Instagram Luncurkan Fitur Baru, Selamat Tinggal Bullying!

Semoga dengan adanya fitur ini haters di dunia maya semakin berkurang.

Saat ini dengan hadirnya media sosial, interaksi antara satu orang dengan yang lainnya semakin terasa dekat. Tanpa terkecuali interaksi para artis dengan khalayak. Dampaknya, kini masyarakat bisa langsung berinteraksi dengan tokoh atau artis terkenal hanya dengan media sosial.

Dengan instagram kini interaksi antara publik figur dan masyarakat lebih dekat (telset.id)

Sayangnya, tidak semua interaksi dalam media sosial bernilai positif. Banyak juga warganet yang menggunakan media sosial seperti instagram, justru untuk menuangkan rasa ketidaksukaannya terhadap artis atau tokoh tertentu, atau biasa disebut haters.

Para haters ini lebih menyukai hal-hal buruk pada orang yang ia benci. Hingga tidak jarang ia sampai menghujat dan membully orang yang dia tidak suka. Dampak bully-an para haters di media sosial tidak main-main loh, banyak juga bully-a haters berujung pada ranah hukum.

Sayangnya instagram banyak dijaidkan media menghujat seseorang (e2msolutions.com)

Untuk meminimalisir perliku bullying di Instagram, baru-baru ini aplikasi besutan Kevin Systrom ini telah mengeluarkan fitur baru yang disebut-sebut sebagai fitur anti bullying. Fitur ini bekerja menyaring komentar-komentar negatif yang merujuk pada perilaku bullying.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur anti bullying di Instagram?

Untuk mengaktifkan fitur anti bullying ini, pengguna harus mengupdate apilkasi instagram ke versi 43.0.0, baik pengguna Android maupun iOS.

Jika pengguna sudah menggunakan instagram versi 43.0.0 maka ia bisa mengaktifkan fitur anti bullying dengan memilih menu setting atau pengaturan, gulirkan ke bawah hingga menemukan opsi komentar, lalu pilih opsi komentar hingga kamu akan masuk di menu kendali komentar.

Cara mengaktifkan fitur antu bullying di Instagram (tekno.idntheme.com)

Di menu kendali komentar ini, kamu bisa memfilter otomatis komentar-komentar yang menjurus ke bullying, dengan mengaktifkan filter otomatis pada opsi hide offensive coment  (sembunyikan komentar yang menyinggung).

Instagram dengan algoritma terbarunya akan mengetahui mana saja komentar yang merujuk ke pembully-an.

Tidak hanya itu, kamu juga memblokir komentar dari orang-orang tertentu yang kamu anggap sebagai haters yang suka membully, dengan mengaktifkan opsi blokir komentar dari. Pilih opsi blokir komentar dari, kemudian masukan nama akun yang suka membully, dan pilih bolkir. Secara otomatis akun yang kamu blokir tidak bisa lagi komentar di postinganmu.

Cara mengaktifkan fitur anti bullying di instagram

Fitur ini juga menawarkan filter manual, dimana pengguna bisa memasukan kata-kata yang menurutnya tidak pantas ada di kolom komentarnya.  Namun sayangnya, filter manual ini masih terbatas hanya bisa digunakan untuk bahasa tertentu saja.

Adanya fitur baru ini setidaknya memberikan angin segar bagi para artis dan tokoh publik, yang selama ini sering dihujat dan di bully di media sosial. Setidaknya mari kita jadikan media sosial untuk saling berbgai kebaikan dan mencari teman, bukan sebaliknya.

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *