4 Film Tentang Mitologi Asli Indonesia, Seru untuk Ditonton

Indonesia tempatnya legenda dan mitos, beberapa di antaranya pernah di filmkan.

Indonesia terdiri dari banyak pulau, maka tak heran jika budayanya juga beragam. Beda suku, beda pula kepercayaan tentang mitos dan legendanya. Hingga saat ini legenda-legenda tersebut tetap dilestarikan dan diceritakan dari generasi ke generasi. Bahkan ada sebagian orang yang meyakini jika legenda yang berkembang saat ini bukan sekadar mitos belaka, tapi memang benar adanya. Meski begitu, karena tidak adanya bukti nyata, maka beberapa makhluk dalam cerita rakyat tetap dianggap sebagai mitologi.

Mitologi sendiri adalah kajian tentang berbagai mitos yang berkembang di masyarakat. Di Yunani terkenal mitologi tentang dewa-dewi penguasa Olympus. Lain lagi dengan Indonesia, kamu mugkin tahu tantang Nyi Roro Kidul, Tuyul, hingga Babi Ngepet. Semua itu adalah mitologi asli Indonesia. Saking eratnya dengan budaya negeri ini, beberapa mitologi dibuatkan versi filmnya. Dengan jalan cerita yang mengadaptasi kepercayaan masyarakat, beberapa film berikut ini cukup seru untuk ditonton meski sudah beberapa tahun sejak pertama kali dirilis.

1. Tuyul

Tuyul adalah makhluk mitologi yang dipercaya bisa digunakan sebagai pesugihan, berwujud anak kecil dan konon bila dirawat ia bisa disuruh untuk mencuri uang. Tentunya dengan mengandalkan kekuatan ghaibnya. Billy Christian mengadaptsai mitos tentang Tuyul untuk membuat sebuah film. Beberapa aktor terkenal ikut ambil bagian dalam film yang rilis tahun 2015 tersebut.

Tuyul [via sidomi.com]
Tuyul [via sidomi.com]
Sebut saja Dinda Kanya Dewi, Gandhi Fernando, Citra Prima, Inggrid Widjanarko, dan Karina Nadila. Berkisah tentang sepasang suami istri yang diteror oleh sosok misterius setelah pindah ke sebuah rumah di daerah pegunungan, film Tuyul sukses menyabet beberapa penghargaan bergengsi di luar negeri, salah satunya adalah di  Winter Film Awards.

2. Buaya Putih

Kita menuju film di tahun 80an. Di era ini hingga 90an, layar lebar Indonesia memang banyak menampilkan film yang diadaptasi dari mitologi. Salah satunya adalah Buaya Putih, yaitu sosok siluman yang menjadi kepercayaan sebagian masyarakat Jawa. Tahun 1982, seorang sutradara kondang bernama  Fritz G Schadt membuat film berdasarkan cerita rakyat tentang sosok siluman tersebut.

Suzanna [via youtube.com]
Suzanna [via youtube.com]
Fritz mengusung cerita tentang pawang buaya yang terkena kutukan setelah membunuh temannya. Pada masanya, film ini begitu terkenal karena selain cerita yang bagus, artis yang berperan juga menyita perhatian. Salah satunya adalah Suzzanna yang dikenal sebagai ratu horor. Suzzanna memerankan tokoh Larsih yang ternyata adalah Ratu Buaya Putih.

3. 7 Manusia Harimau

Jika kamu adalah pencinta sinetron, pasti tahu tentang serial televisi berjudul 7 Manusia Harimau. Jauh sebelumnya, ternyata sudah ada versi filmnya yang nggak kalah keren dan menarik untuk ditonton. Justru film Indonesia zaman dulu lebih kaya akan pesan moral dan tidak berlebihan. Dengan judul yang sama, Imam Tantowi merilis film tentang manusia yang memiliki kekuatan dan bisa berubah wujud menjadi harimau.

7 Manusia Harimau 1986 (via google image)
7 Manusia Harimau 1986 (via google image)

Bercerita tentang seorang manusia harimau yang ingin menghilangkan kekuatannya, namun harus menghadapi lima manusia harimau lain yang tidak setuju dengan dirinya. Pemeran utama dalam film yang rilis tahun 1986 ini adalah Ray Sahetapy dan El Manik.

4. Kuntilanak

Kuntilanak juga termasuk makhluk mitologi Indonesia. Ada banyak versi tentang sosok hantu wanita tersebut di berbagai daerah. Di Jawa wujud Kuntilanak adalah wanita berambut panjang, cantik, dan sering menggunakan baju putih. Karena dendam, Kuntilanak dipercaya suka mengganggu wanita hamil dan bayi. Bahkan penyebutan Kuntilanak, karena makhluk ghaib tersebit suka menculik anak kecil dan bayi untuk meningkatkan kekuatannya. Populernya Kuntilanak di tengah masyarakat, membuat banyak sutradara membuat filmnya. Salah satu yang cukup terkenal adalah flm besutan Rizal Mantovani yang rilis tahun 2001.

Kuntilanak [via kanalpost.com]
Kuntilanak [via kanalpost.com]
Unsur mistis dan budaya begitu kental dalam film tersebut. Bercerita tentang seorang wanita yang memiliki wangsit memanggil Kuntilanak. Wanita yang bernama Sam dalam film tersebut  berusaha menghilangkan wangsit terkutuk, namun harus menghadapi penganut ilmu hitam yang menginginkan agar wangsit tersebut tetap ada. Julie Estelle berperan dengan sangat baik dalam film itu.

Itulah beberapa film yang mengadaptasi mitologi Indonesia, manakah film yang kamu favoritkan?

Written by Titasya Anugraheni

Titasya Anugraheni

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *