‘Pikipik’ dan Frasa-Frasa Lucu Lain yang Viral di Kalangan Anak 90’an

“Bodo amat, emangnya gue pikirin. Pikipik!”

Setiap generasi pasti punya ciri khasnya masing-masing. Dan, salah satu masa dimana banyak frasa atau kata-kata lucu nan absurd itu adalah tahun 90’an. Jadi, mari bernostalgia sejenak dengan kalimat-kalimat yang pernah keluar dari mulut kamu yang belum juga fasih melafalkan kata hangout.

1. Auk ah gelap

Kalimat ini dipopulerkan oleh Jody Super Bejo dalam sebuah acara komedi di TV. Setelah acara itu, ‘Auk Ah Gelap’ langsung jadi frasa wajib anak-anak muda tahun 90’an. ‘Auk Ah Gelap’ sendiri merupakan ungkapan ketidaktahuan atau masa bodo terhadap suatu pertanyaan atau penjelasan.

2. Spotaker

Frasa ini terkesan seperti bahasa Inggris, tapi bukan. Sebelum istilah ‘berak’ populer, ‘spotaker’ lebih dulu vial, yang merupakan kependekan dari Sepotong Tai Kering. Dan sama seperti ‘berak’, ‘spotaker’ juga digunakan untuk meledek teman yang sedang buang air besar.

3. Muke lu jauh

Saat sebuah band rap bernama NEO mengeluarkan single berjudul ‘Borju’ dan sering diputar di TV dan radio, lagu tersebut langsung menghipnotis pecinta musik tanah air. Menariknya, bukan hanya lagunya yang populer, tapi juga salah satu bagian dari lirik lagunya: ‘muke lu jauh’.

elu borju jangan blagu lagak lu tu sok tau ini itu liat dulu karna semua orang bisa begitu
elu borju jangan blagu lagak lu tu sok tau ini itu liat dulu kalo belagu muke lu jauh

Frasa ini jadi salah satu andalan anak-anak 90’an untuk meledek orang yang sombong nan belagu.

4. Tekita? Lu kali

Setelah munculnya minuman teh yang tersedia dalam kemasan botol bernama Tekita muncul, anak angkatan 90’an langsung mengapresiasinya. Bentuknya, adalah dengan menjadikan minuman itu sebagai salah satu lelucon terbaik saat itu. “Tekita? Lu kali”

5. Pikipik

Kalau yang ini, nggak jelas apa maksudnya dan entah dari mana asalnya. Tapi bagi generasi 90’an, frasa ini bisa berarti suatu ketidakpedulian atau masa bodo. Contoh penggunaannya seperti ini:

Budi: “Wah.. parah lu! Anak orang lu bikin nangis darah kayak gitu!”
Mamat: “Bodo amat, emangnya gue pikirin. Pikipik!”

Kamu yang angkatan 90’an pasti ingat dengan frasa-frasa di atas kan? Dan setelah membacanya, kamu pasti ingat dengan kenangan-kenangan yang pernah kamu alami dulu. Terus.. akhirnya kamu pun sadar kalau ternyata sekarang kamu sudah tua. Eaa…

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *