Yakin Deh, Fakta-Fakta Menarik Tentang Matematika Ini Pasti Nggak Diajarkan di Sekolah

Nomor 5 mungkin membuat kamu ngamuk-ngamuk kepadaku…

Bagi banyak orang, mata pelajaran Matematika mungkin menjadi momok tersendiri. Selain dianggap susah, Matematika juga kerap dituding sebagai biang keladi muka-muka pucat pasi nan pasrah di setiap ujian kenaikan kelas hingga ujian negara.

Padahal, Matematika juga menyimpan banyak hal-hal menarik dan menyenangkan loh! Sayangnya, fakta-fakta yang menarik dan menyenangkan dari Matematika biasanya tidak diajarkan di sekolah karena dianggap tidak relevan. Apa sajakah fakta-fakta itu? Yuk kita cari tahu bersama!

1. Googolplex adalah sebutan untuk angka terpanjang di dunia

Berhitung dari 1 sampai 10 tentu saja mudah, bahkan untuk anak kecil sekalipun. Namun bagaimana jika seseorang memintamu untuk berhitung hingga angka terpanjang yang ada di dunia? Pasti kamu tidak akan mampu, dan mungkin juga tidak tahu angka apa yang terpanjang di dunia.

Googolplex adalah angka terpanjang di dunia – spacebattles.com

Sebenarnya jawaban itu mudah saja. Angka terpanjang di dunia disebut pula sebagai googolplex, yang dihasilkan dari 10 pangkat 10 pangkat 100. Serajin dan setekun apapun kamu, percayalah bahwa kamu tak akan mampu menuliskan hasilnya secara manual. Konon, komputer sekalipun akan langsung error jika diminta menuliskannya, karena memori komputer diyakini tidak cukup untuk menuliskan angka yang sedemikian banyaknya itu.

2. Google berasal dari googol

Google terinspirasi dari istilah googol – topperlearning.com

Saat membaca googolplex di ulasan sebelumnya, kalian pasti merasa familiar dengan istilah tersebut, bukan? Wajar saja, karena googol (lebih kecil dari googolplex, atau 10 pangkat 100) adalah kata yang menginspirasi nama search engine paling terkenal di dunia: Google.

3. Nol dan segala keunikannya.

danielasurya.wordpress.com

Angka nol pertama kali ditemukan oleh Al-Khawarizmi, ilmuwan yang juga penemu Aljabar dalam Matematika. Angka ini ternyata memiliki sejumlah keunikan seperti: tidak bisa ditulis dalam angka Romawi, merupakan bilangan genap, menghasilkan nol saat dikalikan dengan bilangan lain, punya banyak nama (nil, naught, zip dan zilch), dan masih banyak keunikan lainnya.

4. Ada apa lagi setelah ‘Trillion’?

Kita sering menyebut kata milyuner (millionaire), bilyuner (billionaire) atau trilyuner (trillionaire) untuk menggambarkan orang dengan kekayaan fantastis. Namun pernahkah kamu bertanya-tanya, adakah sebutan lain yang lebih banyak dari trilyun (trillion)?

Ada apa lagi setelah trilyun? – homeworktips.about.com

Tentu saja ada. Setelah Million, Billion, dan Trillion, selanjutnya adalah Quadrillion, Quintillion, Sextillion, Septillion, Octillion, Nonillion, Decillion dan Undecillion. Tapi tolong, dengan segala hormat, jangan tanyakan saya berapa jumlah nol atau bagaimana menuliskannya, ya!

5. Menuliskan pizza dalam bahasa Matematika

Percaya nggak, kalau rumus Matematika juga bisa digunakan untuk menuliskan pizza? Begini, saat kita menghitung luas lingkaran dari pizza, maka kita akan mendapati rumus Phi x r x r. Berhubung pizza juga memiliki ketebalan yang juga bisa digambarkan sebagai tinggi pizza, maka rumus yang muncul adalah Phi x r x r x t.

Rumus pizza – redbubble.com

Sudah bisa memahaminya? Atau masih bertanya-tanya dimana hubungan rumus tersebut dengan pizza dalam bahasa Matematika? Kalau masih bingung, coba deh kamu ganti ‘r’ menjadi ‘z’ sebagai perlambang jari-jari, dan ‘t’ menjadi ‘a’ untuk menggambarkan tinggi atau ketebalan pizza. Nah, setelah diganti maka kita akan mendapati rumusnya berubah seperti ini: Phi x z x z x a.

Sudah bisa dibaca Pizza kan?

Hehe

Hehe

Garing ya?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Andai Saja Kita Bisa Lepas Sejenak dari Smartphone dan Sejuta Godaannya

Kamu yang Sudah Setahun Pacaran dan Berniat Serius, Ini Beberapa Hal Harus Kamu Lakukan