Tak Bertopi dan 9 Etika Baik yang Tak Pernah Dilanggar Pria Sejati

Bagi pria sejati, perilaku yang baik merupakan gambaran moral yang baik juga

Semakin hari, kamu pasti sadar bahwa etika dalam kehidupan sehari-hari semakin dilupakan orang. Namun sebagai pria sejati, tak sepatutnya kamu ikut-ikutan. Minimal, jangan mengabaikan semua aturan. Karena biar bagaimana pun, perilaku yang baik merupakan gambaran moral yang baik juga.

Dalam hal etika, pria sejati tidak akan terpengaruh perubahan jaman. | pexels.com

Karena itulah, sebagai pria sejati juga, kamu pasti paham bahwa meskipun etika bisa berubah dari waktu ke waktu, namun prinsip yang mendasari perilaku seseorang akan tetap konsisten. Yaitu, menghormati orang lain dan memperlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan.

Sebagai pengingat untuk melawan lupa, berikut ini adalah 10 etika baik yang tak pernah dilanggar pria sejati sepanjang hidup. Tak peduli se-modern dan sebrutal apapun jaman sudah berubah.

1. Menanggapi undangan dengan cepat

Pria sejati selalu menanggapi setiap undangan dengan baik, pasti, dan cepat. Tidak membuat orang lain bertanya-tanya adalah kunci. Jadi, jika ada teman yang mengundangmu ke sebuah acara, apa pun itu, segera beri jawaban pasti. Bisa atau tidak bisa datang, beritahu tanpa perlu bertele-tele.

Apapun alasannya, menanggapi sebuah undangan dengan cepat itu penting. | pinterest.com

2. Berdiri saat berjabat tangan

Berjabat tangan saat berkenalan dengan orang baru itu penting. Dan, salah satu etika terpentingnya adalah dengan berdiri. Jika kamu berjabat tangan sambil duduk, kamu terkesan seolah-olah tidak menghormati orang tersebut.

Berjabat tangan sambil berdiri mencerminkan sikap menghargai. | thecoverage.my

3. Mengenalkan teman pada lawan bicara

Ketika kamu sedang berbincang dengan seseorang, lalu datang temannya dan ikut terlibat dalam pembicaraan, namun kamu tidak dikenalkan, bagaimana perasaanmu? Tidak enak, mejengkelkan, dan awkward, kan?

Maka dari itu, jangan lakukan hal sama. Jadilah pria sejati yang selalu memastikan setiap orang yang terlibat dalam percakapan dengamu saling mengenal. Setidaknya, tahu nama masing-masing.

Untuk menghindari situasi awkwad atau semacamnya, mengenalkan teman pada lawan bicara sangat penting dilakukan. | greglhamon.com

4. Tidak mengangkat telepon ketika berbicara dengan orang lain

Ini adalah murni tentang menghormati dan menjaga perasaan orang lain. Percayalah, tidak ada yang ingin mendengar percakapanmu, karena itu membuat orang jadi serba salah. Jadi, angkat telepon di tempat lain dan sebisa mungkin apa yang kamu bicarakan tidak terdengar siapa pun.

Jika memang harus mengangkat telepon, pergilah ke tempat yang sepi terlebih dulu. | lovepanky.com

5. Tidak meletakkan smartphone di atas meja

Secara tak langsung, meletakkan smatphone di meja ketika kamu sedang berbicara akan mengirim pesan jelas: sesuatu yang kamu tunggu di smartphone jauh lebih penting dibanding mendengar dan memperhatikan orang yang sedang bicara. Solusinya, simpanlah smartphone-mu di tas atau saku.

Simpan smartphone di tas atau saku, kemudian bersosial sebagaimana orang bersosial. | mensfitness.com

6. Menghindari salah kostum

Seorang pria juga perlu tahu etika berpakaian. Datang ke pesta atau urusan bisnis dengan mengenakan jeans — meski tahu dress code-nya formal, itu sama saja tidak menghargai orang yang mengundang, tamu lainnya, atau diri kamu sendiri.

Ini, juga berlaku jika kamu berpakaian terlalu berlebihan atau tidak sesuai pada tempatnya.

Pria boleh cuek untuk urusan pakaian, namun tidak saat ingin menghadiri acara formal atau penting lainnya. | dailystar.co.uk

7. Makan dengan baik dan benar

Ada istilah table manner, semacam aturan mutlak bertata krama di meja makan. Ini berlaku ketika kamu menghadiri jamuan penting atau hal formal lainnya. Di rumah, boleh saja kamu makan hanya menggunakan tangan. Namun dalam situasi formal, hal seperti itu jelas tidak berlaku.

Makan dengan baik dan benar sangat mencerminkan sikap dan perilaku seorang pria. | shutterstock.com

8. Tidak menggarami makanan sebelum mencicipi

Masih soal makanan. Etika menambahkan sesuatu ke dalam makanan sebelum mulai makan, terlarang bagi pria mana pun. Terutama ketika istri atau pasangan yang memasak, lalu kamu menambahkan garam, baru mencicipinya.

Cicipi dulu, baru menggarami jika memang diperlukan. Bukan sebaliknya. | shutterstock.com

9. Melepas topi saat masuk ruangan

Ini aturan kuno, namun abadi. Meski kamu nyaman dengan bertopi, atau untuk alasan apa pun, topi sebaiknya dilepas setiap kali masuk ruangan. Terutama saat bertamu ke rumah orang lain. Tetap bertopi di dalam ruangan seolah mengisyaratkan bahwa kamu merasa tidak aman dan nyaman.

Bagi pria, dalam ruangan adalah tempat di mana topi seharusnya tidak dipakai. | pexels.com

10. Tidak menggunakan produk rambut sebelum bercukur

Hindari menambahkan produk rambut apapun sebelum kamu bercukur. Keuntungannya, proses pencukuran jadi lebih mudah, tukang cukur yang melayani kamu pun tidak perlu mengotori tangannya. Dan kamu, akan mendapatkan hasil potongan sesuai keinginan.

Agar tidak merepotkan tukang cukur dan bisa mendapat hasil maksimal, seorang pria tahu bahwa dia harus membebaskan rambutnya dari apapun. | thatsup.co

See.. untuk menjadi pria sejati, ternyata kamu tidak melulu harus terlihat kuat kan? Dengan tetap menjaga etika baik dalam kehidupan sehari-hari saja, kamu sudah lebih dari layak untuk disebut sebagai pria yang sebenarnya. Bukan pria alay, apalagi KW.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *