Bertahun-tahun Membingungkan Para Ilmuan, Akhirnya Fungsi Lekukan Diatas Bibir Kini Terkuak

Mungkin kamu setiap hari melihatnya, tapi apakah kamu tahu fungsinya?

Tuhan menciptakan segala sesuatu tentu tidak ada yang sia-sia, segala sesuatu tentu memiliki fungsinya masing-masing. Termasuk dengan segala sesuatu yang Tuhan ciptakan di setiap organ tubuh manusia.

Baca juga : Terkadang, Mata Bisa Lebih Banyak Bercerita Ketimbang Bibir

lekukan diatas bibir (pinimg.com)

Namun manusia tidak sepenuhnya memahami beberapa fungsi organ yang ada di tubuh manusia. Salah satu bagian tubuh yang membingungkan para ilmuan ialah fungsi lekukan kecil diatas bibir manusia.

 Apa sih lekukan kecil diatas bibir manusia itu?

Dalam bahasa Inggris, lekukan kecil diatas bibir ini disebut dengan PhiltrumPhiltrum, merupakan lekukan vertikal yang ada di bagian atas tengah bibir manusia. Mungkin kamu kerap melihat bagian tubuh ini, namun mungkin kamu belum menyadari fungsi dari bagian tubuh yang satu ini bukan?

lekukan diatas bibir (lavishtrend.com)

Namun lekukan kecil ini tidak hanya ada pada manusia, namun lebih luas beberapa mamalia ternyata memiliki lekukan kecil diatas bibir ini.

Fungsi lekukan kecil diatas bibir

Para ilmuan harus menghabiskan beberapa dekade waktu untuk meneliti apa sebenarnya fungsi bagian tubuh yang satu ini. Hingga muncullah sebuah hipotesis yang mengatakan fungsi dari Philtrum ini.

fungsi lekukan kecil diatas bibir (wikimedia.org)

Awalnya para ilmuan memberikan penjelasan jika fungsi Philtrum atau lekukan kecil diatas bibir sebagai alur sempit yang mampu membawa uap air dari mulut ke rhinarium atau bantalan hidung melalui kapiler untuk menjaga hidung agar tetap basah.

Kondisi bantalan hidung yang selalu dalam kondisi basah konon akan lebih sensitif dalam menerima rangsangan bau.

Penemuan terbaru tentang fungsi lekukan kecil diatas bibir

Penelitian terbaru menjelaskan, jika lekukan kecil diatas bibir manusia ternyata menjadi sebuah fitur definisi wajah seorang yang sangat membantu dalam proses pengenalan atau pembeda terhadap wajah orang yang kembar.

selain untuk mempercntik juga memiliki fungsi yang lain loh (piercingtime.com)

Pembentukan Philtrum pada manusia mulai terlihat dari trimester awal janin dalam kandungan. Selama proses evolusi wajah manusia dalam janin, Philtrum juga akan mengalami perubahan bentuk. Jika proses perubahan ini gagal, maka janin akan lahir dengan bentuk bibir sumbing.

Kondisi bibir sumbing (rstentarabinjai.com)

Jadi itulah fungsi lekukan kecil yang berada diatas bibir kita, selain menjadi pemercantik bentuk wajah manusia, fungsi lain dari Philtrum ialah menjadi alur uap udara yang membuat bantalan hidung selalu basah, dan menjadi pembeda antara satu wajah dengan wajah yang lainnya, meskipun itu wajah yang kembar.

 

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Miris, Indonesia Adalah Surganya Perokok Anak-Anak

Karena Nggak Ada yang Nggak Mungkin, 4 Pedagang Asongan Ini Berhasil Jadi Miliarder