saja, jalan-jalan ke negeri pengekspor drama yang tengah popular di Indonesia itu, kan? Sah-sah saja kamu punya keinginan seperti itu. Namun sebelumnya, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dulu.

Baca juga : 4 Transgender Ini Bisa Bikin Minder Cewek Tulen Karena Kecantikannya

Tidak semua kebiasaan warga Korea bisa kamu temukan ketika menonton drama-dramanya. (nyt.com)

Pertama, Korea (baca: Korea Selatan) adalah negara sub-tropis yang iklimnya sangat berbeda dengan Indonesia. Artinya, kamu harus mau dan mampu menghadapi dinginnya suhu di sana. Yang kedua, kamu harus paham dan bisa menyesuaikan diri dengan berbagai kebiasaan warganya.

Seperti yang kamu lihat dari adegan drama-drama Korea, ada banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di sana, terutama budayanya. Hanya saja, itu belum semuanya. Masih ada beberapa kebiasaan warga Korea yang mungkin bisa membuatmu menggeleng-gelengan kepala.

Apa saja?

1. Tidak ada budaya makan sendiri di Korea

Dengan kata lain, makan sendiri (khususnya di restoran dan tempat makan lainnya) merupakan hal yang tabu di sana. Jika kamu berani melanggar budaya itu, kamu akan dianggap sebagai orang aneh karena tidak punya siapa-siapa. Tentu kamu tidak ingin ‘disambut’ dengan prasangka seperti itu, kan?

Di Korea, makan sendiri adalah hal yang tabu. – whenonearth.net

2. Menggosok gigi adalah hal wajib setiap selesai makan

Berbeda dengan budaya kita yang terbiasa menggosok gigi dua kali sehari, warga Korea akan melakukan kebiasaan yang sama setiap kali mereka selesai makan. Jadi, kamu harus mengikuti kebiasaan itu agar benar-benar bisa diterima dengan baik di sana.

Tidak hanya dua kali sehari, warga Korea akan menggosok gigi setiap kali selesai makan. – kakaeynotes.com

3. Kamu akan melihat tanaman di mana-mana

Ini bukan tentang hutan atau taman kota yang tak terhitung banyaknya. Di sana, kamu akan melihat banyak lahan kosong yang ditanami berbagai tanaman yang layak dikonsumsi. Entah itu lahan kosong seluas lapangan bola, atau pun lahan sempit seperti sudut rumah, teras, atau garasi.

Kamu akan mudah melihat pemandangan seperti ini di Korea. – flickr.com

4. Kamu akan menemukan gula pada makanan yang tidak seharusnya

Ketika menikmati kuliner di sana, jangan heran kalau kamu menemukan taburan gula pada makanan-makanan yang tidak seharusnya ada seperti di Indonesia. Roti panggang, garlic bread, dan banyak jenis makanan lainnya pasti akan selalu dipermanis dengan gula. Korea suka manis? Mungkin saja.

Selalu ada gula pada banyak makanan di Korea. – themanthechefthedad.wordpress.com

5. Semua orang akan memperhatikanmu

Ini yang paling unik. Kalau kamu memenuhi standar kecantikan/ketampanan Korea, maka warga di sana akan spontan mengatakan bahwa kamu cantik/tampan. Kamu akan jadi semacam artis kecil di mana pun kamu berada.

Kamu, bisa saja menjadi pusat perhatian seperti ini. – businessinsider.com

Namun sebaliknya, jika wajahmu ternyata tidak memenuhi kriteria, bersiaplah untuk melewati hari-hari yang sangat berat di sana. Kamu, akan diejek dan di-bully secara suka rela. Karena faktanya, warga Korea adalah tipe masyarakat yang sangat vokal.

Jadi bagaimana, sudah siap merealisasikan mimpimu untuk jalan-jalan ke Korea dan membaur dengan warganya?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

5 Kesalahan Paling Sering Dilakukan Anak Muda yang Akhirnya Bikin Menyesal

Faktanya, Tidur Bisa Membuatmu Jauh Lebih Berprestasi. Tak Percaya? Ini Buktinya!