Patung Garuda Wisnu Kencana Akhirnya Rampung Setelah 28 Tahun! Seperti Inilah Hasilnya

Bangga juga ya, kita punya patung tertinggi kedua di dunia loh!

Setelah empat kali ganti Presiden, Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali akhirnya selesai dikerjakan. Proyek yang digagas oleh seniman Nyoman Nuarta, Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Joop Ave, Menteri Pertambangan dan Energi IB Sudjana, serta Gubernur Bali Ida Bagus Oka ini menghabiskan watu 28 tahun pengerjaan sejak mulai disetujui oleh Presiden Soeharto di tahun 1990.

Dalam kurun waktu selama itu, ada banyak suka-duka yang meliputinya. Nyoman Nuarta bahkan berujar kalau dirinya merasa lega, sebab proyek ini dimulai sejak dirinya masih muda hingga kini sudah kian menua. Lantas, seperti apakah keindahan patung ini? Mari kita lihat penampakannya.

(Instagram/@abdidharma22)

GWK disebut-sebut sebagai patung tertinggi kedua di dunia dengan ketinggian lebih dari 100 meter. Sementara posisi pertama patung tertinggi di dunia masih dipegang oleh Spring Temple Buddha di China yang mempunyai ketinggian 128 meter.

(Instagram/@heightlife)

Lokasi pembangunan GWK dulunya merupakan tempat penambangan kapur liar yang sudah tidak produktif lagi dan ditinggalkan dalam kondisi tidak baik. Salah satu penyebab terhentinya proyek GWK ini disebabkan oleh krisis moneter yang menghantam Indonesia pada tahun 1998 silam.

(Instagram/@cheltagram)

Setelah 28 tahun berselang, akhirnya patung ini akan bisa kita nikmati bersama secara utuh. Oleh karena itu, akan digelar syukuran pada tanggal 4 Agustus 2018 dengan agenda menampilkan pertunjukan seni di Cultural Park GWK, termasuk dengan penampilan dari sejumlah artis lain.

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *