Bukan Hanya Mengumbar Paha dan Dada, 7 Film Horor Indonesia Ini Benar-benar Menguji Adrenalinmu

Berani nonton film ini sendirian?

520
SHARES

Mistis dan mitos merupakan “hidangan terlezat” bagi masyarakat Indonesia. Meskipun zaman sudah mengalami kemajuan, namun nuansa mistis tidak bisa terlepaskan dari kepercayaan masyarakat kita. Bahkan hal-hal mistis dan mitos yang tidak pernah terbukti kebenarannya, seperti dilestarikan turun temurun oleh masyarakat kita.

FIlm genre horor merupakan salah satu film terlaris di Indonesia (boombastis.com)

Hal tersebutlah yang mengundang para pemburu rupiah melihat peluang. Masyarakat Indonesia yang dikenal sebagai penikmat cerita mistis tentu akan merasa mendapatkan hidangan lezat ketika disuguhkan dengan film-film horor. Jadi tidak heran kalau film horor semenjak dulu kala menjamur di Indonesia.

Namun tentu ada perbedaan antara film horor jaman dahulu dengan film horor sekarang. Film horor sekarang tidak hanya menyajikan nuansa seram, namun juga nuansa erotis dari penampilan pemerannya. Jadi jika film horor diibaratkan dengan hidangan lezat, maka adegan erotis merupakan bumbu-bumbu pelengkapnya. Namun tidak dipungkiri, masih banyak film horor Indonesia yang menyajikan nuansa seram berkualitas. Apa sajakah film tersebut?

1. Pengabdi setan

Untuk film horor Indonesia terseram pertama berjudul Pengabdi Setan. Film garapan sutradara Siswono Gautama Putra Ini menjadi film terseram di zamannya. Bahkan kesuksesan film horor ini tidak hanya gemilang di dalam negeri, melainkan sukses di pasaran liar negeri seperti negara Eropa, Amerika dan Jepang, dengan judul Satan’s Slave.

Sempat sukses di eranya, film pengabdi setan akan diproduksi ulang (kritikusfilmgadungan.blogspot.co.id)

Keunggulan dari film horor yang booming di tahun 1980an ini, terletak dari alur ceritanya yang menyeramkan, serta adegan dan make up yang bisa bikin bulu kuduk berdiri. Pokoknya jangan coba-coba nonton film ini seorang diri deh. Kesuksesan film Pengabdi Setan sebagai salah satu film horor terseram sepanjang sejarah perfilman Indonesia, membuat sutrada ternama Joko Anwar mengumumkan akan memproduksi ulang film tersebut di akun Twitternya awal Maret 2017 lalu.

2. Sundel bolong

Buat kamu pecinta film horor tentu sepakat dengan penyebutan Suzanna sebagai ratu horornya Indonesia. Hampir setiap film horor yang dibintangi Suzanna sukses di pasaran. Penampilan Suzanna yang totalitas dalam memerankan tokoh hantu menjadikannya layak menyandang ratu horornya Indonesia.

Sundel Bolong merupakan salah satu film yang dibintangi Suzanna yang sukses di pasaran (youtube.com)

Salah satu film horor terbaik yang dibintangi Suzanna ialah berjudul Sundel Bolong. Film yang pertama kali tayang pada tahun 1981 ini berhasil menjadi film horor dambaan masyarakat Indonesia. Adegan yang tidak bisa dilupakan dari film ini ialah saat Suzanna menyantap ratusan tusuk sate dalam sekejap. Mungkin kamu juga inget kan? Bang satenya bang….

3. Kuntilanak

Film horor terseram selanjutnya ialah film Kuntilanak. Film yang pertama kali tayang pada tahun 2006 ini berhasil mendongkrak perfilman layar lebar Indonesia. Khususnya pecinta film horor. Kuntilanak dengan dibintangi beberapa artis papan atas seperti Julie Estelle, Ervan Sanders, Ratu Felisha, dan Ibnu jamil, berhasil menyedot jutaan penikmat film horor.

Kesuksesan film Kuntilanak membuat film ini diproduksi menjadi empat sekuel (indonesianfilmcenter.com)

Keberhasilan Film Kuntilanak dibuktikan dengan diproduksinya beberapa sekuel, dari Kuntilanak 1, Kuntilanak 2, Kuntilanak 3 dan Kuntilanak 4. Alur cerita dari film kuntilanak berawal dari kisah Samantha (Julie Estelle) yang memilih untuk ngekost, namun ternyata kamar kost yang ia huni memiliki aura mistis yang sangat kental. Bahkan tidak jarang muncul penampakkan kuntilanak di kamar kostnya. Kalau nekat nonton di film ini, minta ditemenin orang lain yah nontonnya.

5. Keramat

Jangan ngaku penikmat film horor kalau belum nonton film yang satu ini. Film dengan judul keramat bisa dikatakan beda dengan film pada umumnya, sebab film horor ini menggunakan konsep dokumentasi. Jadi seolah-olah penonton ikut hadir di dalam cerita tersebut dengan posisi kamera mewakili penonton.

sempat menjadi film horor terlaris, FIlm keramat menyajikan film dengan konsep video dokumenter (nawarsaputra.blogspot.co.id)

Itulah yang membuat penonton film ini merasa selalu tegang dan takut saat menonton film ini. Terlebih dengan beberapa adegan yang bisa dikatakan keterlaluan seremnya, seperti adegan orang berpakaian serba putih memanggul keranda dengan mayit diatasnya. Penampakkan pocong dipenginapan, gamelan yang bunyi sendiri, sampai nyanyian sinden saat salah satu aktris kesurupan.

Film keramat merupakan film yang berlatarkan di Yogyakarta. Berkisahkan tentang segerombolan anak muda yang hendak membuat film berjudul “Menari di Atas Angin”, namun sesampainya di Jogja, anak-anak muda dari Jakarta mendapatkan pengalaman mistis yang menyeramkan, bahkan beberapa diantaranya harus kehilangan nyawa.

6. Malam satu suro

Kembali ke ratu horornya Indonesia, Suzanna. Kali ini Suzanna tampil menjadi dua peran, yaitu menjadi manusia dan menjadi sundel bolong. Mungkin kamu yang suka nonton flm horor tidak asing dengan nama Suketi? Yah, itulah nama tokoh yang diperankan Suzanna di film ini.

Malam satu suro, film horor andalan masa dulu (trivia.id)

Suketi merupakan sundel bolong yang menjelma menjadi manusia setelah kepalanya ditusuk paku oleh seorang dukun. Ketika menjadi manusia, Suketi jatuh hati dengan laki-laki tampan asal Jakarta. Singkat cerita mereka pun berencana melanjutkan hubungannya ke pernikahan yang di lakukan di alas roban pada malam satu suro. Namun rencana pernikahan tersebut terancam gagal gegara ada pihak yang ingin mencabut paku dari kepala Suketi.

7. Danur

Film horor terseram selanjutnya merupakan film terbaru yang perdana tayang pada 30 Maret 2017 lalu. Film yang diangkat dari kisah nyata ini menceritakan kemampuan seorang bocah perempuan yang bisa melihat makhluk lain selain manusia. Anehnya ia juga berteman dekat dengan makhluk tersebut.

Danur merupakan film horor yang diangkat dari kisah nyata (youtube.com)

Aktris muda cantik berbakar Prilly Latuconsina merupakan pemeran tokoh utama Risa. Adegan-adegan menyeramkan sepanjang film Danur ini akan membuat adrenalin kamu benar-benar teruji. Terlebih dengan nyanyian Boneka Abdi yang sungguh menyeramkan membawa nuansa mistis kental terasa sepanjang 88 menit film Danur berlangsung.

Itulah tujuh film horor terbaik yang bisa kamu nikmati untuk melatih adrenalinmu. Jika menurutmu ada film horor lainnya yang tidak kalah menakutkan, kamu bisa menambahkan judulnya di kolom komentar ya guys.

520
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,