5 Fakta Dreamcatcher yang Wajib Diketahui Sebelum Menggantungnya di Kamarmu

Ternyata dulu dreamcatcher bukanlah penangkap mimpi, kamu harus tau ini sebelum memasangnya di kamarmu

Kamu pasti tau apa itu dreamcatcher, dreamcatcher mulai dikenal sejak muncul di drama korea “The Heirs” yang di bintangi oleh Lee Min Ho dan Juga Park Shin Hye. Selain akting 2 bintangnya yang memukau, ternyata penonton juga mengagumi hal lain yang muncul dalam drama tersebut, ya itu dreamcatcher. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak apa fungsi benda ini, dreamcatcher atau penangkap mimpi merupakan kepercayaan penduduk pribumi Amerika yaitu bangsa Indian. Dreamcatcher dipercaya dapat menangkap mimpi baik dan menjauhkan dari mimpi buruk. Di Indonesia sendiri, dreamcatcher sudah banyak dijual di toko-toko aksesoris dengan berbagai macam bentuk yang menarik, namun tetap sesuai dengan bentuk asli yaitu bulat dengan jaring-jaring dan lubang ditengahnya. Nah, kalau kamu ingin menggantungkan dreamcatcher ini dikamarmu kamu harus paham dan tau dulu fakta-fakta tentang dreamcatcher ini.

(Via puckermob.com)
(Via puckermob.com)

1. Asal muasal dreamcatcher

Dari yang kita ketahui, dreamcatcher pertama kali muncul dari suku Ojibwe. Menurut orang-orang Ojibwe dreamcatcher ada hubungannya dengan wanita laba-laba yang bernama Asibikaashi yang menjaga anak-anak dan orang-orang disana. Suatu ketika suku Ojibwe berpindah tempat, Asibikaashi kesulitan untuk menjaga dan melindungi mereka, sehingga mereka membuat dreamcatcher sebagai tanda untuk Asibikaashi agar selalu bisa melindungi suku Ojibwe dimanapun mereka berada. Dreamcatcher sendiri memiliki beberapa nama, dalam bahasa asli, dreamcatcher bernama bawaajige nagwaagan yang berati penangkap mimpi atau asabikeshiinh.

(Via only-qisti.blogspot.com)
(Via only-qisti.blogspot.com)

2. Awalnya digunakan sebagai simbol persatuan

Dreamcatcher pertama kali muncul dari orang-orang Ojibwe, baru setelahnya banyak diadopsi oleh orang-orang suku sekitar Ojibwe melalui pertukaran dan pernikahan antar suku. Suku Amerika sendiri baru mengenal kebudayaan ini setelah pergerakan Pan-Indian di tahun 1960-1970an. Menurut teori beberapa orang, dreamcatcher ini pernah menjadi simbol persatuan lho. Dreamcatcher digunakan sebagai simbol untuk menyatukan banyak suku yang ada pada masa itu. Karena terlalu dikomersilkan sehingga dreamcatcher ini sering disalahgunakan oleh orang luar, tidak sedikit juga orang Amerika asli yang membenci benda ini. Wah begitu rupanya.

(via aliexpress.com)
(via aliexpress.com)

3. Untuk menangkap mimpi baik saja

Orang Amerika asli percaya bahwa udara malam hari selalu penuh dengan mimpi-mimpi, baik mimpi baik maupun mimpi buruk. Nah mereka perlu menyaringnya agar yang datang hanyalah mimpi baik saja, oleh karena itu mereka menggunakan dreamcatcher ini. Dreamcatcher diletakkan diatas orang yang sedang bermimpi agar bisa menangkap mimpi baik untuk orang tersebut. Biasanya mereka menggantungkan benda ini dijendela kamar, namun ada juga yang menggantungnya disembarang tempat agar dapat menangkap mimpi dengan lebih bebas dan leluasa. Tentunya yang ditangkap hanyalah mimpi baik ya.

(Via wulanmarayani.blogspot.com)
(Via wulanmarayani.blogspot.com)

4. Cara kerjanya

Tetika dreamcatcher dipasang, mereka yakin bahwa mimpi baik dapat menemukan jalannya sendiri dan mengetahui cara untuk melewati dreamcatcher tersebut. Mimpi baik juga akan tau celah-celah mana yang bisa dilewati diantara banyaknya corak warna pada dreamcatcher. Terkadang, orang tidak mengetahui apa yang ia mimpikan, itu karena mimpi baik selalu berhasil meluncur dengan mulus melalui bulu-bulu pada dreamcatcher yang dipasang. Sementara mimpi buruk akan terperangkap dan hilang ketika terkena cahaya matahari. Boleh percara boleh tidak ya, ini hanyalah mitos.

(Via quotesgram.com)
(Via quotesgram.com)

5. Dreamcatcher saat ini

Setelah booming karena drama “The Heirs” banyak orang memanfaatkan dreamcatcher sebagai hiasan maupun fashion semata. Dreamcatcher banyak detemukan di toko-toko aksesoris dengan berbagai macam ukuran dan corak warna yang menarik. Dreamcatcher sendiri dibuat menggunakan tangan dari kayu melingkar pohon willow yang kemudian disulam maupun dirajut menggunakan jaring ataupun kain sehingga membentuk motif yang menarik. Setelah itu digantungkan bulu-bulu sebagai pelengkap.
Cr : kumpulanmisteri.com

(Via youtube.com)
(Via youtube.com)

Nah itulah fakta menarik mengenai dreamcatcher. Kamu boleh percaya ataupun tidak, karena memang belum ada yang bisa membuktikan kebenarannya. Ditunggu share dan komentarnya ya. Semoga kamu selalu mendapat mimpi yang baik.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

One Ping

  1. Pingback:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *