6 Hal Penting yang Terungkap dari Trailer Ada Apa dengan Cinta 2

Garis besar alur cerita AADC 2 terungkap lewat cuplikan berdurasi 1 menit 53 detik ini

Pada Rabu, 9 Maret 2016 kemarin Miles Film resmi meluncurkan trailer film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2). Banyak hal yang terungkap mengingat sebelum cuplikan ini dirilis, para pemain dan kru berusaha keras menutupinya.

Dari trailer berdurasi 1 menit 53 detik yang diunggah di YouTube itu, setidaknya ada enam hal penting yang bisa menggambarkan alur cerita film garapan Mira Lesmana dan Riri Riza ini.

1. Cerita berawal di Yogyakarta

Kota Yogyakarta memang mendapat porsi paling banyak dalam proses pembuatan film AADC 2. Dua kota lainnya adalah Jakarta dan New York. Maka tidak salah kalau kota pelajar ini dijadikan tempat untuk memulai kisah Rangga dan Cinta.

Mereka akan memulai kisah di Yogyakarta (Via kanaltigapuluh.info).
Mereka akan memulai kisah di Yogyakarta (Via kanaltigapuluh.info).

Diceritakan, Dian mengajak ketiga rekannya berlibur dari penatnya Jakarta menuju Yogya. Kuartet ini menemui Cinta yang telah lama tidak berkumpul bersama. Pertemuan Cinta dan Rangga juga terjadi di Yogyakarta. Namun, jawaban mengapa mereka bisa bertemu di Yogyakarta sepertinya harus menunggu sampai filmnya dirilis.

2. Rangga menjadi seorang penulis

Berbeda dengan versi mini dramanya yang dirilis akhir 2014, Rangga dalam AADC 2 tidak berprofesi sebagai fotografer. Melalui sebuah dialog dengan tokoh bernama Rob, diketahui bahwa Rangga yang tinggal di New York telah menjadi seorang penulis. Hal ini sejalan dengan film AADC yang mengisahkan Rangga sangat menyukai bidang sastra.

Di New York, Rangga menjadi seorang penulis (Via aws-dist.brta.in).
Di New York, Rangga menjadi seorang penulis (Via aws-dist.brta.in).

3. Mamet ‘baikan’ dengan geng Cinta

Di film pertama, Mamet digambarkan sebagai karakter lugu dan berpenampilan culun. Dia ingin sekali masuk dalam kehidupan geng Cinta. Walaupun kehadirannya sering diabaikan, namun jasanya sangat besar terhadap Cinta dan kawan-kawan.

Di AADC 2, Mamet tidak lagi dipandang sebelah mata oleh geng Cinta. Bahkan dialah yang mengemudikan mobil yang dinaiki Cinta dan kawan-kawan menyusuri kota Yogyakarta.

Di AADC 2, Mamet tidak lagi dianaktirikan oleh geng Cinta (Via aribowo.net).

4. Dialog yang selalu diingat

Dalam film AADC, ada beberapa dialog yang menjadi sangat populer karena mudah diingat dan berkesan. Salah satunya adalah ketika Cinta menumpahkan emosinya kepada Rangga di depan ruang majalah dinding sekolah karena dianggap sebagai perempuan manja.

“Elu mau diwawancara sekarang? Basi! Madingnya udah siap terbit,”

Juga ketika Rangga menghampiri Cinta di lapangan basket. Awalnya Rangga ingin meminta maaf karena telah membuat Cinta marah ketika dia menuduh Cinta malu diajak berbicara di tempat ramai.

“Sekarang kalau elu ngerasa aneh di tempat rame kayak gini, itu salah siapa? Sekarang gue tanya? Salah gue? Terus kalau elu sekarang enggak punya teman sama sekali kayak sekarang itu salah siapa? Salah gue? Salah teman-teman gue?”

Dialog-dialog seperti itu berhasil menyita perhatian para penonton. Dan di AADC 2, kamu juga akan menemukan beberapa dialog yang memorable. Salah satu contohnya adalah ketika Cinta bertemu Rangga di sebuah kafe.

“Rangga yang kamu lakukan ke saya itu jahat.”

Adegan ini telah menjadi viral di sosial media karena 'ulah' netizen (Via duniaku.net).
Adegan ini menjadi viral di sosial media karena ‘ulah’ netizen (Via duniaku.net).

Dialog pendek tersebut langsung dijadikan ide oleh para netizen untuk dijadikan meme yang berseliweran di sosial media. Isinya tentu saja parodi dari dialog aslinya.

5. Rangga mengungkapkan cintanya pada Cinta

Di akhir trailer, Rangga mengatakan, “Saya cinta kamu.” Sangat mungkin itu adalah ungkapan tulus dari hati Rangga untuk Cinta. Dialog itu penting mengingat dalam film pertama ketika adegan terakhir di bandara, Rangga belum sempat mengungkapkan rasa cintanya. Saat itu Rangga hanya membalas pernyataan sayang yang diungkapkan Cinta sambil memeluknya.

Kalimat "aku cinta kamu" akan diucapkan Rangga kepada Cinta (Via kolongfilm.xyz).
Kalimat “aku cinta kamu” akan diucapkan Rangga kepada Cinta di AADC 2 (Via kolongfilm.xyz).

6. Kembali berpisah di bandara

Lagi, akhir film AADC 2 juga terjadi di bandara seperti film pertamanya. Rangga sepertinya kembali meninggalkan Cinta. Dalam dua adegan tersebut (AADC dan AADC 2), Rangga memakai pakaian yang sama; kemeja kotak-kotak lengan panjang berwarna merah.

Cinta dan Rangga akan kembali berpisah (Via aws-dist.brta.in).
Cinta dan Rangga akan kembali berpisah (Via aws-dist.brta.in).

Ketika sampai di bandara, tidak kelihatan sosok Cinta yang ikut menemani Rangga. Mungkin karena mereka berdua sudah lebih dulu berpamitan di adegan sebelumnya.

“Goodbye Rangga,” kata Cinta sambil menjabat tangan Rangga.

Berdasarkan trailer resminya yang langsung ditonton ribuan viewer itu, dipastikan film AADC 2 akan meledak seperti sekuel pertamanya. Bagaimanapun, Ada Apa dengan Cinta telah membangkitkan dunia perfilman Indonesia yang lesu kala itu. Dan, AADC 2 akan menjadi barometer bagaimana seharusnya film terbaik itu dibuat.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *