Yuk Nostalgia Kisah Kasih di Sekolah Lewat 4 Film SMA 2000an Ini

Ada Apa Dengan Cinta? Dan beberapa film lain tentang kisah kasih anak SMA yang mungkin kamu juga pernah merasakannya

Demam kelanjutan kisah cinta antara Rangga dan Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta? 2 (AADC 2) tak kunjung usai juga. Bukan hal yang mengherankan jika ratusan ribu penonton hanyut dalam euforia AADC 2, mengingat film pendahulunya juga mendulang kesuksesan dan butuh waktu 14 tahun lamanya untuk menghadirkan kelanjutan kisah dalam film tersebut.

AADC saat itu menjadi primadona, yang membayar kerinduan penonton akan kisah-kasih anak SMA yang sempat ngehits di era sebelumnya. Setelah AADC pun ada beberapa film yang juga mengusung tema anak SMA. Berikut ini adalah ulasan tentang film AADC dan 3 film lain yang bisa membuat kamu nostalgia dengan kisah-kasih sewaktu masih duduk di bangku SMA.

1. Ada Apa Dengan Cinta

Ada Apa dengan Cinta  adalah film yang memadukan chemistry antara Cinta (Dian Sastro) dan Rangga (Nicolas Saputra). Dua insan anak SMA yang saling cinta setelah sebelumnya saling berseteru satu sama lain. Film ini rilis tahun 2002 silam, namun ingatan tentang film ini tak pernah hilang dari benak para penontonnya. Ini karena AADC tak hanya dibumbui dengan kisah asmara saja.

Ada Apa Dengan Cinta [via cnnindonesia.com]
Ada Apa Dengan Cinta [via cnnindonesia.com]
Di dalamnya ada muatan tentang persahabatan dan keadaan yang mencerminkan fenomena di kehidupan nyata. Ya, persahabatan dalam bentuk Geng Cinta memang begitu kuat menyihir para menonton. Pemain pendukung seperti Titi Kamal, Ladya Cheryl, Sissy Priscillia dan Adinia Wirasti juga bermain apik. Bahkan setelah 14 tahun berlalu pun penonton masih begitu antusias dan penasaran dengan AADC 2 yang rilis April 2016 kemarin. Buktinya, film besutan Riri Riza dan Mira Lesmana itu mencetak sejarah dengan penonton terbanyak di hari pertama tayang sepanjang sejarah perfilman nasional.

2. Dealova

Dealova adalah film yang rilis tahun 2005. Mengusung konsep percintaan dan rasa haru karena penyakit dan kematian. Film ini sukses mengundang tangis para penonton, karena sang sutradara sendiri yaitu Dian Sasmita begitu piawai mengarahkan para pemerannya untuk hanyut dalam jalan cerita. Dealova juga mengambil tema tentang percintaan anak SMA.

Dealova [via muvila.com]
Dealova [via muvila.com]
Dealova didukung oleh aktor dan aktris yang saat itu sedang naik daun seperti Evan sanders, Ben Joshua, Jessica Iskandar dan Nagita Slavina. Awalnya nama Laudya Chintya Bella disebut-sebut menjadi pemeran utama dalam film ini, namun karena alasan ingin fokus pada sekolahnya, Bella Memutuskan untuk mengundurkan diri, dan sebagai gantinya dipilihlah Jessica Iskandar.

3. Catatan Akhir Sekolah

Di tangan Hanung Bramantyo, sutradara kondang di balik suksesnya Ayat-ayat Cinta sebuah film yang mengusung tema persahabatan anak SMA pernah dibuat. Hanung menceritakan tentang cinta dan loyalitas dalam persahabatan dalam film bertajuk Catatan Akhir Sekolah. Rilis tahun 2005, film ini menjadi daya tarik sendiri pada masanya.

Catatan Akhir Sekolah [via eigarebyu.blogspot.com]
Catatan Akhir Sekolah [via eigarebyu.blogspot.com]
Bercerita tentang perjalanan tiga anak SMA yang masih labil dan memiliki karakter yang berbeda satu sama lain. Tiga anak SMA itu adalah  Arian (Vino G Bastian), Agni (Ramon Y Tungka) dan Alde (Marcel Candrawinata). Mereka bertiga berniat untuk mendokumentasikan kegiatan sewaktu di sekolah. Dengan akting apik dari para pemerannya, film ini memang bagus dan layak untuk ditonton.

4. The Tarix Jabrix

Masih ingat dengan The Changcuters, kelompok musik ini begitu menyita perhatian hingga ada yang menawari mereka untuk merambah ke dunia peran dengan membintangi film layar lebar. Alhasil, dibuatlah film berjudul The Tarix Jabrix yang berhasil rilis pada tahun 2008 silam. Tentu saja film bergenre komedi romantis ini menceritakan tentang pergaulan anak SMA.

The Tarix Jabrix [viabean5spilled.wordpress.com ]
The Tarix Jabrix [viabean5spilled.wordpress.com ]
Selain para personil The Changcuters, ada bintang film lainnya yang turut juga menyukseskan film tersebut yaitu Carissa Putri, Francine Roosenda, Ario Bayu hingga Edi Brokoli. Bercerita tentang lima sekawan anak SMA yang menjadi geng motor baik dan taat peraturan, membuat film ini lucu tapi juga romantis.

Itulah empat film yang bisa membuat kita bernostalgia mengingat kisah-kasih di sewaktu masih duduk di Bangku SMA. Meski telah lama, film tersebut tidak membosankan ditonton untuk yang kesekian kalinya.

Written by Titasya Anugraheni

Titasya Anugraheni

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *