7 Fakta Unik Indonesia yang Tidak ada di Belahan Bumi Manapun

Dari gunung emas sampai bunga terbusuk di jagat raya ada di Indonesia!

Indonesia sebenarnya memiliki kekuatan politik, ideologi, budaya dan massa rakyat yang sangat kuat. Mungkin kamu pernah dengar jika seandainya seluruh rakyat Indonesia kencing di Singapura, maka tenggelamlah negara singapura beserta isinya. Meskipun hal itu hampir tidak mungkin terjadi, namun dari situ kita bisa menilai kebesaran wilayah dan banyaknya jumlah rakyat Indonesia.

Ngomongin tentang ke-Indonesia-an tentu tidak akan pernah ada selesainya, dari yang namanya permasalahan sosial, politik, ekonomi, dan budaya, selalu menarik untuk dibahas. Sebagai salah satu negara terbesar di dunia, Indonesia memiliki beberapa keunikan yang tidak dimiliki oleh negara manapun. Sejak jaman majapahit sampai jaman pasca milenium, Indonesia memiliki kenggulan dan keistimewaan tersendiri, bahkan negara adidaya seperti Amerika pun harus mengakui keunggulan Indonesia. Selain itu, kebiasaan dan kebudayaan masyarakat Indonesia juga terbilang cukup unik. Berikut Beberapa fakta unik Indonesia yang tidak ada di negara manapun.

1. Tradisi mudik lebaran

Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesai memiliki budaya yang unik bagi umat muslim saat lebaran. Yaitu tradisi mudik lebaran atau pulang ke kampung halaman. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia mudik bukan saja menjadi tradisi umat Islam, tetapi hampir semua masyarakat Indonesia melakukan mudik lebaran meskipun Ia bukan seorang muslim.

Adanya fenomena mudik lebaran menjadi keunikan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Hampir ratusan juta orang secara bersamaan pulang ke kampung halaman. Hal ini tentu menimbulkan masalah tersendiri, baik itu persoalan ekonomi, politik maupun budaya. Mudik lebaran dengan segala persoalannya masih terus berlanjut dari tahun ke tahun.

kompasiana.com
kompasiana.com

2. Negara dengan suku bangsa dan bahasa terbanyak di dunia

Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di dunia, Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas, luasnya hampir tujuh kali lipat luas negara Malaysia. Bahkan jika peta kita menggunakan peta Nusantara seperti jaman Majapahit maka sebagian wilayah kita sampai ke manila, Filipina, sebagian Malaysia, dan Brunei. Selain memiliki wilayah teritorial yang cukup luas, Indonesia juga menjadi satu-satunya negara di dunia yang memiliki jumlah suku dan bahasa terbanyak di dunia. Jumlah suku di Indonesia per 2010 mencapai 1340 suku dan 748 bahasa. Namun semua kemajemukan itu diikat dalam satu bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia.

uniquenewss.com
uniquenewss.com

 

3. di Indonesia terdapat tambang emas terbesar di dunia, namun masyarakat di sekitar tambang paling tertinggal.

Yang ketiga ini bisa dibilang unik, miris, atau bahkan mengenaskan. di Indonesia terdapat pulau emas terkaya di dunia. Hampir tanah di pulau ini mengandung emas murni yang melimpah. Bahkan konon jika tiba musim hujan lalu ada gunung yang tanah longsor, maka bongkahan emas ada dimana-mana. Coba tebak pulau apa yang dimaksud? Yupzz.. tepat sekali, pulau Papua. Pulau ini merupakan produsen emas terbesar di dunia. Bayangin aja, dalam sehari PT. Freeport bisa mengeruk emas di Papua mencapai 238 ton per hari.

Namun sayangnya, meskipun berada di pulau emas, namun penduduk lokal di Papua bisa dikatakan sebagai daerah paling tertinggal di Indonesia, baik dari segi SDM, pendidikan, akses jalan, maupun kesehatan, pulau Papua masih tertinggal dari daerah lain. Terlebih dengan daerah Papua pedalaman.

anisavitri.wordpress.com
anisavitri.wordpress.com

4. Tisue toilet digunakan di meja warung makan

Ini yang tidak kalah unik di Indonesia, fakta unik Indonesia banget pokoknya. Kalian pasti pernah menemukan tisue toilet yang nangkring di meja makan. Jorok gak sih? Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia sudah tidak lagi merasa jorok atau jijik. Toh masih baru katanya. Hal seperti ini paling sering ditemukan di warung bakso atau mie ayam. Meskipun kelihatannya aneh, namun tisue toilet yang digunakan untuk mengelap mulut setelah habis makan sudah menjadi hal yang lumrah bagi masyarakat kita.

grosirtissue.blogspot.co.id
grosirtissue.blogspot.co.id

5. Indonesia berada diantara dua samudera dan dua benua

Secara geografis Indonesia terletak di dua benua besar, yaitu benua Asia dan Australia. Letaknya yang diampit dua benua ini menjadikan Indonesia merupakan jalur perdagangan yang ramai. Selain itu, wilayah maritim Indonesia berada di dua samudra besar, yaitu samudra hindia dan samudra pasifik. Dengan berada diantara dua samudra dan dua benua, Indonesia menjadi satu-satunya negara di dunia yang letaknya diampit lautan luas dan daratan besar.

infoindonesia.wordpress.com
infoindonesia.wordpress.com

6. Bunga paling bau se- jagat raya ada di Indonesia

Pernah dengan nama bunga bangkai? Apa bedanya dengan bunga rafflesia? Banyak orang yang salah dengan menyamakan kedua bunga langka ini. Kedua jenis bunga ini merupakan bunga langka yang hidup di Indonesia, salah satunya tentu bunga bangkai. Dinamkan bunga bangkai sebab baunya yang busuk seperti bangkai. Bunga ini merupakan bunga dengan aroma terbusuk dijagat raya ini. Adapun perbedaan bunga rafflesia dengan bunga bangkai yaitu kalau bunga rafflesia tidak berbau busuk, selain itu bunga bangkai memiliki batang, sedangkan bunga rafflesia tidak.

isigood.com
isigood.com

7. Terdapat binatang purba yang masih bertahan sampai sekarang

Kamu pernah nonton film Jurassic Park? Film yang menceritakan tentang bangkitnya hewan-hewan purbakala seperti dinosaurus, titanosaurus, theropoda, sauropoda dan lain sebagainya ini menggambarkan bagaimana bentuk hewan purbakala saat itu. Tapi itu hanya film yang merupakan imajinasi dari seorang sutradara, jika kamu menginginkan melihat langsung penampakan hewan purbakala, kalian beruntung hidup di Indonesia, sebab kamu bisa langsung menyaksikan bentuk hewan purbakala secara nyata dengan mengunjungi pulau komodo. Komodo merupakan hewan purbakala yang bersifat endemik, yaitu hanya hidup di derah tertentu. Komodo hanya hidup di pulau komodo nusa tenggara timur Indonesia.

satujam.com
satujam.com

itulah beberapa fakta unik Indonesia yang dapat kami rangkum. Bagaimana menurutmu, apalagi yang menurutmu unik di Indonesia?

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *